Ponsel Huawei Mate 30 Didukung Teknologi “Lensa Sinema”?

0
96
Ponsel Huawei Mate 30 Didukung Teknologi
Huawei Mate 30 (Ist/Net)

GADGET, – Ponsel Huawei Mate 30 didukung teknologi “Lensa Sinema”?. Huawei agaknya sedang berupaya menelurkan terobosan lain di bidang fotografi serta videografi smartphone. Pabrikan Tiongkok tersebut belakangan diketahui mematenkan dua fitur terkait kemampuan video untuk smartphone, yaitu “Cine-Lens” serta “Camera Matrix”.

Keduanya dipatenkan melalui Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO). Hak atas Cine-Lens serta Camera Matrix tercatat sudah diberikan kepada Huawei pada 17 Juli lalu.

Ponsel Huawei Mate 30 Didukung Teknologi Cine-Lens dan Camera Matrix

Keberadaan paten ini mengemuka menjelang kemunculan flagship baru Huawei, Mate 30, yang disinyalir akan rilis pada Oktober mendatang. Karena itu beredar spekukasi bahwa Cine-Lens serta Camera Matrix akan hadir di smartphone tersebut.

Cine-Lens dideskripsikan di dalam dokumen paten sebagai lensa optik yang digunakan sebagai “fotografi sinema, untuk merekam, memproduksi serta memproses suara, gambar juga data”. Belum jelas seperti apa nanti implementasinya di smartphone Huawei.

Di dunia videografi, lensa sinema dikenal memiliki kualitas secara keseluruhan lebih tinggi dibandingkan dengan lensa foto. Tingkat transmisi cahayanya dihitung berdasarkan pengukuran yang sebenarnya (T-Stop), bukan angka teoritis berdasar bukaan diafragma lensa (F-Stop).

Kualitas konstruksi lensa sinema secara umum juga lebih bagus dengan gerakan fokus yang lebih halus dibandingkan dengan lensa untuk fotografi. Sebab itu, lensa sinema harganya bisa jauh lebih mahal.

Sementara itu, paten kedua, yaitu “Camera Matrix”, agaknya dibuat sebagai nama resmi untuk tata letak kamera pada perangkat ponsel Mate 30 Pro yang konon akan disusun dalam modul berbentuk persegi.

Dalam istilah matematika, “matrix” sendiri merupakan sebuah posisi di mana angka disusun dalam sebuah baris serta kolom, seperti dirangkum Texno dari LetsGoDigital, Senin (22/7/2019).

Walaupun demikian, belum diketahui berapa jumlah kamera yang akan diusung pada ponsel Mate 30 Pro. Sejumlah bocoran yang beredar di dunia maya menyebutkan bahwa ponsel Huawei Mate 30 Pro bakal membawa setidaknya empat atau lima kamera.

Kamera zoom periskop 5x yang sebelumnya hadir di Huawei P30 Pro disinyalir akan absen pada Huawei Mate 30 Pro. Alasannya mungkin supaya kamera periskop tersebut tetap menjadi nilai jual utama pada Huawei seri P30. ***

ADVERTISEMENT
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here