Begini Sejarah OS Android Beserta Penjelasan Lengkapnya!

0
76
Sejarah OS Android Beserta Penjelasan Lengkapnya
Foto : Ilustrasi

SOFTWARE,- System operasi android/ OS Android merupakan OS paling banyak digunakan pada ponsel pintar di seluruh dunia. Android Inc didirikan oleh Andy Rubin di Palo Alto, California pada tahun 2003.

Sejarah Awal Pengembangan Android

Sejarah awal pengembangan OS Android adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang diperuntukkan bagi kamera digital. Karena pangsa pasar tujuan tersebut tidaklah luas, akhirnya pengembangan Android dialihkan ke ponsel pintar, bersaing dengan Symbian dan windows mobile.

Pada awalnya Android dikembangkan oleh pakar-pakar teknologi secara diam-diam dan tidak banyak diketahui publik. Pada tahun yang sama, Andy Rubin kehabisan biaya dan akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google pada 17 Agustus 2005. Tindakan Google ini melanjutkan sejarah keberadaan Android saat itu.

Dengan pengakuisisian Android oleh Google, Andy Rubin beserta kawan-kawannya tetap bekerja di bawah naungan Google. Hal tersebut menandakan bahwa Google akan memasuki pasar telepon seluler dengan mengakuisisi Android.

Pemasaran Android Hingga terkenal di berbagai perangkat

Kesuksesan Android tentu saja tidak hanya karena systemnya yang terbuka dan mudah dikembangkan. Tetapi juga pemasaran Google kepada produsen ponsel pintar yang berhasil membuka pangsa pasar. Google juga berjanji akan menyediakan OS yang fleksibel dan dapat diperbarui.

Pengembangan Android terus berlanjut hingga Google merilis ponsel pintarnya dengan nama Google Nexus pada tahun 2010. Tidak hanya merilis ponsel pintarnya sendiri, Google juga membuat sebuah kerjasama antar perusahaan seperti HTC, Sony, Samsung dan sejumlah perusahaan nirkabel lengkap dengan perusahaan pembuat chipset seperti Qualcom.

Pengembangan Bertahap

Selain membuat perangkat pintarnya sendiri, Google juga terus mengembangkan OS Android secara bertahap. Mulai dari versi alpha, cupcake, donut, gingerbread, honeycomb hingga yang sangat populer adalah versi jellybean. Tak jarang para pengguna ponsel pintar android yang masih menjalankan jellybean.

Sejak tahun 2008, Android terus melakukan sejumlah pembaruan sistem guna meningkatkan kinerjanya. Selain itu, Android juga terus mengembangkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug pada versi sebelumnya. Selain sistem, Android kini juga mengembangkan antar muka murni Android yang dinamakan Android One. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here