Perbedaan Internet dan Intranet yang Perlu Anda Ketahui

0
219
Perbedaan Internet dan Intranet yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi Perbedaan internet dan intranet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Perbedaan internet dan intranet bagi sebagian orang pasti ada yang belum mengetahui. Meskipun sama-sama untuk mengakses informasi, ternyata keduanya memiliki perbedaan. Disamping itu, juga memiliki fungsi yang serupa, namun dibilang sedikit berbeda pula.

Adanya sebuah jaringan akan memudahkan para pengguna untuk mengakses sumber informasi lewat dunia maya. Tetapi sebelumnya anda juga harus tahu perbedaan apa saja yang ada di internet dan intranet. Meski sama-sama memiliki kesamaan, namun juga terdapat perbedaan.

Simak Perbedaan Internet dan Intranet yang Mendasar

Internet adalah sebuah jaringan paling luas yang saling terhubung dari komputer satu dengan yang lain sehingga bisa membentuk jaringan yang sangat besar. Bahkan sampai seluruh dunia jaringan ini dapat saling bertukar sebuah informasi satu sama lain dengan sangat mudah dan cepat.

Sedangkan intranet merupakan sebuah jaringan komputer yang bisa terhubung dan hanya terpakai oleh instansi maupun perusahaan dengan berbasis protokol TCP/IP.

Jadi, intinya intranet memiliki batasan dan hanya bisa terpakai oleh pengguna tertentu saja. Fungsinya hanya untuk sebagai media penghubung dari komputer satu dan yang lainnya serta memiliki batas pengguna yang sudah ditentukan.

Baca:  Fungsi Windows Firewall untuk Keamanan Perangkat Komputer Anda

Nah, setelah mengetahui arti dari internet dan intranet, kini anda perlu mengetahui perbedaan keduanya. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut:

Dari Segi Penggunaan

Perbedaan internet dan intranet yang pertama adalah jika internet bisa menghubungkan sebuah jaringan komputer satu dengan yang lain, bahkan sampai di seluruh dunia. Sedangkan intranet hanya bisa menghubungkan beberapa komputer saja dalam suatu jaringan dan memiliki batas penggunaan.

Sehingga keduanya sama-sama saling menghubungkan jaringan. Namun bedanya hanya dari segi penggunanya saja yaitu publik dan pribadi.

Cara Mengakses

Selanjutnya perbedaan untuk cara mengaksesnya yaitu internet dapat mudah terakses siapapun dengan jumlah banyak orang. Sedangkan intranet ini hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu atau suatu organisasi di sebuah perusahaan saja. Terlebih jika akan menggunakan intranet harus login terlebih dahulu.

Aksesibilitas

Perbedaan internet dan intranet lainnya adalah mengenai cara untuk mengaksesnya. Pada internet dapat dengan mudah untuk mengaksesnya dan siapapun bisa menggunakan tanpa ada aturan.

Baca:  Manfaat Jaringan Internet dengan Segala Keuntungan yang Didapat

Sedangkan intranet hanya bisa diakses oleh sebuah anggota tertentu. Misalnya di perusahaan dan memiliki password. Jadi, tidak semua orang bisa mengaksesnya.

Keamanan

Selanjutnya perbedaan internet dan intranet yaitu soal keamanan pada sebuah jaringan. Pada internet terbilang tidak aman karena akan dengan mudahnya terakses orang lain.

Namun pada intranet justru akan lebih aman, karena biasanya memiliki sandi atau password untuk bisa mengaksesnya. Meskipun begitu, keduanya tetap sama-sama bisa anda gunakan.

Tipe Konten

Di internet akan ada banyak konten yang memiliki macam-macam tipe. Sehingga konten tersebut bisa dengan mudah untuk diakses oleh orang banyak.

Namun pada intranet hanya memiliki jenis konten yang khusus dan terpakai oleh kepentingan anggota organisasi saja. Jadi, konten pada intranet tidak untuk orang lain

Lalu Lintas Pengguna

Perbedaan internet dan intranet selanjutnya adalah mengenai lalu lintas penggunanya. Pada internet jauh lebih banyak jumlah pengguna karena merupakan sebuah jaringan yang sangat luas, bahkan sampai seluruh dunia. Sehingga lalu lintasnya lebih tinggi dan banyak.

Baca:  Sinyal 4G Tapi Lemot, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Namun pada intranet hanya memiliki lalu lintas yang sedikit. Hal ini karena jumlah pengguna hanya minim sekali. Selain itu, juga hanya terpakai oleh organisasi tertentu yang bersifat pribadi.

Sumber Informasi

Selanjutnya, pada internet banyak sekali berbagai sumber informasi yang bisa anda temukan dengan sangat mudah dan cepat. Tanpa harus login untuk masuk pun sudah bisa anda akses dengan mudah. Sehingga informasinya lebih luas dan banyak.

Sedangkan dalam intranet hanya memiliki informasi yang terbatas saja. Biasanya hanya digunakan oleh suatu perusahaan tertentu dan untuk menyelesaikan tugasnya. Sehingga informasi yang ada tidak terlalu banyak karena memiliki batasan.

Nah, itulah beberapa perbedaan internet dan intranet yang perlu anda ketahui. Selain itu, keduanya juga memiliki kesamaan yang serupa. Keduanya sama-sama menggunakan jaringan komputer supaya bisa terhubung satu sama lainnya sehingga dapat dengan mudah untuk mencari informasi dan bertukar data.