Cara Mengatasi Touch Screen HP Rusak yang Umum Terjadi

257
Cara Mengatasi Touch Screen HP Rusak yang Umum Terjadi
Ilustrasi Cara Mengatasi Touch Screen HP Rusak. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengatasi touch screen HP rusak dengan langkah sederhana. Touch screen terkadang bisa rusak pada setiap HP, namun cara mengatasinya mudah.

Sebaiknya jangan panik ketika HP Anda mengalami masalah tersebut. Sebab, ada beberapa teknik penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Jika kerusakan terjadi pada sistem akan lebih mudah teratasi. Namun jika rusak apa bisa memperbaikinya sendiri?

2 Cara Mengatasi Touch Screen HP Rusak

Penggunaan HP tentu tidak selalu mulus dan baik-baik saja. Terkadang sering terjadi masalah, terutama pada bagian layar sentuh atau touch screen HP. Seringkali terjadi jika layar sentuh tidak merespon. Sehingga lambat atau bahkan terlalu cepat.

Kondisi ini bisa terjadi dengan berbagai kehadiran faktor penyebabnya. Touch screen yang rusak atau bermasalah biasanya karena aplikasi yang berjalan memiliki kapasitas ruang penyimpanan besar.

Sebab, jika memori penuh akan mengakibatkan layar tidak dapat merespon. Bisa juga karena perlindungan LCD kurang tepat akan mengakibatkan masalah pada touch screen.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika touch screen bermasalah. Bagi Anda yang sering mengalaminya, tentu tidak perlu panik.

Saat ini kami akan berikan solusi yang tepat dan mudah untuk dilakukan. Sehingga touch screen HP dapat kembali berfungsi normal seperti biasanya.

Restart HP

Sebenarnya cara mengatasi touch screen HP rusak bisa dilakukan dengan cara restart. Sebagian besar masalah yang sering terjadi pada smartphone bisa teratasi dengan cara ini. Caranya pun tergolong sederhana yaitu:

  1. Saat touch screen tidak lagi berfungsi, namun tombol power dan opsi di dalamnya masih bisa berfungsi, Anda bisa tekan dan tahan.
  2. Silahkan tekan hingga muncul pilihan menu.
  3. Selanjutnya silahkan pilih opsi restart pada halaman tersebut.
  4. Jika sudah sistem akan restarting, tunggu hingga proses selesai dan cobalah untuk menyalakan kembali.
  5. Smartphone menyala dan cobalah untuk mengoperasikan seperti biasanya.
  6. Pada umumnya saat sudah melakukan restart touch sceen yang rusak akibat lag atau hang biasanya akan teratasi.

Periksa Penggunaan RAM

Cara mengatasi touch screen HP rusak bisa diatasi sesuai penyebabnya. Salah satunya karena RAM penuh, adapun cara untuk melakukan pengecekan yaitu:

  1. Silahkan buka menu setting > About phone dan klik sebanyak 7x pada build number.
  2. Selanjutnya buka menu pengaturan > developer options > running services.
  3. Jika langkah-langkah tersebut sudah Anda lakukan bisa melihat penggunaan RAM HP semua aplikasi yang berjalan.
  4. Namun ada cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu setelan > penyimpanan & memori. Selanjutnya akan muncul informasi penggunaan RAM. Hanya saja untuk cara ini informasinya kurang lengkap jika Anda bandingkan dengan cara pertama.

Dengan menggunakan cara mengatasi touch screen HP rusak akibat sistem bisa gunakan salah satunya. Cara tersebut pun dapat Anda lakukan sendiri.