Cara Membuat Login PHP Sederhana, Simak Tutorial Lengkapnya!

0
84
cara membuat login php sederhana
Ilustrasi cara membuat login php sederhana. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara membuat login sederhana PHP merupakan suatu hal yang penting untuk Anda pahami. Pasalnya, login sangat penting bagi aplikasi berbasis web, desktop, atau yang lainnya. Dalam hal ini, login berfungsi untuk membatasi akses dari user supaya tidak dapat mengakses bagian dari sistem.

Dengan demikian, user hanya dapat mengakses sesuai hak akses yang telah diberikan. Selain itu, login juga bermanfaat sebagai security data atau akun, sehingga tidak sembarang orang dapat mengaksesnya.

Mengetahui Cara Membuat Login PHP Sederhana

Pada suatu website, sebaiknya menggunakan form login untuk meningkatkan keamanan suatu website. Selain itu, form login juga dapat memudahkan untuk mengidentifikasi seseorang yang akan login.

Dengan adanya fitur login, maka suatu website dapat memberikan fitur khusus kepada para membernya yang tidak dapat digunakan oleh para pengunjung lainnya.

Langkah-langkah Membuat Login PHP Sederhana

Berikut ini beberapa langkah dalam membuat Login PHP sederhana yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  1. Persiapan yang harus Anda lakukan sebelum membuat login PHP sederhana antara lain siapkan web server pada komputer lokal yang Anda gunakan.
  2. Selanjutnya, Anda juga perlu belajar mengenai session di dalam PHP.
  3. Persiapan berikutnya membuat tampilan halaman login. Dalam hal ini, kita akan menggunakan framework Bootstrap 4. Bootstrap merupakan framework css yang dapat memudahkan kita dalam membuat tampilan website.
  4. Sebagai persiapan awal, Anda buat sebuah folder baru dengan nama Login-PHP, kemudian simpan pada folder xampp/htdocs/.
  5. Berikutnya adalah pembuatan database dengan nama latihan, kemudian buat tabel user pada database latihan tersebut dan isi table user.
  6. Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat koneksi dengan MySQLnya yang akan Anda coding pada file koneksi.php.
  7. Cara membuat login php sederhana selanjutnya adalah dengan membuat folder baru di dalam htdocs dan beri nama latihan. Pada folder latihan, Anda buat file bernama form_login.php. Penting untuk Anda ingat, mengenai penamaan file PHP tidak boleh menggunakan spasi. Kemudian pada file form_login.php dapat Anda ketikkan kode tertentu.
  8. Proses berikutnya, Anda buat file proses_login.php di dalam folder yang sama.
    Langkah berikutnya buka browser dan isi url localhost/latihan/form_login.php.

Penjelasan File untuk Proses Login PHP

Langkah awal, buat semua file process.php dengan fungsi sebagai file yang memproses form saat di submit. Selanjutnya penjelasan process.php antara lain terdiri dari Code session-start (); yang berada paling atas. Kode ini memiliki fungsi supaya pengguna dapat menggunakan session dalam file.

Karena tutorialnya cukup sederhana, maka list user yang dapat login ke dalam sistem sebaiknya pengguna definisikan dulu dalam variable $list-user pada line 6. Sedangkan pada line 19, pengguna akan menampung user yang diperoleh dari form pada login.php.

Untuk line 28, akan ada perulangan dari data $list user serta mengecek apakah username juga password dari form login sesuai dengan list user.

Apabila username serta password sudah benar, maka kita redirect ke halaman index.php. Namun jika username dan password salah, maka kita redirect kembali ke halaman login.php dengan pesan session.

Selain membuat file login.php, pengguna juga harus membuat file untuk handle proses logout yang bernama logout.php. Pada file ini, pengguna menghapus semua session yang telah dibuat sebelumnya. Apabila telah logout, maka redirect lagi ke halaman login.php dengan pesan login berhasil.

Selain penjelasan mengenai cara membuat login PHP sederhana di atas, terdapat hal penting lain yang harus Anda perhatikan. Halaman login akan menampilkan pesan error apabila username atau password salah dan ketika pesan telah logout.