Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara, Gunakan Langkah yang Mudah

82
Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara
Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara. Foto: Ilustrasi/Istimewa

TEXNO.ID – Cara mengatasi HP tidak ada suara bisa Anda lakukan cukup mudah. Untuk mengatasi HP tidak ada suara terdapat banyak cara. Untuk itu, kini Anda tidak perlu khawatir untuk mengatasinya.

Saat ini smartphone memiliki fungsi utama untuk memudahkan komunikasi antar sesama pengguna. Sehingga Anda bisa mengobrol, melakukan panggilan video, dan lain sebagainya.

Namun jika HP tidak mengeluarkan suara seringkali merasa sangat khawatir. Fitur-fitur dari perangkat tersebut tidak bisa Anda manfaatkan dengan maksimal. Anda perlu mencoba mencari cara mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara, Berikut Langkahnya

Penggunaan HP saat ini bukan hanya untuk memudahkan dalam berkomunikasi saja. HP juga bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Meski terkadang HP mengalami masalah dan tidak ada suaranya.

Penyebabnya tidak selalu akibat speaker yang rusak. Jika Anda mengalami masalah tersebut, kini bisa mengetahui caranya.

Cek Pengaturan Volume HP

Volume HP merupakan kunci suara pada handphone. Wajar jika suaranya terdengar kecil saat mengatur volume pada level rendah. Hal tersebut juga bisa menjadi penyebab tidak ada suara pada HP.

Saat ini, Anda bisa membuka pengaturan volume. Terdapat beberapa cara untuk coba mengatasinya. Pada menu pengaturan, Anda bisa mengetahui semua yang berhubungan dengan HP, termasuk suara atau volume HP.

Caranya mudah, yakni buka pengaturan menu serta mencari suara atau bunyi. Kemudian Anda bisa mengatur volume sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan.

Setiap handphone dengan jenis dan tipe apapun, tentunya memiliki tombol volume. Biasanya, tombol tersebut yang ada pada bagian samping, baik kanan maupun kiri.

Anda bisa langsung menaikkan atau menurunkan volume HP. Jika volume terlalu rendah atau mati, maka bisa menjadi alasan volume media tidak berfungsi secara maksimal.

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara melalui Factory Reset

Factory reset Anda lakukan dengan mengembalikan ponsel ke setelan pabrik. Sebelum melakukan reset, akan lebih baik jika sudah melakukan backup data-data penting yang tersimpan terlebih dahulu.

Sistem yang ada pada handphone akan normal kembali. Caranya dengan mengembalikannya ke setelan atau pertama kali ponsel keluar dari pabrik.

Setiap ponsel terkadang memiliki cara reset berbeda-beda. Meski demikian, pada umumnya sama saja. Sehingga apapun tipe handphone Anda, bisa mencoba menggunakan langkah-langkah berikut.

Masuk pada menu pengaturan HP Anda. Selanjutnya, akan masuk ke menu Cadangkan dan Setel Ulang. Anda bisa pilih opsi kembali ke setelan pabrik. Jika sudah, tunggu hingga semua prosesnya berjalan hingga selesai.

Bawa ke Service Center

Jika sudah mencoba berbagai cara dan HP tetap tidak ada suara, maka bisa memilih menghubungi service center. Anda akan mendapatkan bantuan tim untuk memperbaiki speaker HP. Sehingga Anda bisa menggunakannya seperti semula.

Cara mengatasi HP tidak ada suara bukan hal sulit dilakukan. Anda bisa memilih menggunakan cara paling mudah.