Tutorial Membuat Google Form di Hp Sekaligus Melihat Hasilnya

247
Tutorial Membuat Google Form di Hp Sekaligus Melihat Hasilnya
Ilustrasi Tutorial Membuat Google Form di Hp. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Tutorial membuat Google Form di hp akan sangat berguna untuk Anda. Google Form adalah fitur formulir yang Google keluarkan.

Biasanya Google Form digunakan untuk membantu mengumpulkan data survey, seperti kuesioner voting dan lainnya. Karena itulah, penggunaan Google Form akan sangat bermanfaat.

Anda bisa membuat Google Form tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga lainnya. Berikut cara mudahnya.

Begini Tutorial Membuat Google Form di Hp 

Tujuan utama dari Google Form adalah untuk melakukan survey. Software Google satu ini termasuk ke dalam bagian Google Docs Editor.

Anda dapat mengakses software Google ini dengan sangat mudah karena memang berbasis web. Anda dapat membuat sebuah survei dengan sangat mudah, yaitu sebagai berikut.

  • Buka internet browser pada perangkat Anda. Karena ini merupakan software Google, maka disarankan untuk menggunakan Google Chrome.
  • Pergi ke alamat web forms.google.com. Anda juga bisa mengaksesnya melalui Google Drive.
  • Setelah terbuka, Anda akan melihat banyak template formulir yang tersedia. Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera, mulai dari Blank, Event Feedback, Job Application, Time Off Request dan Order Form.
  • Setelah memilih template yang sesuai, beri judul Google Form Anda dengan cara klik Untitled Form.
  • Setelah itu Anda bisa mengisi deskripsi singkat dalam kolom Form Description agar responden dapat memahami dengan jelas tujuan formulir tersebut.
  • Buatlah pertanyaan. Terdapat beberapa format, yaitu Multiple Choice Paragraf Deskripsi, Checkboxes dan Dropdown.
  • Jika ingin menambahkan file, Anda bisa menggunakan fitur yang ada pada bagian kanan google Form.
  • Setelah selesai menyusun pertanyaan, Anda bisa klik tombol kirim pada sudut kanan atas dan bagikan link Google Form kepada responden.

Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengikuti tutorial membuat Google Form di hp adalah akun email. Pastikan Anda menggunakan akun email yang aktif.

Cara Melihat Hasil Survey Google Form

Tujuan membuat Google Form adalah untuk mendapatkan jawaban dari berbagai responden. Tentunya untuk itu Anda membutuhkan hasil dari Google Form yang Anda buat.

Setelah mengetahui tutorial membuat Google Form di hp, saatnya Anda mengetahui cara melihat hasil survei. Anda dapat melihatnya melalui browser pada ponsel.

  • Masuk ke dalam Google dan ketik keyword “Google Form” atau dapat langsung menyalin tautan docs.google.com/forms.
  • Setelah berhasil terbuka, akan terlihat beberapa form yang kamu sudah buat.
  • Pilih yang ingin kamu lihat hasilnya.
  • Perhatikan menu “responses” yang tersedia untuk melihat berapa orang yang sudah mengisi di formulir Anda di menu summary/individual.
  • Klik menu “export” untuk melihat hasil survey dalam bentuk spreadsheet.

Anda juga dapat mencetak hasil dari survei dengan klik ikon titik 3 pada halaman responses. Selanjutnya pilih opsi “print all responses”.

Nantinya akan muncul preview dari dokumen yang akan dicetak. Anda dapat memeriksanya, apabila sudah sesuai maka klik “save”. File tersebut akan secara otomatis tersimpan ke dalam memori internal Anda dalam bentuk PDF.

Hasil yang Anda dapatkan tersebut dapat digunakan sebagai evaluasi, sumber data penelitian dan sebagainya.

Dalam dunia digital saat ini memang Google Form menjadi salah satu fitur yang sangat berguna. Beberapa alasan kenapa fitur Form pada Google sangat berguna adalah karena menghemat waktu, mudah digunakan dan menghemat biaya karena gratis.

Tutorial membuat Google Form di hp dapat Anda manfaatkan dalam berbagai kebutuhan. Mulai dari kuesioner bisnis, pendidikan, atau hanya sekedar untuk mengisi waktu luang.