Tata Cara Update Software di Ponsel dan Komputer

0
74
Tata Cara Update Software di Ponsel dan Komputer

SOFTWARE, – Tata Cara Update Software di Ponsel dan Komputer. Bagi sebagian orang, terus menerus mendapatkan pemberitahuan di smartphone serta komputer yang mengingatkan adanya update software memang mengganggu. Karenanya, sangat mudah untuk menekan tombol ‘Remind Me Later’ atau malah membiarkannya begitu saja.

Hati-hati ya, malas update software dapat berakibat buruk pada perangkat kamu. Kenapa? Karena kebiasaan ini dapat membuat smartphone atau laptop kamu melambat.

Perlu kamu ketahui, update software atau sering juga disebut patch software yaitu download software gratis untuk apikasi, sistem operasi atau software suite. Yang memperbaiki fitur guna meningkatkan fungsionalitas aplikasi atau juga sistem operasi tersebut.

Tak hanya melindungi pengguna dari risiko keamanan, update software dirilis dengan tujuan untuk memperbaiki bug atau celah. Memperkenalkan fitur baru di perangkat kamu, memperpanjang umur baterai, dan meningkatkan performa kecepatan perangkat.

Update software juga bekerja untuk memperpanjang masa pakai perangkat kamu. Di samping itu, ada juga yang dinamakan upgrade software. Yaitu merupakan versi terbaru dengan kinerja yang ditingkatkan dari software pada perangkat kamu, dan kalau yang ini biasanya berbayar.

Setelah tahu pentingnya mengupdate software, kamu harus mulai membiasakan diri untuk tidak cuek mengenai hal ini. Jika kamu bingung memulainya, coba ikuti petunjuk di bawah ini.

Tata Cara Update Software di Ponsel

Untuk pengguna iPhone, dengan update iOS 12, Apple memberikan opsi Automatic Updates di layar Software Update. Jika kamu memilihnya, smartphone akan menunggu hingga perangkat dalam kondisi idle, baru kemudian secara otomatis mengupdate software sepanjang malam.

Perlu diingat, smartphone tidak akan melakukan update kecuali dalam kondisi baterai cukup dan terkoneksi ke jaringan WiFi. Jika kamu memilih untuk tidak mengaktifkan update otomatis, cek update di Settings – General – Software Update.

Jika versi terbaru iOS sudah tersedia, kamu bisa tap download, kemudian install. Kalau kamu tidak menemukan versi terbaru iOS, akan ada pesan yang memberitahukan bahwa software perangkat kamu sudah dalam kondisi ter-update.

Buat para pengguna ponsel Android, cek lewat menu Settings kemudian System – Advanced – System Update. Jika update tidak tersedia, artinya sistem perangkat kamu belum memerlukan update software. Agar lebih yakin, coba tap bagian ‘Check For Update’.

Laptop atau komputer

Para pemilik komputer Apple, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui bahwa macOS Mojave menerapkan sedikit perubahan. Kini kamu akan menemukan tool yang digunakan untuk meng-update Mac dengan melihat pada menu bar di bagian atas layar.

Dari sana, coba kamu klik Apple – About This Mac – Software Update. Jika kamu cukup nyaman untuk menerapkan update otomatis, kamu bisa centang pilihan ‘Automatically Keep My Mac Up to Date’.

Buat kamu pengguna Windows, masuk ke menus Settings – buka menu Start serta klik ikon roda bergigi – Update & Security – Windows Update. Kemudian, kamu bisa pilih waktu spesifik kapan Windows melakukan install update secara otomatis. Klik ‘Change Active Hours’ serta kamu tak akan lagi terganggu ketika perangkat tiba-tiba minta software update saat sedang digunakan.

Bagi kamu yang memakai Chromebook, sistem operasi kamu akan melakukan instal update otomatis. Untuk mengetahui update OS Chrome yang saat ini dipakai, caranya buka tab browser, klik tombol menu (tiga titik) di sudut kanan atas, lalu ke Help – About Chrome OS.

Jadi, meski pemberitahuan update software mengganggu, tidak apalah asal perangkat kamu bisa berjalan cepat, mulus, juga tahan lama. Silakan upgrade perangkat kamu sekarang juga!***

ADVERTISEMENT
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here