Perbedaan HTTP dan WWW, Sejarah, Pengertian, dan Fungsinya

245
Perbedaan HTTP dan WWW, Sejarah, Pengertian, dan Fungsinya
Ilustrasi Perbedaan HTTP dan WWW. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Perbedaan HTTP dan WWW menjadi informasi yang sangat penting untuk kamu ketahui. Pasalnya, kedua istilah tersebut tidak pernah lepas dari penggunaan internet.

Selain itu, keduanya juga berkaitan erat dengan jaringan komputer besar. Perbedaan keduanya bisa kita lihat dari berbagai aspek. Mulai dari pengertian, sejarah, hingga fungsinya.

3 Perbedaan HTTP dan WWW

Saat kamu membuka situs, web, atau blog, keduanya bisa muncul. Kamu bisa memastikannya sendiri melalui link atau alamat websitenya.

Supaya kamu semakin mudah untuk memahami keduanya, berikut ini adalah perbedaannya.

1. Sejarah dan Pengertian

Perbedaan HTTP dan WWW dimulai dari sejarah dan pengertiannya. HTTP sendiri merupakan singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol.

Merupakan protokol aplikasi yang berfungsi untuk berkomunikasi melalui internet. HTTP ini pertama kali dikembangkan oleh Tim Burnes Lee bersama timnya. Membutuhkan komponen lain kemudian mengimplementasikan World Wide Web (WWW).

Sementara itu, WWW merupakan singkatan dari World Wide Web.

Merupakan kumpulan besar dokumen maupun data yang diatur dan bisa diakses melalui internet. WWW ini merupakan spin off dari sistem informasi yang digunakan sejak awal tahun 1990 an oleh Pusat Penelitian nuklir Eropa (CERN).

2. Server

Perbedaan HTTP dan WWW juga dapat kamu lihat dari server yang keduanya gunakan. Pada dasarnya, HTTP ini menggunakan Sembilan metode sederhana yang berfungsi untuk menjalin komunikasi dengan server.

Metode tersebut menjadi penentu bagaimana server web atau komputer klien harus menanggapi permintaan yang lain. Selain itu, juga menentukan bagaimana informasi harus diformat dan ditransfer.

HTTP ini bisa kita sebut sebagai protocol stateless. Pasalnya, setiap permintaan yang dilakukan setiap saat tidak berkaitan dengan permintaan sebelumnya.

Sebab itulah, tidak mempunyai ukuran terkait permintaan ataupun tindakan sebelumnya. Sedangkan perbedaan HTTP dan WWW lainnya, World Wide Web menggunakan arsitektur server klien.

Dengan begitu, klien bisa mengakses informasi yang tersimpan dalam format hypertext pada server. Terutama saat menggunakan aplikasi yang bekerja melalui komputer klien.

Hal ini sering kamu dengar dengan istilah browser web. Penyimpanan server ini akan memberikan dukungan bahasa yang browser web identifikasi.

3. Fungsi

Perbedaan HTTP dan WWW ini juga bisa kamu lihat dari fungsinya. HTTP pada dasarnya merujuk sebuah protocol aplikasi.

Biasanya kamu gunakan secara umum pada dunia maya. Sedangkan WWW merujuk pada arsitektur klien yang bisa kamu simpan ke dalam atau bentuk format tertentu, misalnya saja seperti hypertext.

Kemudian, berkaitan dengan jalur komunikasi data, HTTP akan bekerja sebagai instruksi untuk berkomunikasi. Sedangkan WWW sendiri akan bekerja sebagai sebuah layanan berbasis arsitektur server klien.

HTTP merupakan protokol standar yang mana akan menjalankan akses HTML. Berbeda dengan WWW, merupakan ruang digital yang mana akan merujuk pada alamat laman tertentu.

Seringkali WWW ini kita anggap sebagai bagian dari alamat sebuah laman, situs, web, atau blog pada internet. Jika berbicara tentang HTTP maka akan memiliki struktur yang lebih luas.

Menariknya lagi, kamu sebagai pengguna internet pribadi bisa mendapatkan arahan ke fitur HTTPS yang mempunyai metode enkripsi.

Hal ini bertujuan agar data-data pribadi yang ada dalam ruang penyimpanan online bisa kamu akses dengan aman.

Perbedaan HTTP dan WWW ini juga berkaitan dengan sifatnya. Hyper Text Transfer Protocol bersifat sebagai bahasa komunikasi terbuka sedangkan WWW bersifat kolektif. Hal ini karena Hyper Text Transfer Protocol berguna dalam program internet dan WWW memiliki akses yang lebih eksklusif.