Update Versi Android, Apa Saja yang Baru di Android 9 Pie?

0
105
Apa Saja yang Baru di Android 9 Pie?
Foto : Ilustrasi

ANDROID,- Android 9 Pie. Versi android saat ini sudah sampai ke versi 9.0 dengan nama Pie. Seperti yang kita tahu nama-nama versi android menggunakan abjad berurutan dan disesuaikan dengan nama makanan.

Pada tahun 2018 lalu, Google resmi mengumumkan android versi 9.0 yang membawa segudang fitur menarik. Apa aja fitur terbaru di android Pie ? Simak ulasannya berikut ini.

1. Ikon yang lebih berwarna dan baru

Google membuat material desain pada android Pie dengan sudut membulat, tak hanya ikon aplikasi, ikon ikon seperti setting dan tray notifikasi pun juga. Ikon ikon pada tampilan setting pun juga lebih berwarna-warni, tidak hanya putih atau satu warna saja.

2. Kemampuan notifikasi yang lebih cepat

Melalui notifikasi bar, Anda dapat melihat konten pesan seperti gambar, pesan suara dan lain sebagainya. Ada juga pilihan untuk langsung membalas percakapan dari notifikasi bar sehingga lebih cepat dan praktis.

3. Dark Mode

Fitur ini akan lebih nyaman digunakan ketika pada malam hari. Dengan mengaktifkan dark mode pada menu setting, semua tampilan pada layar akan hitam tak terkecuali ketika Anda browsing dengan Chrome.

4. Editing Screenshoot

Versi Android Pie masih mempertahankan fitur screenshoot dengan menekan tombol power + volume secara bersamaan. Pada fitur terbarunya, Anda akan bisa langsung melakukan pengeditan hasil screenshoot seperti crop, highlight dan lain sebagainya.

5. Lockdown

Fitur terbaru ini merupakan lini keamanan ekstra yang di buat oleh Google pada Android Pie. Mode ini akan mengunci perangkat dan menonaktifkan sidik jari serta face unlock dan tidak menampilkan notifikasi pada lock screen.

Untuk membuka perangkat, maka pengguna harus memasukkan kunci default seperti PIN atau pattern. Cara mengkatifkan cukup lewat setting dan pilihan Lockdown akan muncul ketika Anda menekan tombol power. Fitur ini sangat berguna ketika Anda tidur dan tidak ingin perangkat diintip oleh teman karena terkena sidik jari Anda kan.

6. Kunci Rotasi

Ketika menonton video, biasanya handphone akan menampilkan landscape ketika layar di miringkan, meskipun sudah mengaktifkan “kunci rotasi” ketika layar portrait. Untuk itu, Android Pie memiliki fitur kunci rotasi pada semua tampilan baik ketika nonton video atau apapun. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here