Cara Menonaktifkan Instagram Sementara dan Secara Permanen

0
205
Cara Menonaktifkan Ins
Ilustrasi cara menonaktifkan instagram sementara. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menonaktifkan Instagram sementara, hal tersebut tidak sulit, hanya dengan membutuhkan beberapa langkah saja. Namun, memiliki efek yang harus anda ketahui sebelum untuk memutuskan melakukan nonaktifkan tersebut.

Alasan mengapa akun Instagram dinonaktifkan untuk sementara waktu? Salah satu jawabannya karena social media detox. Bukan hanya itu saja, terdapat juga alasan yang sering anda jumpai yakni ingin kenyamanan privasi yang lebih.

Tentunya sudah pasti, Instagram menjadi salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna oleh masyarakat luas. Instagram juga tidak mempunyai batasan penggunaan. Oleh karena itu, membuat siapa saja dapat menggunakan aplikasi tersebut.

Social media detox merupakan salah satu cara untuk mengurangi penggunaan atau bahkan bisa menghentikan sama sekali aktivitas di media sosial. Untuk pengguna yang menginginkan menjalani hidup tanpa menggunakan Instagram sementara, dapat melakukannya.

Tutorial Cara Menonaktifkan Instagram Sementara Waktu

Pertama, masukkan ke aplikasi Instagram dari ponsel ataupun komputer. Tidak bisa menonaktifkan untuk sementara akun yang berada pada aplikasi IG.

Baca:  Sinyal 4G Tapi Lemot, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selanjutnya anda dapat mengetuk atau mengeklik foto profil pada bagian kanan atas, lalu anda bisa memilih Edit Profil. Pindahkan kursor pada bagian bawah serta temukan Nonaktifkan Sementara Akun Saya.

Cara menonaktifkan Instagram sementara selanjutnya, anda bisa memilih menu pilihan yang berada pada samping tulisan Mengapa Anda Menonaktifkan Akun?

Lalu masukkan kembali kata sandi anda. Opsi tersebut hanya akan muncul jika setelah anda memilih alasan dari menu tersebut serta memasukkan kata sandi kembali.

Apabila semua langkah diatas telah anda lakukan, ketuk atau klik tulisan Nonaktifkan Akun Sementara. Jika anda hanya ingin memperkecil ruang lingkup orang-orang yang dapat melihat publikasi ataupun berinteraksi dengan anda, terdapat cara yang bisa anda lakukan, yaitu:

  1. Untuk langkah pertama, buka profil. Kemudian ketik simbol tidak garis vertikal.
  2. Selanjutnya ketuk Pengaturan.
  3. Di halaman tersebut akan terdapat beberapa pilihan, sehingga anda dapat memilih privasi.
  4. Setelah itu, pilih privasi. Berikutnya pilih privasi akun.
  5. Lalu ketuklah pada bagian samping serta pilihlah akun pribadi untuk jadikan akun anda secara pribadi.
Baca:  Internet Positif Android, Cara Mengatasinya Menggunakan Aplikasi

Untuk catatan meski telah mengatur publikasinya, hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu. Akan tetapi, kemungkinan publik masih dapat melihat jejaring sosial yang lain. Hal ini jika anda membagikannya oleh orang-orang yang sudah anda pilih tadi.

Simak Cara Menonaktifkan Akun Instagram Melalui Aplikasi

Selain cara menonaktifkan IG sementara, ada juga menonaktifkan akun IG secara permanen yang bisa anda lakukan melalui ponsel.

Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkan Instagram lewat aplikasi atau juga smartphone:

  1. Langkah pertama, membuka aplikasi Instagram yang ada pada ponsel anda.
  2. Setelah itu, masuk ke profil Instagram milik anda.
  3. Pilihlah ikon garis tiga yang ada pada pojok kanan atas.
  4. Kemudian masuk ke menu Settings yang terdapat pada bagian paling bawah.
  5. Lalu lanjut dengan memilih pilihan Help Centre.
  6. Selanjutnya, anda bisa direct atau akan diarahkan pada situs help.instagram.com.
  7. Pilihlah menu mengelola akun anda.
  8. Lanjut dengan anda pilih menu hapus akun anda.
  9. Tahap selanjutnya, anda bisa memilih bagaimana cara menghapus akun saya?. Kemudian dari pilihan tersebut, pilihlah nomor satu serta klik halaman menghapus akun anda.
  10. Hanya memilih satu alasan mengapa anda ingin menonaktifkan Instagram.
  11. Langkah terakhir, anda bisa memasukkan password atau juga kata sandi akun Instagram anda.
  12. Kemudian anda klik Permanently Delete My Account.
Baca:  Cara Membersihkan Casing HP Kotor, Terkena Debu, Serta Menguning

Jika akun Instagram anda sudah nonaktif untuk sementara waktu, maka anda bisa kembali untuk mengaktifkannya dengan cara yang mudah pula.

Cara mengaktifkan akun IG sama dengan cara menonaktifkan IG sementara. Dengan melakukan login pada akun Instagram seperti biasa.

Bila anda sudah masuk aplikasi, maka dengan otomatis akun Instagram akan kembali dan juga bisa terpakai seperti semula. Jadi, anda tidak perlu merasa khawatir apabila mencoba cara menonaktifkan IG sementara waktu.

Tetapi, untuk menonaktifkan akun Instagram ini tidak dapat anda lakukan secara bertahap alias berulang dalam waktu yang dekat. Anda mempunyai batas waktu seminggu dari masa pengaktifan akun jika ingin kembali mengaktifkan akun.