Contoh Internet Addiction Disorder Beserta Cara Mengatasinya

197
Contoh Internet Addiction Disorder Beserta Cara Mengatasinya
Ilustrasi Contoh Internet Addiction Disorder. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Contoh Internet Addiction Disorder perlu Anda tahu. Sebab Anda bisa mencegah hal tersebut terjadi dan cara mengatasinya mudah jika sudah terjadi. Contoh ini juga sebagai pembelajaran agar tidak terlalu menyukai sesuatu secara berlebihan. 

Internet Addiction Disorder atau gangguan kecanduan internet, yaitu gangguan yang berhubungan dengan internet. Gangguan ini terlihat saat intensitas waktu penggunaan internet berlebihan pada alat elektronik. Penderita terus terpaku pada alat elektronik dengan koneksi internet dan tidak peduli dengan kehidupan luar. 

Inilah Contoh Internet Addiction Disorder 

Penderita gangguan ini akan merasa bahwa dunia maya lebih menarik dan menyenangkan. Tidak hanya itu, mereka tidak mampu untuk mengontrol penggunaan saat sedang online. Mereka akan menunjukkan tanda kecemasan, depresi, atau hampa saat tidak online pada internet. 

Kecanduan internet dapat menyebabkan ketergantungan, sehingga pekerjaan, psikologis, dan sosial akan terganggu. Penderita akan membatasi segala aktivitas sosial dan lebih memilih dunia maya. Internet addiction akan memberikan dampak tidak baik untuk kehidupan seseorang, seperti sulit menyelesaikan tugas. 

Klasifikasi Gangguan

Hubungan antar individu dapat terganggu karena penderitanya akan mengurangi waktu bersosialisasi. Penggunaan internet berlebihan akan menyebabkan kelelahan dan cenderung kurang tidur. Gangguan kecanduan internet memiliki beberapa kategori seperti Cybersexual Addiction, kecenderungan mengunjungi website khusus orang dewasa. 

Selain itu ada Cyber-Relationship Addiction, kecenderungan terhadap individu senang mencari relasi online. Ada juga Net Compulsions, yakni gemar mengunjungi perjudian online dan perdagangan online. Information Overload, individu dengan kecenderungan mencari informasi berlebihan atau web surfing kompulsif. 

Jenis yang terakhir Computer Addiction, yakni individu bermain game di komputer dan bersifat obsesif. Jika penggunaan internet berkurang, penderita akan merasakan perasaan tidak nyaman, mudah marah, dan goyah. Bahkan terkadang adanya kecenderungan terulang pola penggunaan internet meskipun sudah menerapkan kontrol. 

Contoh Kasus 

Contoh Internet Addiction Disorder dari seorang pemuda yang kecanduan bermain game secara berlebihan. Sebuah kasus dari Beijing, China pemuda mengalami kelumpuhan karena bermain game tiga hari tanpa berhenti. Diketahui pemuda tersebut bernama Xiao Xie. 

Ia seorang mahasiswa berusia 21 tahun, saat itu sedang libur kuliah selama 8 hari. Ia lebih memilih bermain game selama 72 jam di warnet seperti kesepakatan dengan teman-temannya. Setelah hari ketiga ia menjadi pendiam dan mulai muntah-muntah dan berakhir pingsan di depan komputer. 

Teman-temannya membawanya ke rumah sakit dan Xie pingsan dengan tubuh bagian kanan lumpuh. Dokter mengatakan Xie mengalami pembekuan pada otak dan harus operasi segera. Beruntungnya ia berhasil melewati kemudian sadar dan menjalani proses pemulihan kelumpuhannya agar dapat bergerak normal. 

Cara Mengatasi 

Ada baiknya untuk membagi waktu dengan baik dalam penggunaan internet dan juga komputer. Selain itu, bisa juga dengan mengurangi intensitas penggunaan internet sedikit demi sedikit. Dalam prosesnya harus konsisten agar hasil tercapai.

Contoh Internet Addiction Disorder tadi menyadarkan kita sebagai pengguna internet untuk membatasi waktu bermain. Karena dampak dari gangguan ini sangat mengganggu kehidupan sosial manusia yang sejati. Mengubah pola penggunaan dan kebiasaan online internet dapat mencegah gangguan kecanduan internet.