Fungsi APN pada Internet beserta Cara Setting-nya

1
Fungsi APN pada Internet beserta Cara Setting-nya
Ilustrasi Fungsi APN pada Internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Fungsi APN pada internet penting untuk kita ketahui. Pasalnya, hal ini akan membantu dan memudahkan kita dalam penggunaan internet setiap harinya.

APN sendiri merupakan singkatan dari Access Point Name. APN merupakan gateway atau gateway antar koneksi internet.

Sebut saja seperti 3G, 4G, GSM, hingga GPRS. Dengan adanya APN ini, perangkat mobile kita harus melakukan pengaturan APN ini supaya bisa menggunakan sinyal operator.

Tak hanya itu saja, APN ini juga bisa kita gunakan sebagai protokol untuk alamat IP. Akan tetapi, harus diidentifikasi oleh perangkat jaringan terlebih dahulu.

Kemudian, APN ini juga mengandung berbagai informasi khusus. Misalnya nama, profil, username, password, jenis autentikasi, proxy, maupun informasi lainnya.

Informasi ini nanti akan menjadi bahan pertimbangan bagi operator untuk memberikan akses internet ke ponsel.

Fungsi APN pada Internet beserta Cara Setting-nya

Fungsi utama dari APN ini adalah sebagai penghubung antara device dengan operator. Operator yang dimaksud adalah operator yang menyediakan layanan internet.

Selain itu, APN akan memberikan akses internet yang sesuai dengan provider ataupun kartu prabayar yang kita gunakan. Dengan begitu, bila tengah menggunakan kartu prabayar A, APN harus Anda setting dengan memakai pengaturan operator tersebut.

Jika mengalami perbedaan atau ada bagian yang salah, maka internet tidak akan dapat terhubung.

Fungsi APN ini tak hanya itu saja. Sebab, APN juga berfungsi menentukan jenis layanan. Sebagai contoh, koneksi ke WAP atau Wireless Application Protocol.

Kemudian juga bisa menentukan layanan seperti MMS atau Multimedia Messaging Service, maupun layanan lainnya.

Struktur APN

Fungsi APN pada internet ini tak lepas dari strukturnya. Pada dasarnya, APN memiliki dua struktur, yakni Network Identifier dan Operator Identifier.

1. Network Identifier

Network Identifier ini merupakan bagian yang sangat penting. Pasalnya memiliki peran untuk mengidentifikasikan jaringan eksternal yang mana GGSN terhubung.

Akan tetapi untuk pilihan pengaturan lainnya, bisa kita gunakan jika kita menginginkannya.

2. Operator Identifier

Struktur APN selanjutnya yang dapat mempengaruhi fungsi APN pada internet adalah Operator Identifier. Operator Identifier ini merupakan bagian yang bersifat opsional.

Itu artinya kita tidak terlalu membutuhkannya. Fungsi utamanya, untuk mendefinisikan jaringan paket operator spesifik di mana GGSN berada.

Di dalamnya terdapat MCC atau kode negara dan juga MNC atau kode jaringan seluler. Kedua kode tersebut mampu mengidentifikasi operator yang kita gunakan secara otomatis.

Cara Setting APN

Supaya fungsi APN pada internet berjalan dengan lancar dan maksimal, sudah barang tentu kita harus memperhatikan cara setting-nya. Berikut ini cara yang bisa kita ikuti, baik di Android maupun iOS.

1. Setting APN pada Android

  1. Pertama, buka pengaturan pada Android
  2. Setelah itu, silakan pilih Network
  3. Jika suda, pilihlah Mobile Network
  4. Kemudian, silahkan klik Access Point Names atau APN
  5. Langkah selanjutnya, klik Add APN. Bila menu ini tidak kita temukan, maka klik tiga titik yang terdapat pada bagian atas
  6. Berikutnya, isi pengaturan APN berdasarkan operator kita
  7. Terakhir, silahkan klik Save.

2. Setting APN pada iOS

  1. Langkah pertama, silahkan buka pengaturan pada iOS
  2. Setelah itu, pilihlah Cellular
  3. Kemudian, pilih Cellular Data Options
  4. Lalu, silahkan klik Cellular Data Network
  5. Pada pengaturan Nama titik akses yang kita miliki, silahkan isi sesuai dengan operator kita
  6. Langkah terakhir, klik Save.

Jika setting yang kita lakukan tidak sesuai, maka fungsi APN pada internet tidak akan bekerja. Maka dari itulah, perhatikan setiap detail pengaturan yang kita lakukan.