Konsep Internet Safety Harus Diterapkan Sejak Dini

0
109
Konsep Internet Safety
Ilustrasi Konsep Internet Safety. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Konsep internet safety adalah langkah yang harus mulai diterapkan sejak dini. Mulai dari anak usia sekolah hingga dewasa. Begitu luasnya internet dan banyaknya pengguna yang terlibat dapat memberi dampak positif maupun negatif.

Internet akan memberi dampak positif jika menggunakan internet dengan baik dan aman. Orangtua wajib memantau konten apa saja yang diakses anaknya. Dengan begitu, konsep internet sehat bisa diterapkan dengan baik.

Pentingnya Menerapkan Konsep Internet Safety

Internet menyediakan beberapa sumber permainan, informasi, dan pengetahuan yang lengkap untuk anak. Namun jika tidak ada batasan akan menimbulkan bahaya bagi anak, misalnya cyber bullying (penindasan melalui internet). Untuk itu, perlu adanya upaya dalam menciptakan internet yang sehat.

Seperti kita ketahui bahwa berbagai macam kejahatan sekarang mungkin saja terjadi melalui jaringan internet. Beberapa negara maju dunia merayakan dan memeriahkan internet safety setiap bulan Februari.

Negara maju sangat peduli dengan keamanan dalam akses internet. Sehingga mereka bisa melakukan konsep internet safety dan edukasi pada setiap generasi, terutama anak-anak dan remaja.

Internet Sehat Untuk Anak

Agar konsep internet safety bisa anda terapkan pada anak, anda bisa menggunakan software. Hal ini akan membantu menyelamatkan anak dari pengaruh buruk internet dengan kontrol orangtua. Parental control membantu orang tua dalam mengatur dan menjaga apa yang diakses oleh anak agar terpantau dengan mudah.

Internet safety parental control telah tersedia secara gratis untuk anak pada beberapa negara maju. Anda pun bisa juga mendapatkan software gratis untuk mengontrol konten apa saja yang boleh diakses anak. Anda bisa memilih control parenting yang benar agar software dapat bekerja dengan baik.

Pengaturan Usia

Umur anak juga menentukan apakah pantas atau tidak mengunjungi sebuah situs website dalam internet. Remaja sudah bisa mengakses website yang lebih luas daripada anak seusia 7 tahun. Untuk itu, software parental control memungkinkan orangtua untuk mengatur spesifikasi usia anak.

Penyeleksian Kata Kunci atau Keyword

Software parental control bekerja sesuai dengan kata kunci yang telah anda tetapkan. Dengan begitu, orang tua bisa menutup akses ke website dengan kata kunci yang tidak seharusnya terakses. Hal ini akan membantu anak agar lebih bijak dalam konsep internet safety.

Mengatur Daftar Kategori

Software ini juga mengontrol berdasarkan kategori, misalnya obat-obatan terlarang, senjata, dan sebagainya yang termasuk dalam blacklist dan whitelist. Selain mengatur kategori, software ini juga bisa mengontrol pesan.

Ketika anak sudah mendapat izin menggunakan Instant Messages atau pesan singkat, software ini akan memonitor percakapan itu. Sehingga pesan tersebut dapat terpantau dengan tidak mengirimkan data pribadi pada orang lain.

Software Parental Control Gratis

Ada software yang memiliki fitur sangat berguna untuk mengawasi kegiatan anak dalam konsep internet safety.

Norton Family Online

Norton Family Online bisa melakukan beberapa hal seperti:

  • Memblok akses ke website dengan URL yang mengandung kategori yang tidak layak akses
  • Orangtua dapat melakukan pengaturan waktu penggunaan internet untuk anak
  • Tersedia laporan website dan pencarian yang telah anak anda kunjungi
  • Bisa mengirim email atau pesan singkat apabila anak berusaha memasuki akses URL yang masuk dalam blacklist
  • Anda bisa mengatur program untuk anak dengan usia yang berbeda.

Windows Live Family Safety

Software gratis ini memiliki perlindungan terhadap virus dan Windows Live Essential. Software ini mempunyai beberapa keunggulan dalam konsep internet safety.

Melacak penggunaan internet anak pada beberapa komputer. Bahkan fitur ini tidak ada dalam program parental control lain yang berbayar

Mampu melacak percakapan online dan mengontrol siapa saja yang dapat berbicara dengan anak. Membatasi game pada anak dengan meyakinkan bahwa game telah sesuai umur mereka berdasarkan ESRB ratings.

Mengirim laporan detail dan email pemberitahuan apabila ada pelanggaran dengan remote management. Software gratis ini memungkinkan untuk mengontrol anak dalam mengakses situs yang tidak seharusnya. Namun yang terpenting adalah orangtua tetap harus menemani dan memberi pengertian pada anak.

Tidak semua hal bisa mereka akses karena akan memberi beberapa dampak yang tidak baik. Dengan begitu, anak akan mengerti dan bisa belajar dalam menerapkan konsep internet safety.