Mengenal Teknologi Pelacakan Lokasi Google

0
261
Mengenal Teknologi Pelacakan Lokasi Google
Foto : Google Maps

INTERNET, (texno.id),- Teknologi Pelacakan Lokasi Google. Google merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Perusahaan ini memiliki sebuah layanan pemetaan wilayah berbasis web.

Layanan yang dikenal sebagai Google Maps ini dapat memetakan semua area wilayah negara. Bahkan gang dan jalan kecil pun saat ini sudah dipetakan oleh Google Maps.

Google Maps ini menyediakan berbagai citra peta wilayah baik seperti citra satelit, peta jalan, panorama 360 derajat, kondisi lalu lintas dan bahkan perencanaan rute tercepat untuk menuju suatu tempat. Pada versi terbaru, Anda akan mendapatkan fitur rute untuk jalan tol, jalan untuk mobil, kereta dan angkutan umum.

Awal Perkembangan

Google Maps sebenarnya bukan berasal dari perusahaan Google, namun dimulai sebagai program aplikasi desktop C++ yang dibuat oleh Lars dan Jens Rasmussen.

Kemudian, pada tahun 2004, program yang dibuat oleh kedua orang tersebut diakuisisi oleh Google yang kemudian dikembangkan menjadi aplikasi berbasis web.

Awal peluncuran Google Maps memang tidak selengkap layanannya pada saat ini. Ditahun 2005 awal peluncurannya, Google Maps hanya mampu memvisualisasi geospasial serta analisis peta jalan lalulintas.

Belum banyak tempat tempat yang dipetakan oleh Google saat itu. Hanya beberapa gedung atau tempat penting saja seperti Terminal, Bandara, Gedung pemerintahan dan beberapa tempat penting lainnya.

Setelah beberapa tahun berkembang, Google Maps akhirnya meluncurkan aplikasi seluler pada tahun 2008. Pada awal peluncurannya, Google Maps dapat berjalan pada system operasi yang merekas akuisisi yakni Android. Sementara pada system operasi lain, Google Maps tidak bisa berkembang lebih jauh.

Informasi terbaru saat ini, Google Maps telah meluncurkan fitur Maps GL pada Google Maps. Menurut keterangan Google, mereka telah berhasil membuat ulang Google Maps dari awal yang mereka buat sendiri dan telah disempurnakan. Fitur ini pun memiliki kinerja yang lebih baik serta lebih kaya akan grafis 3D.

Transisi halus antara citra, rotasi tampilan 45 derajat dan akses street view yang lebih mudah juga telah dihadirkan pada Maps GL.

Bagaimana Google Maps Mengetahui Lokasi kita saat offline ?

Pada smartphone, terdapat fitur pelacakan lokasi. Meski tidak mengaktifkan data seluler, Google MapsĀ  masih tetap bisa melacak lokasi Anda. Kenapa demikian ? Karena Google menggunakan data sinyal dari BTS provider Anda.

Jadi, selama smartphone ada sinyal provider seperti telkomsel, indosat atau XL serta fitur lokasi aktif di smartphone Anda, maka Google bisa melacak lokasi Anda. Teknologi Pelacakan Lokasi Google. ***

ADVERTISEMENT
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here