Topologi Jaringan Komputer, Berikut Ini Pengertian dan Jenis-Jenisnya

0
42
Topologi Jaringan Komputer, Berikut Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya
Ilustrasi Topologi jaringan komputer. Foto: itpro.co.uk

Texno.ID – Topologi jaringan komputer merupakan sebuah cara, konsep atau metode yang berguna dalam menghubungkan antara dua komputer atau lebih tanpa menggunakan kabel. Sedangkan untuk jenisnya sendiri, topologi tersebut ada bervariasi dan tentunya berbeda.

Dalam pemilihan topologi biasanya juga tergantung dari kebutuhan para pengguna tersebut. Namun biasanya pemilihannya juga berdasarkan pada skala jaringan, tujuan maupun pengguna. Dari setiap jenis topologi jaringan juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Topologi Jaringan Komputer, Kenali Macam-Macamnya Berikut Ini

Jaringan komputer merupakan dua komputer atau lebih yang saling terhubung antara satu dengan yang lain untuk membagikan data. Jaringan tersebut juga akan berkombinasi dengan menggunakan software dan hardware.

Untuk membuatnya, maka router dan switch juga akan menggunakan beberapa protokol maupun algoritma guna saling bertukar informasi untuk membawa data. Jaringan juga memiliki tanda pengenal yang unik untuk menunjukkan sumber transmisi atau tujuannya.

Lalu, mungkin jaringan komputer akan menggunakan antara gabungan teknologi wireless dan kabel. Dari kedua tersebut tentunya juga sangat berbeda.

Untuk jalur wireless anda harus menggunakan koneksi data dengan wireless. Sedangkan jika dengan kabel anda harus menggunakan optical fiber maupun kabel tembaga.

Topologi Star

Topologi jaringan komputer pertama adalah Topologi Star berbentuk bintang dan merupakan sebuah jaringan untuk menghubungkan komputer dengan node jaringan pusat. Sehingga setiap masing-masing perangkat akan mempunyai koneksi dengan node maupun perangkat yang terletak di tengah sistem jaringan.

Biasanya topologi ini akan menggunakan switch atau hub untuk koneksinya. Hub pada topologi ini akan berguna sebagai pusat atau inti dari jaringan agar bisa berkomunikasi langsung dengan hub.

Topologi Star juga cukup mudah karena jaringannya hanya dalam satu arah saja jadi tidak akan mengganggu jenis jaringan yang lain. Biasanya jenis kabel untuk topologi ini adalah jenis UTP.

Topologi BUS

Topologi jaringan komputer yang kedua adalah Topologi BUS yang berguna untuk saling menghubungkan antara komputer satu dengan yang lain. Dalam BUS setiap masing-masing komputer juga akan terhubung dengan kabel panjang dan diakhiri menggunakan satu terminator.

Topologi Ring

Ini merupakan topologi yang akan menghubungkan komputer agar menjadi rangkaian bentuk yang melingkar seperti cincin. Biasanya untuk mereka yang membutuhkan bandwidth seperti audio maupun video.

Topologi Ring pada semua titik berfungsi untuk repeater guna memperkuat sinyal di sepanjang sirkulasi. Maksudnya adalah setiap perangkat jaringan akan bekerjasama dalam menerima sinyal.

Kemudian akan meneruskannya ke perangkat selanjutnya sampai mencapai tujuannya. Biasanya transfer sinyal maupun data seperti ini akan menggunakan bantuan Token.

Topologi Hybrid

Topologi jaringan komputer selanjutya adalah Hybrid, merupakan topologi untuk menggabungkan dengan topologi yang lain dalam satu komputer. Juga merupakan sebuah jaringan topologi yang sangat fleksibel dan praktis.

Artinya mampu menyesuaikan dengan segala kesiapan dan kebutuhan infrastruktur di suatu titik. Tentunya juga akan menggunakan perencanaan yang lebih kompleks lagi.

Topologi Point-to Point

Ini merupakan salah satu jenis topologi sederhana yang berguna untuk ,menghubungkan antara dua node secara langsung. Caranya dengan menggunakan penghubung yang serupa atau sama.

Kemudian, dari keseluruhan bandwidth akan berguna untuk melakukan transmisi di antara kedua node. Koneksinya juga akan menggunakan kabel atau kawat agar bisa terhubung pada bagian ujung ke seluruh masing-masing perangkat.

Karena topologi jaringan komputer yang satu ini hanya bisa menghubungkan dua perangkat saja, jadi alokasi bandwidth lebih maksimal karena tidak akan terbagi sampai ke jenis perangkat yang lain.