Penyebab Kuota Internet Cepat Habis yang Perlu Diketahui

8
Penyebab Kuota Internet Cepat Habis yang Perlu Diketahui
Ilustrasi Penyebab Kuota Internet Cepat Habis. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Penyebab kuota internet cepat habis perlu kita waspadai. Pasalnya, kuota internet yang cepat habis ini dapat membuat kita boros.

Supaya kita tidak terjebak dalam masalah kuota, ada baiknya kita merencanakan penggunaannya. Misalnya saja menggunakan kuota internet untuk hal yang penting-penting saja.

4 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Sebenarnya, saat ini sudah ada layanan internet yang menyediakan paket data unlimited. Hal ini dapat membantu kita untuk mengatasi masalah kuota.

Meskipun demikian, layanan internet tersebut tetap memiliki batasan. Maka dari itulah, mengetahui apa saja penyebabnya, dapat membantu kita untuk menghemat kuota internet. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

1. Streaming Musik

Streaming musik memang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Akan tetapi hal ini menjadi salah satu penyebab kuota internet cepat habis.

Bahkan, saat ini sudah banyak aplikasi streaming music yang bisa kita gunakan. Sebut saja seperti Spotify, iTunes, JOOX dan aplikasi lainnya.

Ketika kita menggunakan aplikasi streaming music tersebut hanya untuk memutar dua sampai tiga musik, tentu saja tidak masalah.

Namun, lain halnya jika kita memutar music selama seharian penuh. Tanpa terasa, kuota internet kita akan terkuras banyak.

Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini, ada baiknya mengunduh lagu yang kita sukai. Dengan begitu, kita tidak perlu lagi streaming musik yang menghabiskan banyak kuota.

Selain itu, kita juga bisa menghemat kuota untuk streaming music dengan cara yang lain. Misalnya dengan menurunkan kualitas music pada menu Pengaturan. Caranya, Pengaturan, kemudian Streaming Quality, setelah itu, Normal.

2. Streaming Video

Streaming video juga menjadi penyebab kuota internet cepat habis. Meskipun demikian, banyak orang yang suka dengan kegiatan satu ini.

Pasalnya, saat ini sudah banyak layanan streaming video yang memberikan kemudahan bagi kita untuk menemukan trailer film terbaru, video klip, maupun lainnya.

Misalnya saja seperti iTunes, Vimeo, YouTube, Hulu dan yang lainnya. Bila kita bandingkan dengan streaming musik, streaming video merupakan salah satu penyebab utama.

Pasalnya, konsumsi data untuk streaming video dapat mencapai 50 MP per menit. Apalagi, seringkali kita tidak menonton video tersebut satu atau dua kali saja, bahkan bisa berulang kali.

Sebagai solusi tepat, ada baiknya kita mengunduh video tersebut saja. Sehingga, bisa kita tonton secara offline sewaktu-waktu.

3. Bermain Game Online

Penyebab kuota internet cepat habis lainnya yakni bermain game online. Saat ini sudah banyak game online yang dapat kita mainkan, seperti Two Dots, Word With Friend, Modern Combat 5: Blackout, dan game lainnya.

Bahkan, saat kita bermain game tersebut bisa menghabiskan kuota internet sebanyak 1 MB per menitnya. Apalagi, jika kita memainkan game-game tersebut dalam durasi yang panjang, tak heran jika dapat menguras kuota internet kita.

4. Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis ini juga menjadi salah satu penyebabnya. Apalagi, kita sinkronisasi otomatis terus kita aktifkan secara default.

Sebenarnya, hal ini sangatlah penting, karena membuat data kita menjadi aman ketika terjadi hal yang buruk. Namun, jika sinkronisasi otomatis tersebut adalah foto atau video dapat membutuhkan kuota yang banyak.

Sebenarnya, kita tidak perlu merasa cemas dengan kuota internet yang cepat habis. Asalkan kita menggunakan kuota internet dengan bijaksana, kita tidak akan terlalu boros.

Setidaknya, kita bisa membatasi penggunaan kuota internet setiap bulannya. Misalnya, selama satu bulan menggunakan kuota internet maksimal 20GB atau sesuai kebutuhan. Demikianlah penyebab kuota internet cepat habis yang bisa kita perhatikan.