Tutorial Cara Edit Chat WhatsApp di Ponsel Android dan iPhone

145
Tutorial Cara Edit Chat WhatsApp
Tutorial Cara Edit Android dan iPhone. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Tutorial cara edit chat WhatsApp menarik untuk Anda simak. WhatsApp telah menjadi platform pesan instan yang sangat populer di dunia. Dengan jutaan pengguna aktif, aplikasi ini menghadirkan berbagai fitur yang memungkinkan mereka berkomunikasi secara mudah.

Salah satu fitur terbarunya adalah kemampuan untuk mengedit pesan yang telah terkirim. Fitur ini sangat membantu para pengguna yang tidak sengaja salah mengetik pesan. Bahkan dapat membenarkannya tanpa perlu membatalkan pengiriman.

Tutorial Cara Edit Chat WhatsApp Mudah dan Cepat

Fitur edit pesan menjadi salah satu terobosan baru yang WhatsApp hadirkan untuk pengguna. Namun sebelum memulai, perlu Anda ketahui bahwa fitur ini hanya mampu melakukan koreksi terhadap pesan teks saja. Sehingga pada pesan media berupa gambar dan video tidak berlaku.

Selain itu, terdapat batasan pengeditan pesan yakni 15 menit terakhir setelah pengiriman. Apabila lebih dari itu, maka kesalahan yang terdapat pada pesan sudah tidak dapat Anda ubah. Supaya semakin jelas, silahkan simak cara edit chat WhatsApp berikut ini.

Edit Pesan WhatsApp di Smartphone Android

Sebelum menggunakan fitur edit pesan di smartphone Android, pastikan WhatsApp Anda sudah memiliki versi terbaru. Jika belum, silahkan memperbarui aplikasinya melalui Google Play Store terlebih dahulu.

Selanjutnya tutorial cara edit chat WhatsApp bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp di smartphone.
  2. Setelah itu, pilih pesan yang ingin Anda koreksi atau edit.
  3. Klik lalu tahan pesan tersebut hingga muncul blok biru. Lanjutkan dengan ketuk ikon titik 3 di bagian pojok kanan atas layar.
  4. Jika menunya sudah muncul, klik opsi Edit.
  5. Lakukan pengeditan sesuai kata atau kalimat yang benar, kemudian klik tekan tanda centang untuk konfirmasi.
  6. Setelah selesai akan muncul tanda “Diedit”, untuk menunjukkan bahwa pesan tersebut telah mengalami perubahan. Tanda itu hanya terlihat oleh Anda, atau tidak akan mengirim notifikasi baru ke penerima maupun grup.

Edit Pesan WhatsApp di Smartphone iPhone

Sama halnya dengan tutorial cara edit chat WhatsApp di Android, iPhone juga menyediakan fitur serupa. Namun untuk menggunakannya, Anda juga perlu memastikan bahwa aplikasi WhatsApp sudah memiliki versi terbaru.

Mengingat fitur tersebut tidak tersedia di WhatsApp versi lama. Cara melakukan pengeditan tak jauh berbeda dengan versi Android. Agar semakin memahami silahkan simak uraian selengkapnya berikut ini.

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp di HP iPhone Anda.
  2. Setelah itu, pilih pesan yang ingin Anda koreksi atau edit.
  3. Klik dan tahan pesan tersebut hingga muncul blok biru, kemudian pilih Edit.
  4. Lakukan pengeditan sesuai kata atau kalimat yang benar, lalu klik tekan tanda centang untuk konfirmasi.
  5. Selesai.

Demikian tadi penjelasan tentang tutorial cara edit chat WhatsApp, baik di iPhone maupun Android. Dengan fitur edit pesan, Anda bisa memperbaiki kesalahan pengetikan atau menambahkan informasi secara mudah dan efisien. Anda tidak perlu lagi membatalkan pesan, kemudian mengetik ulang.