Cara Mengatasi Sinyal E di iPhone, Dijamin Ampuh!

6926
Cara Mengatasi Sinyal E di iPhone, Dijamin Ampuh!
Ilustrasi Cara Mengatasi Sinyal E di iPhone. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengatasi sinyal e di iPhone bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Susah sinyal atau hilang sinyal merupakan permasalahan yang umum terjadi pada iPhone.

Meskipun iPhone digadang-gadang lebih baik dari Android, bukan tidak mungkin jika terjadi masalah pada jaringannya. Ketika masalah ini muncul, pastinya kamu akan sedikit terganggu.

Pasalnya, untuk menggunakan sebuah aplikasi tertentu hingga mengakses internet menjadi terhambat. Namun, melalui cara tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan baik.

Cara Mengatasi Sinyal E di iPhone, Dijamin Ampuh!

iPhone yang hilang sinyal ini tidak terjadi dengan sendirinya. Melainkan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utamanya.

Antara lain, sinyal yang saat itu kebetulan sedang lemah dari provider, kerusakan pada IC baseband, masalah pada SIM card, hingga software iOS. Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini adalah informasinya.

1. Copot dan Pasang Kembali Kartu

Mencopot dan memasang kartu kembali ini memang terdengar simpel. Namun, hal ini bisa sedikit membantu kamu untuk mengatasi sinyal e.

SIM Card yang mengalami atau memang sudah error dapat menjadi salah satu penyebabnya. Maka dari itulah, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk mengeluarkan kartu SIM tersebut dari iPhone.

Setelah itu, kamu bisa mendiamkannya selama beberapa saat. Sekiranya cukup, kamu bisa kembali memasukkan kartu itu kembali.

Supaya cara kamu semakin maksimal, tidak ada salahnya setelah mengeluarkan kartu, kamu langsung restart iPhone tersebut. Meskipun cara mengatasi sinyal e di iPhone ini sangat sepele, tetapi terbukti membantu.

2. Mengatur Ulang Jaringan Melalui Menu Pengaturan

Cara selanjutnya yakni dengan mengatur ulang jaringan melalui menu Pengaturan. Namun, ketika kamu menggunakan cara ini, maka pengaturan sebelumnya akan hilang.

Meskipun begitu, cara ini juga bisa membantu kamu mengembalikan sinyal e. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pertama, silahkan kamu pergi ke menu “Pengaturan” atau “Setting”.
  2. Setelah itu, pilihlah menu selanjutnya yakni menu “Umum”.
  3. Kemudian, klik “Atur Ulang Pengaturan Jaringan”.
  4. Selesai.

3. Menggunakan Kartu SIM yang Lain

Menggunakan kartu SIM yang lain ini juga bisa menjadi cara mengatasi sinyal e di iPhone berikutnya. Namun, cara ini hanya berlaku bagi kamu yang memiliki dua kartu SIM atau lebih.

Kamu juga bisa meminjam kartu dari keluarga atau teman. Seperti cara sebelumnya, setelah kamu sudah mengganti kartu, jangan lupa untuk restart iPhone.

Hal ini bertujuan untuk memaksimalkannya. Jika penyebab sinyal e ini karena kartu SIM-nya, maka cara ini bisa berhasil.

iPhone kamu pun sudah bisa menerima sinyal kembali.

4. Restore iPhone

Restore iPhone ini bisa menjadi cara mengatasi sinyal di iPhone terakhir yang kamu lakukan. Dengan catatan, semua cara sebelumnya sudah kamu coba terlebih dahulu.

Restore atau mengembalikan ke pengaturan pabrik memberikan dampak bagi iPhone kamu. Salah satunya, kamu akan kehilangan semua data maupun pengaturan yang sudah tersimpan sebelumnya.

Sebelum kamu restore iPhone ada baiknya melakukan cara ini  terlebih dahulu. Langkah-langkahnya seperti berikut.

  1. Pilih “Settings”.
  2. Setelah itu, pilih “General”.
  3. Kemudian, pilih “Network”.
  4. Terakhir, silahkan kamu pilih “Mobile Data Network”.

Jika cara ini sudah berhasil kamu tidak perlu restore, tetapi bila ingin tetap melakukannya bisa ikuti langkah-langkah ini.

  1. Pilih menu “Settings”.
  2. Kemudian pilih “General”.
  3. Selanjutnya, silahkan pilih “Reset”.
  4. Terakhir, pilihlah “Reset Network Settings”.

Demikianlah cara mengatasi sinyal e di iPhone yang bisa kamu terapkan. Demi penggunaan yang maksimal setiap harinya, ada baiknya jika kamu senantiasa menggunakan jaringan iPhone sebijak mungkin.