Pengertian Literasi Digital, Hal Penting yang Membawa Perubahan Besar

0
182
Pengertian Literasi Digital Hal Penting yang Membawa Perubahan Besar
Ilustrasi Pengertian Literasi Digital. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Pengertian literasi digital merupakan hal penting bagi seseorang. Karena dengan mengetahui hal tersebut, seseorang akan lebih inovatif, kreatif, kritis, dan lain sebagainya.

Zaman teknologi yang selalu mengalami perkembangan pesat ini, jika terdapat hal-hal yang digital itu bukanlah sesuatu hal yang menyeramkan dan asing.

Apa Sih Sebenarnya Pengertian Literasi Digital Itu?

Bagi anda yang masih belum begitu paham mengenai apa itu sebenarnya literasi digital itu, mari kita simak penjelasannya.

Literasi digital merupakan kecakapan dan pengetahuan dalam menggunakan alat komunikasi, medsos, media digital, cermat, cerdas, tepat. Bagaimana, mulai sekarang sudah pahamkah mengenai pengertian literasi digital yang sebenarnya?.

Tantangan Era Literasi Digital

Meskipun pengertian literasi digital merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu, namun Indonesia juga merupakan salah satu negara perkembangan dengan dua sisi yang berlawanan. Hal tersebut berkaitan dengan pengembangan literasi digital.

Meskipun demikian, adanya pengertian literasi digital ini juga akan memberikan kemudahan untuk semua pengguna. Tidak hanya itu saja, akan tetapi jika tidak pandai dalam menggunakannya justru akan berdampak negatif untuk kehidupan anda.

Pasalnya, banyak sekali orang-orang yang punya hobi menyebar berita hoax. Melakukan perlakuan yang tidak ditolerir dan mengumbar kebencian.

Memberikan Banyak Peluang

Kaitannya definisi literasi digital dengan yang satu ini adalah beragam. Bahkan anda akan mendapatkan segudang peluang.

Misalnya adalah terciptanya lapangan pekerjaan dan meningkatnya keuntungan bisnis e-commerce. Munculnya pekerjaan baru dengan berbasis media digital juga termasuk dalam pengertian literasi digital.

Dengan adanya jaringan internet, pemerintah juga menciptakan 1.00 technopreneurs dengan nilai bisnis kisaran $10 miliar atau yang mencapai $130. Selain itu, jaringan internet ini juga menjadi media perantara guna menuju praktik literasi yang berbasis cetak.

Manfaat Literasi Digital Itu, Apa Saja?

Dengan anda mengimplementasikan teknologi dalam perusahaan anda, maka dampaknya adalah perusahaan yang anda pimpin selalu siap dalam menghadapi berbagai macam jenis tantangan?

Dapat Memotivasi Karyawan

Dengan adanya pengertian literasi digital ini justru akan membuat persaingan antar karyawan semakin sengit. Bahkan semua karyawan semakin meningkatkan skill dengan ketat.

Namun, hal ini adalah awal yang baik karena para karyawan menjadi sadar mengenai pentingnya untuk terus meningkatkan kemampuan digital demi keberlangsungan karirnya.

Tetapi untuk hal ini, perusahaan juga harus berperan dengan memberikan pelatihan. Bahkan jika karyawan sudah ahli nantinya dapat berkontribusi plus memotivasi supaya mau tetap untuk bekerja.

Dapat Meningkatkan Produktivitas

Dengan peran perusahaan yang memberikan pelatihan mengenai pengertian literasi digital itu adalah hal penting, maka produktivitas layanan anda justru akan semakin meningkat dan membaik. Masa nggak mau sih?

Padahal produktivitas merupakan sebuah kunci dalam hal operasional perusahaan guna menghasilkan produk yang mempunyai kualitas terbaik. Salah satu caranya adalah dengan penerapan berbagai macam aplikasi juga software, seperti Microsoft HRD.

Dengan anda menggunakan Microsoft HRD ini, maka kinerja Sumber Daya Manusia dapat dikelola HRD (Human Resource Management).

Mulai dari pencatatan, rekrutmen, payroll, absensi, dan bulanan. Bahkan penyusunan program, membuat laporan, dan kegiatan yang lainnya. HRD akan mengelola SDM dengan cara output, memuaskan kuantitatif, dan kualitatif.

Cara Mudah untuk Menaikkan Pendapatan

Manfaat dengan adanya pengertian literasi digital adalah dapat membuat gaji karyawan semakin mengalami kenaikan. Hal tersebut tentunya berkaitan dengan canggihnya alat pendukung yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas.

Perlu anda ketahui, semakin banyak perusahaan bisnis yang menyadari mengenai pentingnya literasi digital ini, maka dampak yang akan didapatkan adalah konsumen anda akan semakin familiar dengan produk-produk yang anda miliki.

Hal ini dengan cara memanfaatkan teknologi dalam melakukan berbagai kegiatan. Misalnya adalah saat ini sudah marak dengan adanya belanja online.

Apabila anda menginginkan perusahaan anda maju dan sejalan dengan visi dan misi yang anda miliki, maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah selalu memperbarui teknologi. Terlebih untuk para karyawan, karena merekalah peran utama dalam perusahaan anda.

Nah, karena dengan menggunakan teknologi yang canggih, makanya anda bisa melihat berbagai jenis produk. Bahkan anda tak perlu kemana-mana. Bagaimana masih bingung dengan pengertian literasi digital?