Fungsi Access Point dalam Jaringan Nirkabel dan Cara Kerjanya

164
Fungsi Access Point dalam Jaringan Nirkabel
Fungsi Access Point dalam Jaringan Nirkabel. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Fungsi access point dalam jaringan nirkabel penting untuk Anda ketahui. Poin dalam jaringan nirkabel memiliki beberapa fungsi bermanfaat bagi para penggunanya. Access point menjadi salah satu hal bermanfaat dalam jaringan internet.

Dengan adanya access point tentunya kegiatan menggunakan internet bisa menjadi lebih mudah.

Fungsi Access Point dalam Jaringan Nirkabel Berikut Cara Kerjanya

Umumnya kita akan menemukan access point pdi kantor dengan banyak karyawan. Banyak karyawan tersebut tentunya akan membutuhkan jaringan internet untuk mengerjakan berbagai pengerjaan.

Maka dari itu, kantor akan menggunakan access point supaya pekerjaan lebih mudah dan praktis. Access point merupakan salah satu perangkat keras pada jaringan PC yang menghubungkan nirkabel dengan jaringan internet. 

Penghubungan nirkabel dengan jaringan internet tersebut menggunakan sebuah teknologi seperti WiFi, Bluetooth, atau wireless. Umumnya access point terkenal dengan WLAN atau wireless local area network. WLAN memiliki fungsi yaitu sebagai penerima atau pengirim data dari adapter wireless.

Berbagai Fungsi Access Point

Access point memiliki fungsi yang beragam untuk mendukung lancarnya jaringan internet. Berbagai fungsi tersebut tentu tidak lepas dari dukungan komponen seperti transceiver dan antena.

Berikut ini merupakan beberapa fungsi access point dalam jaringan nirkabel yang bisa Anda ketahui:

  • Sebagai pemancar sinyal internet pada perangkat yang terhubung lewat gelombang radio.
  • Mengatur sebuah akses pada suatu perangkat berdasarkan address.
  • Sebagai pengganti fungsi dari hub yang menghubungkan antara jaringan kabel dengan jaringan lokal nirkabel.
  • Penghubung antara jaringan lokal kabel dengan jaringan seperti wireless, Bluetooth, WiFi.
  • Sebagai fitur keamanan WEP dan WAP.

Cara Kerja Access Point dalam Jaringan Internet

Access point akan menjalankan fungsinya ketika terdapat sebuah perangkat yang akan mengakses jaringan. Contohnya seperti ketika akan mencoba terhubung ke suatu jaringan dengan smartphone.

Nantinya layar smartphone tersebut akan muncul tampilan permintaan pengisian sandi. Selanjutnya access point akan mengatur supaya perangkat tersebut terhubung mencocokan sandi. 

Apabila sandi yang Anda masukkan sudah benar, maka alamat IP perangkat bisa terhubung ke jaringan. Access point tersebut memiliki koneksi antara jalur data sinyal radio yang terbentuk oleh WiFi. Sinyal radio frekuensi tersebut terbentuk melalui jalur data elektrik pada kabel internet. 

Access point juga akan mengontrol akses, toleransi kesalahan, manajemen jaringan, dan enkripsi data. Jika terdapat perangkat yang akan mencoba akses jaringan lewat access point, nantinya access point akan menentukan izin. Pada saat menentukan izin boleh atau tidaknya terhubung dengan jaringan fitur keamanannya akan bekerja.

Itulah ulasan tentang berbagai fungsi access point dalam jaringan nirkabel. Access point memiliki fungsi penting untuk memberikan izin pada suatu perangkat yang akan terhubung. Berhasil atau tidaknya suatu perangkat terhubung melalui access point akan tergantung dengan izin dari access point itu sendiri.