Merawat Mesin Diesel, Perhatikan Hal Penting Berikut Ini!

0
72
Merawat Mesin Diesel, Perhatikan Hal Penting Berikut Ini!

Texno.ID – Merawat mesin diesel, perhatikan hal penting berikut ini! Belakangan ini, kendaraan yang menggunakan mesin diesel sangat digemari oleh banyak orang.

Mesin diesel memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga membuat banyak orang tertarik untuk membeli kendaraan roda empat yang bermesin diesel.

Jika Anda termasuk peminat kendaraan bermesin diesel, maka harus mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan saat merawat mesin diesel berikut ini:

Pemanasan

Tidak hanya olahraga yang membutuhkan pemanasan, mobil juga perlu melakukan pemanasan kurang lebih 10 menit setiap hari atau sebelum pemakaian.

Tetapi, satu hal yang perlu diperhatikan ialah bahwa jangan terlalu lama dalam melakukan pemanasan mobil diesel.

Alasanya, karena dapat berakibat buruk pada pembuangan gas dari knalpot yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Pemanasan mobil diesel diperlukan agar mobil mendapatkan pelumasan pada mesinnya dan hal ini juga dapat mengantisipasi mesin yang sering “kaget” ketika dihidupkan tanpa pemanasan terlebih dahulu.

Itulah langkah awal dalam merawat mesin diesel.

Solar, Filter dan Tangki Solar

Anda harus menggunakan solar yang berkualitas baik untuk merawat mesin pada mobil. Anda dapat menggunakan Solardex dari Pertamina agar tarikan mesin lebih ringan.

Selain itu, dengan menggunakan Solardex juga membuat suara mesin lebih halus dan asap yang keluar dari knalpot akan lebih bersih.

Jangan lupa untuk mengganti filter solar jika saringan bahan bakar yang ada di dashboard dalam kondisi menyala.

Perhatikan juga tangki solar dan jangan sampai tangki tidak memiliki bahan bakar solar sedikit pun.

Hal ini perlu dilakukan karena sifat solar yang tidak menguap. Sehingga Anda perlu melakukan injection pump jika tangki solar tidak berisi solar sama sekali.

Selain itu, hal tersebut dapat merusak filter.

Water Sedimenter dan Busi Pijar

Water sedimenter biasanya ada pada filter solar modern. Lakukan pengecekan kandungan air pada water sedimenter secara rutin.

Apabila sudah ada indikator bahan bakar yang menyala, maka Anda harus segera membuang airnya. Busi pijar perlu diganti apabila mobil diesel sangat sulit untuk dinyalakan.

Merawat Mesin Diesel

Filter Udara

Debu merupakan musuh utama dari mesin diesel sehingga perlu dihindari agar mesin diesel tidak cepat aus.

Anda perlu melakukan pembersihan filter udara secara rutin agar udara menjadi bersih dan proses bahan bakar pada mesin diesel akan menjadi sempurna.

Jangan Langsung Mematikan Mesin

Anda jangan pernah mematikan mesin secara langsung ketika selesai digunakan. Tetapi harus membiarkan mesin tersebut tetap menyala selama kurang lebih 5 menit dan kemudian baru boleh dimatikan.

Jika tidak, Anda dapat mengurangi umur penggunaan dari mesin diesel tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat mesin diesel. Jika Anda menginginkan mesin diesel menjadi awet, maka terapkan tips di atas agar dapat menghemat uang. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here