Koneksi Internet Satelit, Keunggulan dan Kelemahannya

149
Koneksi Internet Satelit
Koneksi Internet Satelit. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Koneksi internet satelit menjadi jaringan nirkabel yang jarang diketahui. Padahal internet satelit memiliki koneksi yang cukup bagus. Bahkan penempatannya bisa di beberapa daerah terpencil sekalipun.

Alat ini berfungsi untuk menerima sinyal gelombang mikro dari stasiun bumi. Sehingga dapat memperkuat dan memperlancar sinyal ke sejumlah stasiun satelit yang ada di bumi.

Banyak yang mengenal internet satelit sebagai sebuah jaringan internet yang menggunakan antena teknologi parabola VSAT.

Koneksi Internet Satelit dan Pengertiannya

Internet satelit adalah jenis layanan internet yang menggunakan satelit sebagai media transmisi data antara pengguna internet dan penyedia layanan.

Dalam koneksi ini, sinyal data dikirimkan dari komputer atau perangkat pengguna melalui antena parabola menuju satelit di orbit bumi. Kemudian lanjut ke stasiun bumi penyedia layanan internet.

Stasiun bumi akan mengirimkan data yang pengguna minta melalui satelit kembali ke antena parabola pengguna.

Selanjutnya diubah menjadi sinyal yang bisa dimengerti oleh perangkat komputer atau gadget. Koneksi internet ini memberikan solusi akses internet yang dapat diandalkan di daerah-daerah terpencil atau terisolasi.

Namun, perlu ada pertimbangan kelemahan dan keunggulan masing-masing opsi koneksi internet sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan internet satelit. Berikut ini ada penjelasan tentang keunggulan dan kelemahan internet satelit.

Keunggulan

Keunggulan utama dari koneksi internet satelit adalah ketersediaannya yang luas. Sebab, koneksi internet ini mampu menjangkau hingga separuh permukaan bumi.

Koneksi ini dapat diakses untuk berbagai lokasi, termasuk daerah pedesaan atau terpencil yang sulit terjangkau oleh infrastruktur kabel. Hal ini membuat internet satelit menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang tinggal di daerah dengan akses internet terbatas.

Tidak hanya itu saja, koneksi ini juga berfungsi untuk koneksi voice (PABX), data maupun video. Dengan menyediakan bandwith besar dan provider. Alat VSAT juga mudah terpasang selama masuk pada area yang terjangkau satelit itu sendiri.

Kelemahan

Koneksi ini juga memiliki beberapa kelemahan. Pertama, jarak yang harus sinyal data tempuh dari pengguna ke satelit dan kembali ke stasiun bumi menyebabkan adanya latency atau delay dalam transmisi data.

Latensi ini dapat mempengaruhi kinerja aplikasi yang membutuhkan respons cepat. Seperti permainan daring atau panggilan video langsung. biaya layanan internet satelit seringkali lebih tinggi daripada dengan layanan internet lainnya, seperti kabel atau serat optik.

Hal ini penyebabnya adalah biaya infrastruktur satelit yang mahal dan kompleks. Kecepatannya biasanya lebih rendah daripada koneksi kabel atau serat optik, meskipun perkembangan teknologi terbaru telah meningkatkan kecepatan koneksi internet ini.

Dengan Anda tahu apa itu koneksi internet satelit, keunggulan dan kekurangannya maka akan lebih paham. Sebab fungsi dari internet satelit yang cukup penting di kehidupan masa kini.