2 Pilihan Cara Screenshot Pada Laptop Secara Praktis

0
140
cara screenshot pada laptop

Bagi Anda yang hampir setiap hari menggunakan laptop, sudah tahu cara screenshot pada laptop? Tangkapan layar biasanya dilakukan untuk menyimpan atau ingin ditunjukkan sebagai bukti pada seseorang yang terdapat dalam layar laptop.

Screenshot banyak dilakukan untuk menangkap gambar dalam chat atau foto yang tidak bisa diunduh langsung. Apabila Anda membutuhkan tips melakukan tangkapan layar, di bawah ini kami berikan 2 pilihan cara screenshot menggunakan laptop yang praktis dan cepat. Anda bisa memilih cara yang sekiranya paling mudah dilakukan!

Print Screen

Apabila Anda adalah pengguna windows 7, windows 8, windows 8.1, atau windows 10, melakukan tangkapan layar bisa dilakukan dengan cara menekan tombol Print Screen yang terdapat pada keyboard laptop. Jika Anda kesulitan menemukan tombol ini, biasanya terletak diantara tombol F12 dan Pause Break yang bertuliskan PrtSc.

Setelah menekan tombol Print Screen tersebut, Anda perlu menemukan tempat untuk menampilkan hasil capture-an tersebut. Bisa Anda menggunakan fitur Paint jika masih ingin edit hasil gambar atau bisa langsung diletakkan pada Microsoft Word.

Menggunakan Aplikasi PicPick

Ada aplikasi yang akan memudahkan cara screenshot pada laptop Anda. Aplikasi PicPick, namanya. Memiliki tampilan mirip program Paint, aplikasi PicPict memiliki fitur yang lengkap untuk Anda melakukan tangkapan layar di laptop.

Ingin melakukan screenshot dalam ukuran tertentu? Aplikasi PicPick bisa membantu. Misalkan Anda hanya ingin capture satu sisi desktop, maka Anda bisa langsung sesuaikan tanpa harus melakukan crop di Paint. Tidak hanya itu, manfaat dari aplikasi PicPick juga bisa digunakan untuk menambahkan watermark atau penanda bahwa tangkapan layar tersebut milik Anda.

Walau cara screenshot pada laptop sudah didapat, Anda perlu berhati-hati dalam melakukannya. Hindari untuk melakukan screenshoot pada percakapan, entah itu percakapan disurat elektronik atau melalui whatsapp. Bisa jadi karena tangkapan layar, data sampai informasi pribadi Anda dan teman menjadi tersebar dan disalah gunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Semoga ulasan di atas dapat membantu memudahkan pekerjaan Anda. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here