Perjalanan 10 Tahun OS Android, dari Cupcake hingga Pie

0
17
Perjalanan 10 Tahun Android Version, dari Cupcake hingga Pie
Foto : Ilustrasi

ANDROID,- Sejak didirikannya OS android pada 2003 oleh Andy Rubin, perkembangan android terus berlanjut hingga diakusisi oleh Google. Sudah sekitar 10 tahun nama-nama versi android menggunakan nama makanan manis, yakni dimulai dari Cupcake.

Berikut adalah beberapa versi android dimulai dari April 2009 yakni Android 1.5 (Cupcake) dengan API Level 3.

1. Android 1.5 Cupcake

Android versi pertama yang resmi menggunakan nama makanan ini sudah mengalami peningkatan fitur dari versi beta dan alpha. Dukungan widget, kamus serta prediksi teks sudah ada di versi android ini.

2. Android 1.6 Donut

Rilis pada September 2009, android Donut membawa sejumlah fitur menarik pada sektor pencarian teks. Selain itu, kamera, galeri dan perekam sudah terintegrasi sehingga akses lebih cepat.

3. Anroid 2.0 Eclair

Pada versi android Eclair, kemampuan sinkronisasi kontak dengan penambahan akun sudah dapat dilakukan. Selain itu juga sudah mendukung buetooth 2.1 dan flash pada kamera.

4. Android 2.2 Froyo

Pada 2010 versi android ini rilis dengan sejumlah peningkatan kecepatan dan pengoptimalan kinerja.

5. Android 2.3 Gingerbread

Pada versi ini android memperbarui desain antarmuka pengguna untuk meningkatkan kecepatan dan kemudahan dalam pengoperasian.

6. Android 3.0 Honeycomb

Pembaruan pertama untuk versi android ini hanya ditujukan untuk komputer tablet. Untuk pembaruan ke dua, terdapat perbaikan UI dan konektifitas aksesoris USB.

7. Android 4.0 Ice Cream

Rilis pada 2011, versi android ini sudah kompatibel dengan perangkat Android 2.3 x yang di produksi pada tahun itu. Versi android ini menambah fitur seperti launcher yang dapat di modifikasi, pembuatan folder yang mudah.

8. Android 4.1 Jelly Bean

Rilis pada 2012, Jelly Bean memiliki pembaruan penting untuk meningkatkan fungsi dan kinerja antarmuka pengguna. Pembaruan penting tersebut seperti antarmuka yang lebih halus.

9. Android 4.4 Kitkat

Tahun 2013 versi android ini resmi dirilis dengan sejumlah pembaruan antarmuka dengan status bar dan navigasi transparan pada layar depan serta peningkatan kinerja untuk perangkat spesifikasi rendah.

10. Android 5.0 Lolipop

Android Lolipop membawa sejumlah pembaruan seperti android TV serta Google Fit untuk pelacakan kesehatan.

11. Android 6.0 Marshmellow

Versi marshmellow sudah dilengkapi dengan fungsi keamanan yang lebih baik seperti sidik jari dan ijin aplikasi pihak ke tiga cukup ketat.

12. Android 7.0 Nougat

Android Nougat rilis tahun 2016 dengan membawa sejumlah fitur seperti skin modifier, kalibrasi warna serta membuat layar split.

13. Android 8.0 Oreo

Versi ini rilis pada tahun 2017 yang membawa perubahan antarmuka yang lebih baik.

14. Android 9.0 Pie

Versi ini mulai stabil digunakan pada tahun awal 2019 untuk semua perangkat yang mendukung. Sejumlah fitur terbaru pun tersematkan pada OS android ini. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here