World Wide Web, Mengenal Sejarah dan Perkembangannya

0
241
World Wide Web, Mengenal Sejarah dan Perkembangannya
Ilustrasi World Wide Web. Foto: bitcoinist

Texno.ID – World Wide Web (WWW) tercipta dari seorang tokoh dunia internet yang bernama Tim Berners Lee dengan Douglas Engelbart dan Vannevar Bush.

Berners Lee sendiri adalah seorang ilmuwan komputer dari Inggris yang lahir di London. Bahkan orang tuanya juga merupakan seorang ilmuwan komputer yang pernah mengerjakan komputer paling awal.

Awalnya, ia tertarik dengan alat transportasi yang bernama kereta api. Bahkan ia memiliki model kereta api pada kamar tidurnya sewaktu masih kecil. Ia juga membuat sejumlah gawai elektronik supaya bisa mengontrol kereta.

Apa Itu World Wide Web?

Sudah bertahun-tahun lamanya WWW berguna untuk kegiatan keseharian seseorang. Mulai dari mencari informasi, memeriksa cuaca, dan masih banyak lagi. Meskipun istilah WWW lebih identik dengan internet, namun ternyata bukanlah suatu internet.

Sebenarnya saat pertama kalinya internet itu muncul, komputer sendiri melakukan sebuah panggilan satu sama lain. Kata Twila Camp yang menjabat sebagai Direktur Layanan Web Perpustakaan Universitas Oklahoma menjelaskan bahwa jaringan saat ini berada di sekitar kita, sehingga komputer bisa berkomunikasi.

Pengertian Internet

Merupakan salah satu teknologi terbesar dan bukanlah suatu fitur yang langka. Pasalnya, semua orang bisa mengaksesnya untuk mencari segala informasi maupun yang lainnya.

Namun pada tahun 1989, keberadaan internet berguna untuk sebagian orang saja. Bahkan pada waktu itu penggunaannya hanya untuk mengirim email.

Pengertian WWW

WWW sendiri terdiri dari milyaran suatu situs web yang ada di seluruh dunia. Lalu tersebar menggunakan perangkat komputer server yang terhubung dengan internet. Bahkan sering kita jumpai ketika berselancar di dunia maya.

Fungsi dari World Wide Web adalah untuk penyedia informasi dan data yang berguna bagi semua orang. Secara langsung WWW bisa menghubungkan para pengguna ke berbagai macam web server. Sehingga mereka bisa mengakses data, mencari informasi, membuat dokumen, dan lain sebagainya.

Pengertian WWW secara umum merupakan sekumpulan sumber daya internet (seperti telnet, FTP, Usenet). Lalu file audio, teks hyperlink, video, dan situs-situs yang bisa terakses oleh browser berdasarkan IP/TCP.

Awal Mula Terciptanya World Wide Web

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa Tim Berners Lee merupakan seorang ilmuwan komputer. Ia pernah bekerja di CERN (European Organization for Nuclear Research) tahun 1989 di Jenewa Swiss.

Saat pertama kali Berners Lee memberanikan diri untuk mengembangkan sebuah web, hanya menyimpan seluruh berkas pribadinya. Ia membuat sebuah sistem yang bernama ENQUIRE. Ini merupakan model software dan database pengguna personal.

Namun Lee merasa tidak ada yang optimal dengan penggunaan sebuah internet untuk berbagi informasi tersebut. Hingga pada akhirnya, Tim Berners Lee bersama kedua temannya Douglas Engelbart dan Vannevar Bush mulai menciptakan konsep World Wide Web.

Merancang HTTP

Awalnya mereka melakukan perancangan Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Pada bahasa program tersebut akan mengatur bagaimana caranya data didistribusikan ke sejumlah komputer. Kemudian Lee membuat HTML (Hyper Text Markup Language) untuk pondasi laman website.

Hingga pada tahun 1990, Lee membangun alat-alat supaya web bisa bekerja. Seperti HTTP, HTML, dan web browser pertama. Awalnya perangkat lunak HTTP ini memiliki istilah CERN httpd dan web server pertama.

Saat itu Lee menghabiskan tiga dekade terakhir dengan cara memikirkan hal kecil yang lain. Ia juga memahami bagaimana kekuatan web yang secara radikal bisa mengubah masyarakat, pemerintah, dan bisnis. Sehingga ia sudah bisa membayangkan bahwa penemuan World Wide Web bisa saja berada pada tangan yang salah.

Mendesentralisasi Web

Lee memiliki ide yang sederhana, yaitu akan mendesentralisasi ulang sebuah web. Hal ini untuk mendorong banyak individu supaya bisa melakukan kontrol dari data mereka sendiri, bukan dari perusahaan. Meskipun hal ini lebih sulit daripada waktu menciptakan pada tempat yang pertama.

Meskipun Lee banyak memiliki kontribusi yang cukup besar dalam kehidupan teknologi, namun ia tidak menjadikan ciptaannya untuk keuntungan finansial. Hal ini karena salah satu penyebabnya, yaitu ia tak pernah mendaftarkan suatu hak paten dari WWW.

Teknologi dan konsep WWW sampai saat ini bisa berguna dan bermanfaat untuk semua orang. Kehidupan Lee saat ini menjadi seorang pendiri sekaligus direktur organisasi W3C (World Wide Web Consortium) yang cukup sederhana dan normal.