Pengertian Internet Backbone, Cara Kerja dan Fungsinya

191
Pengertian Internet Backbone, Cara Kerja dan Fungsinya
Pengertian Internet Backbone, Cara Kerja dan Fungsinya. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Pengertian internet backbone dalam jaringan internet cukup penting. Backbone memiliki pengertian jaringan internet dengan proses transfer. Dimana backbone ini merupakan tulang punggung sebuah jaringan atau sebagai pusatnya.

Sehingga dapat melakukan transfer data dalam satu jaringan. Berikut ini kami akan berikan penjelasan tentang pengertian hingga cara kerjanya.

Pengertian Internet Backbone dan Cara Kerjanya

Internet backbone adalah jaringan inti atau infrastruktur utama dari internet. Terdiri dari jaringan besar dan kuat yang menghubungkan berbagai lokasi di seluruh dunia.

Internet backbone terdiri dari serangkaian kabel serat optik, jaringan satelit, dan infrastruktur kabel bawah laut. Terhubung ke pusat data dan server besar di seluruh dunia. Jaringan ini biasanya untuk perusahaan-perusahaan telekomunikasi besar seperti AT&T, Verizon, dan lain-lain.

Jaringan internet backbone memiliki kapasitas besar dan kecepatan tinggi. Sehingga memungkinkan pengiriman data dan informasi secara cepat dan efisien di seluruh dunia.

Cara Kerja

Pengertian internet backbone bekerja dengan menghubungkan jaringan lokal, regional, dan internasional di seluruh dunia. Jaringan ini terdiri dari berbagai perangkat dan infrastruktur seperti router, switch, serat optik, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa langkah kerja internet backbone:

  • Pengiriman Data: Ketika pengguna internet di seluruh dunia mengirim data atau informasi, data tersebut dikirim melalui jaringan lokal dan regional ke jaringan internet backbone.
  • Routing: Data dari jaringan internet backbone akan diarahkan (routing) ke jaringan tujuan dengan menggunakan teknologi routing. Router yang terhubung ke internet backbone akan menentukan rute terbaik untuk mengirim data ke jaringan tujuan.
  • Peering: Jaringan internet backbone juga melakukan peering atau pertukaran lalu lintas data dengan jaringan lain. Peering memungkinkan jaringan internet backbone untuk mengirim data ke jaringan tujuan dengan lebih efisien dan cepat.
  • Pengiriman ke Tujuan: Setelah data ke jaringan tujuan, data akan menuju ke alamat tujuan melalui jaringan lokal dan regional.
  • Pengiriman Balik: Jika alamat tujuan mengirimkan balasan atau respon, data tersebut akan terkirim kembali melalui jaringan lokal dan regional. Kemudian berlanjut melalui jaringan internet backbone dan sampai ke pengirim asal.

Fungsi

Cara kerja dan pengertian internet backbone bisa dikatakan cukup penting. Apalagi mengingat fungsinya yang cukup beragam. Internet backbone memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

  • Sebagai tulang punggung (backbone) bagi internet dengan menghubungkan jaringan lokal, regional, dan internasional di seluruh dunia.
  • Mengatur dan mengelola lalu lintas (trafik) data di seluruh dunia.
  • Internet backbone memiliki kapasitas besar dan kecepatan tinggi.
  • Berfungsi untuk meningkatkan keamanan jaringan internet.
  • Internet backbone terus berkembangn dan meningkat untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan serta kehandalan jaringan.

Pengertian internet backbone, cara kerja, dan fungsinya memiliki peran penting. Apalagi di era serba digital seperti saat ini.