Manfaat Positif Bermain Game, Kesehatan dan Skill

1
57
Manfaat Positif Bermain Game

Texno.ID – Manfaat Positif Bermain Game, Kesehatan dan Skill. Tak bisa dipungkiri, bermain game merupakan suatu kegiatan yang banyak digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Kendati dibilang meyenangkan, bermain game sering dinilai memberikan dampak negatif, utamanya dianggap menghambat prestasi anak ketika di sekolah.

Namun tahukah Anda, ternyata bermain game memiliki dampak yang baik untuk kesehatan. Lalu apa saja Manfaat positif Bermain Game untuk kesehatan. Berikut ini diantaranya;

Mengurangi Depresi dan Stres

Apakah Anda pernah merasa stres akibat beban pekerjaan ataupun masalah-masalah lain dalam hidup?

Rasa stres memang kerapkali akan mengurangi produktivitas dan juga semangat Anda.

Bahkan rasa stres yang terlalu berlebih, kadangkal bisa menimbulkan depresi pada penderitanya.

Namun Anda jangan khawatir dulu, ternyata salah satu manfaat positif bermain game yaitu dapat mengurangi depresi dan juga stres.

Hal tersebut bisa terjadi karena ketika Anda bermain game, maka akan timbul perasaan lega ataupun senang.

Sehingga gamers pun bisa meluapkan emosi yang dirasakan tersebut dengan bermain game.

Bagi Anda yang ingin mengurangi rasa stres dan depresi, bisa meluangkan sedikit waktu untuk bermain game, misalnya dalam waktu minimal 20 menit sampai 40 menit.

Dengan melakukan kegiatan tersebut, besar kemungkinna perasaan Anda akan lebih bahagia dan rasa stres anda Anda turun.

Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Kemampuan pemecahan masalah atau problem solving merupakan suatu hal yang sangat penting dan perlu dikembangkan pada diri setiap orang.

Terutama jika sudah menyangkut pekerjaan ataupun dalam kegiatan proses pembelajaran bagi seorang anak.

Ternyata untuk meningkatkan kemampuan problem solving tersebut, khusus pada anak, bermain video game bisa menjadi solusi yang tepat.

Hal tersebut dapat terjadi karena ketika bermain game seseorang akan mempertimbangkan solusi yang tepat agar permainan yang dimanainkan berjalan dengan lancar dan bisa mengalahkan musuh.

Jadi melalui permainan tersebut, maka kemampuan pemecahan masalah yang dimilki anak akan semakin berkembang.

Dan secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak untuk menyimpulkan informasi.

Media Terapi Penyakit Kronis Anak-Anak

Bagi anak penderita penyakit tertentu, utamanya penyakit kronis, tentu saja membutuhkan terapi khusus.

Tujuannya untuk meringankan gejala ataupun agar emosi anak lebih stabil dan bisa lebih kuat.

Nah, dengan bermain game ternyata juga dapat memberikan manfaat untuk terapi suatu penyakit kronis.

Menurut penelitian, ketika anak-anak yang didiagnosa penyakit kronis seperti parkinson atutisme dan lainnya, kemudian mendapatkan terapi dari videoe game.

Dan ternyata hasil terapi video gamenya menunjukkan kearah yang positif. 

Anak-anak yang didiagnosa penyakit kronis tersebut, setelah bermain game ternyata menunjukkan suatu perubahan.

Yakni lebih memiliki ketahanan dan lebih semangat untuk memerangi penyakit mereka. Manfaat Positif Bermain Game tersebut tentu saja sangat bermanfaat untuk kesembuhan anak.

Manfaat Positif Bermain Game

Manfaat Positif Bermain Game

Game merupakan salah aktifitas yang banyak di jadikan hobi, selain untuk mengisi waktu luang game online juga dapat mengobati rasa strees.

Untuk memainkan game Anda dapat mengunduhnya secara gratis di play store dan dapat dimainkan secara online maupun offline.

Banyak yang tidak menyadari jika manfaat main game itu sangat banyak. Untuk mengetahui lebih jauh, inilah manfaat lain bermain game.

Melatih Kemampuan Berbahasa Ingrris

Sebagian besar permainan game online ini menggunakan bahasa Inggris. Entah bahasa yang keluar bisa didengar atau hanya tulisan yang hanya bisa di baca.

Sehingga secara tidak langsung Anda dapat menangkap dan melatih kemampuan berbahasa Inggris.

Mengapa demikian? Sebab, Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang kebanyakan umum orang-orang selalu menggunakannya ketika melakukan travelling.

Melatih Kesabaran Diri

Manfaat positif bermain game selanjutnya yaitu dapat mengasah dan melatih kesabaran Anda.

Seperti halnya saat Anda sedang bermain game, kemudian menemukan game yang membutuhkan strategi bagus untuk mengalahkan musuh.

Namun yang Anda perankan gagal memenangkan game, dan hal itu membuat Anda merasa jengkel. Ini mengharuskan adan tetap bersabar dan mengulangi kembali permainan tersebut.

Melatih Kerjasama Tim

Sebagian besar permainan game membutuhkan kerjasama tim untuk mengalahkan musuh-musuh yang dihadapi.

Oleh karena itu, game dengan kerjasama tim ini sangat baik untuk Anda dalam mengasah kekompakan bersama teman, bahkan keluarga.

Efek dari bermain game ini juga tidak hanya mencetak kekompakan dalam bermain, namun juga dapat melatih kerjasama dalam hal di luar permainan.

Mengasah Otak

Bermain game ternyata juga mampu mengasah otak Anda. Mengapa demikian? Sebab, di dalam permainan game pasti selalu ada tingkatan level yang harus dilewati.

Dimana dalam setiap level menuju yang lebih tinggi membutuhkan strategi dan taktik yang baik dan bagus.

Oleh karena itu, disini otak Anda dilatih untuk berpikir, kreatif, dan inovatif dalam menyusun strategi untuk memenangkan permainan.

Menguragi Stress

Selain untuk mengasah otak, bermain game juga dapat menguragi beban stress yang Anda hadapi.

Karena, saat memainkan game Anda akan masuk dalam dunia yang berbeda, sehingga mampu melupakan masalah yang sedang Anda hadapi.

Oleh karena itu, meluangkan sedikit waktu untuk bermain game ternyata sangat baik untuk membangun suasana hati dan fikiran Anda lebih fresh.

Game online merupakan salah satu permainan yang banyak diminati oleh sebagian masyarakat, tidak hanya anak kecil saja namun orang dewasa.

Dengan memainkan game ini juga memiIiki sisi positif tersendiri, seperti halnya manfaat positif bermain game yang banyak tidak disadari oleh masyarakat, khususnya pecinta game sendiri. ***

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here