Cara Memutar Layar HP Android Agar Tak Membosankan

310
Cara Memutar Layar HP
Cara Memutar Layar HP Android. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Cara memutar layar HP bisa Anda lakukan secara mudah. Dengan memutar layar HP, maka Anda bisa melihat tampilannya sesuai kebutuhan. Misalnya saja agar lebih mudah dalam menonton video, bermain game, dan lain sebagainya.

Panduan Cara Memutar Layar HP

Untuk memutar layar HP, Anda bisa memanfaatkan Quick Settings. Mengenai bagaimana caranya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah menyeret ke bawah dari atas layar.
  2. Nantinya Anda bisa menemukan menu Quick Settings di smartphone Android.
  3. Setelah menemukannya, Anda bisa tap Auto-Rotate.
  4. Apabila Anda tidak menemukan menu tersebut, biasanya juga muncul jadi Lock Orientation.

Cara Memutar Layar Secara Otomatis

Saat ingin memutar layar HP, Anda juga bisa melakukannya secara otomatis dengan cara mengaktifkan setelan Aksesibilitas. Dengan demikian, saat Anda mengubah posisi smartphone dalam potret ataupun landscape, maka layarnya juga bisa berputar secara otomatis.

Mengenai bagaimana cara melakukannya juga tak kalah mudah dari tutorial sebelumnya. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama, Anda bisa membuka menu Setelan yang ada di smartphone.
  2. Kemudian Anda bisa memilih Aksesibilitas.
  3. Saat sudah menemukan menu tersebut, Anda tinggal klik Putar Layar Otomatis.

Sebagai tips untuk Anda yang mengikuti cara di atas, pertimbangkan apakah menggunakan TalkBack atau tidak. Jika Anda menggunakannya, lebih baik nonaktifkan pengaturan putar layar otomatis tersebut.

Bukan tanpa alasan, hal ini bertujuan untuk melancarkan pengoperasian ponsel. Apabila Anda menggunakan TalkBack, pengaktifan putar layar otomatis hanya akan mengganggu respon lisan.

Cara Mengatasi Rotasi Layar Tak Berfungsi

Setelah Anda mempraktikkan cara memutar layar di atas, namun rotasi HP tak berfungsi sama sekali, jangan berkecil hati. Anda bisa atasi dengan memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

Restart HP

Salah satu cara untuk mengatasinya ialah restart HP. Sudah bukan rahasia lagi apabila restart HP mampu mengatasi berbagai masalah, tak terkecuali saat layar tidak bisa berputar.

Untuk restart HP pun bisa Anda lakukan secara mudah. Anda hanya perlu menekan tombol Power selama beberapa detik.

Ketika sudah muncul beberapa menu, Anda bisa klik Restart atau Mulai Ulang. Ponsel Anda pun akan mati dan aktif kembali selang beberapa waktu kemudian.

Perbarui Sistem Operasi

Selain restart HP, Anda juga bisa memperbaharui sistem operasi. Oleh karena itu, Anda harus cek dulu apakah sistem operasi pada ponsel sudah lawas atau belum. Jika memang sudah lama, pastikan update ke versi terbaru agar tidak mengalami masalah.

Kini Anda sudah tahu bagaimana cara memutar layar HP secara mudah. Ketika layar HP tak bisa Anda putar sesuai dengan keinginan, juga bisa mengatasinya melalui trik di atas. Pengoperasian ponsel pun jadi terasa semakin optimal.