Setting Aplikasi Android Biar Hemat Kuota Internet

0
193
Setting Aplikasi Android Biar Hemat Kuota Internet

INTERNET, (texno.id),- Hemat Kuota Internet. Kuota internet sekarang ini sudah menjadi barang kebutuhan pokok untuk “menghidupkan” smartphone.

Pasalnya, smartphone yang tidak terkoneksi ke internet karena tidak ada kuota, sering dianggap HP mati dan tidak bisa digunakan. Untuk itu, anda perlu setting aplikasi android dengan benar biar hemat kuota internet.  

Mungkin ketika Anda memiliki kuota, hal yang paling tidak disukai adalah cepat habis. Mungkin bagi Anda yang berkantong tebal tidak masalah, tapi untuk yang ingin berhemat pasti menjadi masalah. Nah, apa saja sih penyebab dan trik untuk mengatasi kuota internet cepat boros? Berikut ini ulasannya;

Hemat Kuota pada Aplikasi Maps

Pada smartphone biasanya sudah terdapat fitur maps yang ternyata cukup banyak menguras kuota internet Anda. Fitur ini akan semakin tinggi mengonsumsi data internet ketika Anda mengaktifkan layanan built-in navigation, turn-by turn direction, melihat traffic real time dan melihat map pada mode satelit.

Nah, untuk mengatasi pemborosan kuota internet, Anda dapat menggunakan aplikasi Maps secara offline. Caranya cukup mudah, sentuh searc bar pada maps.

Setelah itu geser ke bawah hingga ketemu dengan pilihan save map to use offline. Meski menggunakan kuota terlebih dahulu untuk mendownload, cara ini cukup efisien untuk menghemat kuota Anda.

Hemat Kuota pada Aplikasi Browser

Sejumlah browser ternyata banyak menguras kuota internet. Ada juga yang menganggap bahwa browser bawaan smartphone kurang efisien dalam urusan penggunaan kuota internet.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mendownload browser yang lebih efisien lebih hemat kuota, seperti Opera Mini. Browser ini sudah banyak penggunanya karena terbukti dan mampu menyimpan kuota data internet lebih besar. Hal itu juga disebabkan kemampuannya dalam mengompres website yang Anda kunjungi.

Selain opera mini, ada juga browser bawaan yang dapat menghemat kuota lebih banyak, yakni Google Chrome. Ini sebenarnya browser bawaan, tetapi bisa Anda gunakan sebagai browser yang hemat kuota.

Caranya, masuk ke Google Chrome, klik titik tiga pada pojok kanan atas, pilih setelan/ setting. Setelah itu masuk ke penghemat kuota dan geser tombol di sebelah aktif.

Nonaktifkan Fitur Sinkronisasi

Mungkin sinkronisasi tidak terlalu dibutuhkan bagi sebagian orang. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mematikan sinkronisasi dengan masuk ke Setting -> Account (akun) -> kemudian pilih akun yang tidak ingin Anda tersinkronisasi. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here