Membuat Video Marketing untuk Menarik Pelanggan serta Jenisnya

0
64
Membuat Video Marketing untuk Menarik Pelanggan

Texno.ID – Membuat Jenis Video Marketing untuk Menarik Pelanggan. Video marketing adalah metode pemasaran bisnis yang memakai konten video.

Video marketing menjadi pilihan pemasaran terbaik karena paling disukai oleh klien sebelum memakai produk tersebut.

Lantas bagaimana cara untuk membuat video marketing yang bagus, diminati dan menarik untuk para pelanggan? Anda yang penasaran, simak saja ulasannya berikut

Cara Membuat Video Marketing

Lakukan Evaluasi Konten

Sebelum membuat video untuk keperluan marketing, Anda harus melakukan evaluasi konten dahulu.

Tujuan evaluasi ini supaya video yang dibuat benar-benar revelan dan sesuai dengan target bisnis yang dijalankan.

Jangan sampai, produk yang dijual untuk kaum muda, namun Anda membuat video untuk orang tua.

Tentu saja tidak akan ada titik temu dan akhirnya kegiatan pemasaran tidak memuaskan.

Ketahui target bisnis dengan baik sehingga proses buyer persona bisa sesuai dengan apa yang diharapkan.

Buat Rancangan Video Sebaik Mungkin

Setelah tahu target bisnis dan jenis konten, waktunya untuk membuat rancangan video marketing yang ingin dibuat.

Rancangan video bertujuan supaya video yang dihasilkan lebih memuaskan untuk keperluan marketing.

Untuk membuat video marketing ini, Anda bisa menggunakan storyboard ataupun script.  Storyboard berisi gambar thumbnail yang bisa menggambarkan video marketing Anda.

Selanjutnya adalah script yang berupa teks seputar poin penting yang ingin disampaikan di video tersebut. .

Rekam Video dan Sunting

Selanjutnya, Anda bisa merekam video setelah menentukan rancangan dan konten video marketing tersebut.

Supaya  rekaman bisa berjalan dengan baik dan hasil video juga berkualitas, ada device yang perlu diperhatikan. Contohnya seperti tongsis, camera dan juga microphone.

Setelah rekaman video selesai, Anda bisa cek bagaimana kualitas video tersebut. Jika perlu diperbaiki lakukan sunting terlebih dahulu.

Ada banyak juga aplikasi yang bisa dicoba. Tentu saja setiap aplikasi tersebut mempunyai fitur berbeda yang bisa dimaksimalkan.

Lakukan SEO Video

Bukan hanya video yang berkualitas baik saja yang diperlukan. Anda perlu memastikan jika video tersebut banyak diketahui oleh orang atau target pasar.

Salah satunya dengan SEO Video. Untuk membuatny tidak sulit. Pertama, buat dulu nama file video sebelum diposting. Selanjutnya, gunakan keyword yang benar.

Jangan lupa juga untuk menentukan judul video yang telah dibuat tadi. Pastikan menggunakan judul yang berbobot dan sesuai dengan isi video marketing yang dibuat.

Tambahkan closed caption atau deskripsi mengenai video yang telah dibuat tadi.

Itulah beberapa cara untuk membuat video marketing yang bagus dan menjanjikan. Terakhir, tentukan tempat untuk memasarkan video yang telah dibuat.

Apakah ingin menggungahnya di Youtube, website atau media sosial.

Anda disarankan untuk menggunakan semua platform yang ada agar hasil pemasaran produk yang Anda miliki semakin menjanjikan.

Pemasaran akan semakin baik apabila ditunjang menggunakan iklan berbayar di Facebook atau Youtube.

Jenis Video Marketing

Video marketing dinilai sebagai langkah pemasaran terbaik yang patut untuk dicoba. Ada banyak jenis video marketing yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Setiap video marketing tersebut mempunyai kelebihan masing-masing dan juga target yang berbeda.

Agar Anda tidak salah pilih, berikut beberapa jenis video untuk keperluan marketing yang perlu Anda tahu karena sangat penting.

Video Demo

Video marketing ini sangat cocok dipakai untuk cara menggunakan produk yang Anda tawarkan di pasaran.

Contoh video marketingnya seperti unboxing gadget, laptop, cara merawat serta cara menggunakan produk hingga pengujian kualitas produk yang Anda tawarkan ke pasar. 

Video ini cocok untuk pemakai pemula yang ingin menggunakan produk yang tengah Anda tawarkan sebelumnya.

Video Branding

Video branding sering dipakai untuk bagian kampanye dari iklan besar-besaran suatu produk. Di dalam video marketing ini biasanya tercantum visi, misi, hingga layanan perusahaan. Tujuan utama video marketing branding adalah membangun kesadaran masyarakat tentang produk yang Anda miliki. Bukan hanya itu, video ini juga bertujuan untuk menarik target dan membangkitkan minat klient dari produk Anda.

Video Acara

Jika bisnis yang Anda jalankan akan mengadakan penggalangan dana, acara, konferensi hingga diskusi, jenis video marketing yang sangat pas untuk digunakan adalah video acara.

Anda bisa meliput dan juga menyulap pemasaran acara tersebut lewat video. Jangan lupa untuk mewawancarai pengunjung untuk menarik minat klient Anda.

Video Tutorial

Video marketing ini bisa dipakai untuk mengedukasi audiens atau untuk membangun pengetahuan dari audiens agar lebih memahami solusi produk yang Anda tawarkan.

Jenis video marketing ini sangat banyak digunakan oleh tim sales ketika bertemu dengan pelanggan. Sesuai namanya, video ini berisi tutorial atau langkah-langkah produk tersebut.

Video Animasi

Video animasi merupakan jenis video untuk keperluan marketing yang populer untuk mengenalkan software atau aplikasi yang tidak bisa diraba namun bisa dilihat.

Video ini bertujuan untuk membangun sebuah pemahaman yang sulit supaya penjelasan produk bisa dilakukan dengan baik.

Videonya tentu berisi animasi dengan tema tertentu soal produk yang Anda jual.

Video Live

Video ini biasanya digunakan untuk pemasaran dari balik layar. Video ini memberi gambaran langsung seputar produk yang ingin  ditawarkan. Jenis video ini bisa meningkatkan keterlibatan audiens.

Kebanyakan pelanggan akan menghabiskan 8 kali lebih lama dibanding dengan menonton video yang dipost di halaman website Anda. Anda bisa memberi wawancara langsung hingga acara tertentu disini.

Itulah jenis video marketing yang bisa dipakai untuk memasarkan produk Anda. Berhasil atau tidaknya produk yang Anda tawarkan memang sesuai dengan proses marketing yang Anda lakukan.

Jika proses marketing bagus, maka produk bisa dikenal orang banyak dan akhirnya memiliki prospek yang luar biasa. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here