Begini Metode Mematikan Google Assistant di Ponsel Android

0
728
Cara Mematikan Google Asistent Bagi Pengguna Ponsel Android
Foto : Ilustrasi

ANDROID,- Google Assistant merupakan teknologi asisten digital. Aplikasi Google Assistant ini tertanam di Ponsel Android dengan tujuan memudahkan pengguna smartphone melakukan banyak hal.

Tapi kadang-kadang, kehadiran Google Assistant menjengkelkan karena sering muncul tanpa dipanggil. Misalnya ketika tombol home atau tombol Google Assistant tidak sengaja tertekan jari.

Ada cara bagaimana mematikan teknologi asisten digital ini biar tidak nongol sembarangan. Dilansir dari Tomshardware, berikut ini cara mematikan Google Assistant.

Panggil Google Assistant dengan menekan tombol navigasi “home”. Posisinya ada di bagian bawah layar ponsel. Atau langsung menekan tombol pintasan khusus Google Assistant.

Kemudian pilih ikon menyerupai “inbox” di pojok kiri bawah tampilan Google Assistant. Klik avatar user di pojok kanan atas. Pilih menu “Settings.”

Pada tampilan “Settings” ini, kemudian pilih tab “Assistant”. Selanjutnya scroll ke bawah sampai ada menu “Phone”. Letaknya berada di bagian bawah sub-judul “Assistant Devices”.

Selanjutnya, klik pada menu tersebut. Tunggulah beberapa saat. Setelah mengklik menu “Phone”, akan muncul serangkaian pengaturan.

Pada menu ini, user cukup mematikan toggle pengaturan Google Assistant yang lokasi berada di urutan awal.

Seandainya langkah-langkah tersebut sudah diikuti, fitur teknologi asisten digital ini hanya akan muncul ketika pengguna menekan tombol navigasi “home”. Atau tombol dedicated Google Assistant, baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Tapi ada sedikit catatan, ketika pengguna memanggil Google Assistant dan fitur ini dalam kondisi dimatikan, maka Google bakal memberikan pemberitahuan melalui prompt kalau fitur tersebut sedang non-aktif.

Jendela prompt bisa dilihat di sebelah kanan bagian atas. Selain itu, pengguna juga bisa menemukan tombol “Turn On”.

Abaikan jendela ini seandainya ingin tetap membuat fitur asisten digital Google non-aktif. Atau, klik tombol tersebut jika ingin menghidupkan kembali fitur Google Assistant di Ponsel Android. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here