4 Hal Penting Terkait Pemblokiran Ponsel

0
179

Saat ini pemerintah telah meresmikan Peraturan tentang pemblokiran ponsel yang beredar di pasar gelap atau biasa disebut dengan black market. Hal ini dikarenakan ponsel jenis ini marak beredar bebas di pasaran secara ilegal. Aturan pemblokiran ini mulai berlaku pada tanggal 18 April 2020. Namun terlebih dahulu ketahui hal-hal berikut.

Cek IMEI Sebelum Mengalami Pemblokiran Ponsel

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Biasanya terdiri dari 15 digit nomor dimana setiap handphone memiliki deretan normor yang berbeda. Apa kegunaan dari IMEI ini? nomor ini digunakan untuk mengetahui perangkat tersebut ketika sedang menggunakan jaringan selular.

Pemblokiran Ponsel Upaya Untuk Mengembalikan Pajak

Melansir dari Liputan6.com, Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan bahwa negara mengalami kerugian dikarenakan ponsel BM (Black Market) ini. Pendapatan negara berbentuk pajak tertahan dengan kisaran Rp2 triliun/ tahun. (Liputan6.com 18 Oktober 2019).

Dikarenakan ponsel BM ini ketika membelinya bukan dari pasar resmi, maka dari itulah banyak berbagai pihak yang dirugikan. Tidak hanya merugikan negara saja, akan tetapi berbagai pihak seperti konsumen, operator seluler dan lainnya juga akan dirugikan.Maka dari itu pemblokiran IMEI yang dilakukan oleh pemerintah menjadi sebuah upaya untuk mencegah adanya ponsel BM yang beredar bebas di pasaran.

Usahakan Beli Ponsel Pada Gerai Resmi Untuk Menghindari Pemblokiran Ponsel

Jika Anda tidak ingin pemblokiran ponsel terjadi pada handphone yang dimiliki, maka usahakan untuk membeli handphone di toko resmi yang telah ada di pasaran. Jangan mudah tergiur dengan harga yang lebih miring dari pada harga di pasaran. Karena resiko pemblokiran akan dihadapi ketika memutuskan membeli ponsel BM ini.

Cara Mengetahui IMEI Untuk Mencegah Pemblokiran Ponsel

Untuk mengetahui IMEI ini bisa dilakukan di website Kemenprin (Kementrian Perindustrian). Nomor ini sangat berguna untuk mengidentifikasi apakah ponsel yang digunakan merupakan barang legal. Jangan sampai Anda mengalami pemblokiran ponsel.

Jika tidak terdaftar maka pemblokiran akan dilakukan oleh operator selular. Apabila hal ini terjadi, maka Anda tidak bisa menggunakan jaringan selular.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here