Sejarah Perkembangan Internet dari Awal Hingga Saat ini

0
344
Sejarah Perkembangan Internet dari Awal Hingga Saat ini
Ilustrasi sejarah perkembangan internet. Foto: emerging-europe.com

Texno.ID – Sejarah perkembangan internet awalnya hanya bermanfaat untuk kebutuhan divisi pertahanan Amerika Serikat yaitu untuk DOD (United State Departement of Defense).

DOD pada akhir tahun 1960-an ingin memiliki sebuah jaringan dengan teknologi yang mampu untuk menghubungkan komputer yang ada dengan pihak luar.

Pihak yang bekerja sama dengan mereka seperti organisasi dan kontraktor militer. Hal ini karena kebutuhan keamanan negara harus memiliki jaringan yang cepat, kuat, aman, dan tentunya tidak akan rusak meski terkena bencana seperti peperangan pada waktu itu.

Mengulik Sejarah Perkembangan Internet

Sebuah jaringan internet saat ini telah menjadi bagian yang paling penting dalam kehidupan manusia dan tidak bisa terpisahkan. Bahkan saat ini penggunaannya sudah semakin meluas untuk semua kalangan, mulai dari anak kecil sampai dengan orang dewasa. Dapat terpakai sebagai para pebisnis, pelajar, dosen, dan masih banyak lagi.

Keberadaan internet ini tentu akan memudahkan bagi mereka yang melakukan kegiatan di dunia sosial. Selain itu, adanya internet tidak hanya akan menambah wawasan saja, namun juga menjadi peranan yang penting dalam pergaulan masyarakat. Terutama untuk melakukan sebuah komunikasi.

Selain itu, ternyata internet juga memiliki perkembangan sejarah tersendiri. Yang dulunya hanya bermanfaat untuk hal-hal tertentu saja, namun kini manfaat dari internet sangat banyak. Inilah beberapa asal mula sebuah internet dari zaman dahulu sampai sekarang ini, yakni sebagai berikut.

Awal Mula Muncul pada Tahun 1958

Sejarah perkembangan internet awalnya muncul pada tahun 1958. Advance Research Project Agency (ARPA) sebuah julukan dari proyek dengan teknologi tinggi oleh departemen pertahanan di Amerika Serikat.

ARPA merupakan sebuah jaringan komputer dengan tujuan untuk meningkatkan teknologi dan ilmu pengetahuan negara. Sasaran yang utama guna meningkatkan ilmu di bidang teknologi komputer.

Mulai Muncul Prinsip Transfer Data pada Tahun 1961

Tahun 1960-an dalam sejarah perkembangan internet, muncullah sebuah teori yaitu paket switching yang bisa terimplementasikan pada dunia nyata.

Pada pertengahan tahun tersebut, ARPA mulai berkembang dan menjadi ARPANET dengan tujuan mempromosikan Cooperative Networking Of Time Sharing Computers.

Kemudian para ilmuwan seperti Harry Nyquist, Claude Shannon, dan Ralph Hartley mengembangkan teknologi informasi dan transmisi data yang menjadi dasar dari banyak teori pada bidang tersebut. Selanjutnya ilmuwan bernama Paul Barang pada tahun 1960 menerbitkan sistem telekomunikasi untuk Amerika Serikat.

Sistem tersebut bertujuan untuk pertahanan apabila terjadi perang nuklir. Kemudian sistem ini memiliki informasi yang terbagi-bagi menjadi informasi yang lebih kecil dengan sebutan blok pesan (Message Lock).

Saling Terhubung Tahun 1965

Sejarah perkembangan internet oleh ilmuwan Thimas Merrill dan Lawrence G Roberts, menghubungkan dua buah komputer dari jarak jauh.

Kedua komputer tersebut terhubung dengan garis telepon 1200 Bpsdan. Meskipun dua buah komputer yang terpisah dari jarak jauh, namun mereka tetap bisa terhubung dan saling bertukar file.

Kemudian pada tahun 1971 ada temuan sebuah surat elektronik dan terpakai pertama kali oleh Ray Tomlinson, yaitu seorang programer komputer. Ia telah menggunakan email untuk mengirimkan pesan dari komputer satu ke komputer yang lain.

Selanjutnya tahun 1974-1976, muncullah istilah internetworking dan jaringan LAN. Internet telah dipopulerkan oleh Bob Kahn dan Vint Cerft yang kerap dijuluki sebagai Bapak Internet Dunia. Dengan hasil karya yang ditulis pada jurnal bertema Transmission Control Protocol.

Kemudian jaringan LAN muncul pada tahun 1976 dan terpakai oleh Ratu Elizabeth II. Ratu tersebut mengirimkan sebuah email dari Royal Signals Plus Radar di Inggris.

Tahun 1991-1994

Sejarah perkembangan internet pada tahun 1991, muncullah istilah World Wide Web atau sering disebut WWW dan peluncurannya oleh CERN.

Kemudian pada tahun 1993, penyiaran broadcast radio dengan jumlah website sekitar 600 buah. Browser pertama kali dibuat dan bisa diunduh dengan nama Mosaic. Pada tahun 1994 muncul craigslist, amazon.com, dan eBay.

Tahun 2000-an

Tahun ini adalah awal dari penggunaan jejaring sosial dengan adanya Thefacebook.com oleh Mark Zuckerberg. Kemudian tahun 2011 Facebook dan Twitter mulai berkembang dan berlanjut ke aplikasi Instagram muncul tahun 2015 untuk berbagi foto dan video.

Selanjutnya pada tahun 2016 muncul Google Assistant dengan program asisten pribadi yang bisa aktif melalui suara. Selanjutnya Google bergabung dengan Alexa milik Amazon.

Hingga pada akhirnya sejarah perkembangan internet kini sudah mulai maju dan pengguna internet akan lebih mudah untuk mengaksesnya.