Pengertian Literasi Internet Penting Dipahami, Ini Manfaat dan Tantangan

484
Pengertian Literasi Internet
Ilustrasi Pengertian Literasi Internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Pengertian literasi internet atau dengan nama lain literasi digital, secara sempit adalah kemampuan dalam mencari informasi yang diperlukan dengan memanfaatkan internet. Literasi internet dapat dikatakan sebagai bagian penting pada zaman yang serba modern saat ini.

Dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat menjadikan internet sebagai alat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hampir sebagian masyarakat mengakses internet untuk keperluan masing-masing. Mulai dari media sosial, games online hingga pada berbagai jenis portal berita.

Mengetahui Pengertian Literasi Internet

Literasi internet atau literasi digital memiliki arti sebagai kemampuan membaca serta menulis dalam bentuk digital. Bentuk literasi digital saat ini banyak kita temui di internet ataupun di perpustakaan kota dan daerah.

Salah satu bentuk literasi internet yang sering kita jumpai adalah berbentuk ebook atau bahan bacaan yang berbentuk digital, serta tidak harus terpampang di internet. Akan tetapi pengertian literasi internet saat ini mengalami perkembangan.

Secara garis besar, pengertian literasi internet adalah pengetahuan serta kecakapan dalam memakai media digital, berbagai jenis alat komunikasi jaringan yakni dalam menemukan,, menggunakan, mengevaluasi serta membuat informasi.

Selain itu juga memanfaatkannya secara lebih bijak, sehat, tepat, cermat serta patuh terhadap hukum dalam upaya membina komunikasi serta interaksi di kehidupan sehari-hari.

Adanya kemudahan mengakses internet sayangnya tidak turut serta dengan adanya kemampuan para penggunanya untuk menyaring informasi secara lebih baik dan benar.

Hal ini terjadi karena internet tidak secara otomatis menyaring berbagai konten negatif. Dengan demikian, pada saat pengguna internet sedang mencari sesuatu yang positif, seringkali secara tidak langsung menemukan konten negatif tersebut.

Bahkan tanpa memeriksa kembali konten negatif tersebut, para pengguna langsung membagikan kepada para rekan atau kerabatnya. Hal inilah yang menyebabkan pentingnya literasi internet di kalangan pengguna internet di Indonesia.

 Manfaat Literasi Internet

Dengan adanya literasi internet telah membawa berbagai manfaat bagi kehidupan masyarakat. Berbagai manfaat tersebut antara lain:

  • Meningkatkan kemampuan masing-masing individu agar lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi.
  • Kegiatan mencari serta memahami informasi yang bisa menambah wawasan tiap individu
  • Meningkatkan kemampuan verbal pada individu
  • Literasi internet dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu.
  • Mampu menambahkan penguasaan kosakata seseorang, dari segala informasi yang telah mereka baca.

Tantangan Literasi Internet

Literasi internet mempunyai dua tantangan yang harus dihindari. Kedua tantangan tersebut dapat kita atasi dengan menerapkan literasi internet dalam setiap penggunaan teknologi komunikasi dan informasi. Adapun tantangan dari literasi internet antara lain:

Banyaknya Arus Informasi 

Hal ini menjadi tantangan yang paling kuat yang harus dihadapi oleh literasi internet. Dalam hal ini, masyarakat saat ini terlalu banyak mendapatkan informasi pada saat yang bersamaan. Ketika mengatasi tantangan ini, literasi internet memiliki peran untuk mencari, menemukan, memilah dan juga memahami informasi secara benar dan tepat.

Konten Negatif

Konten negatif menjadi tantangan lain di era literasi internet. Sebagai contoh adalah konten pornografi, isu SARA dan lain sebagainya. 

Kemampuan seseorang dalam mengakses internet, terutama teknologi informasi serta komunikasi hendaknya harus diikuti dengan literasi internet atau digital. Dengan demikian, seseorang dapat mengetahui, mana konten positif yang bermanfaat serta jenis konten yang negatif.

Dengan memahami pengertian literasi internet di atas, maka dapat dapat kita pastikan pentingnya dari literasi internet ini. Maka, para pengguna internet pun dapat memahami bagaimana menggunakan internet dengan baik dan benar serta bermanfaat.