Cara Merekam Suara Google Translate Memakai atau Tanpa Aplikasi

0
391
Cara Merekan Suara Google Translate Memakai atau Tanpa Aplikasi
Ilustrasi cara merekam suara google Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara merekam suara Google dapat anda lakukan secara offline dengan memakai Voice Recorder yang terdapat di Windows 10. Maka dari itu, berikut ini cara praktisnya untuk anda.

Pada cara ini, anda tidak memerlukan setting apapun. Hanya memanfaatkan pada aplikasi web atau Android yang dikembangkan oleh pengembang.

Sebab, aplikasi ini berbasis web dan secara online, bisa dikatakan pula cara membuat suara Google tanpa memakai aplikasi. Bukan hanya itu saja, output audionya sama dengan timing. Namun hanya memakai aplikasi dari pihak ketiga, maka tidak adanya jaminan ini akan secara terus-menerus ada.

Untuk aplikasi yang pertama, aplikasi ini akan berbasis web, sehingga anda hanya memerlukan web browser saja tanpa adanya instalasi apapun.

Maka dari itu, aplikasi ini dapat anda jalankan pada platform apa saja, baik Windows, Android, iOS, Linux, maupun Blackberry. Aplikasi ini diberi nama Sound Of Text yang dikembangkan dari pengembang aplikasi web Nick Pierson.

Inilah Cara Merekam Suara Google Translate Tanpa Aplikasi

Berikut ini cara merekam suara Google tanpa aplikasi. Bisa anda lakukan dengan memakai PC maupun smartphone.

  1. Pada langkah pertama, anda bisa membuka web browser yang terdapat pada perangkat anda.
  2. Setelah itu, anda bisa melanjutkan dengan mengunjungi link sound of text.
  3. Jika sudah berhasil, nantinya akan muncul laman yang bisa memudahkan anda ke tahapan berikutnya.
  4. Apabila laman sudah muncul, anda bisa mengubah bahasa suara sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan anda.

Perlu anda ketahui, jika anda ingin mengetik kata ataupun kalimat yang akan anda ubah ke dalam bentuk audio, jangan lupa anda harus mengikuti karakteristik dari bahasa yang anda gunakan.

Contohnya menggunakan Bahasa Indonesia. Untuk mengetikkan kata “Google”, anda harus menulisnya “gugel”. Sesudah anda selesai dalam menuliskan kalimat, anda bisa melanjutkan dengan klik Submit.

Cara merekam suara Google pada tahapan terakhir yakni proses dari pemindaian secara langsung akan berjalan serta hasilnya bisa anda peroleh.

Anda bisa download dengan klik pada tulisan DOWNLOAD atau memutar audionya terlebih dahulu dengan klik PLAY. Sekarang, audio dalam bentuk mp3 telah tersimpan ke folder default yang ada pada PC atau handphone anda.

Inilah Cara Merekam Google Sound Voice dengan Aplikasi

Nah untuk cara selanjutnya, pastinya tidak kalah praktisnya. Anda bisa menggunakan aplikasi berbasis Android. Tentunya anda memerlukan satu ponsel jika memakai cara ini.

Terdapat beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan pada Android Play Store. Tetapi disini, rekomendasinya dengan aplikasi Voice Translator. Berikut ini cara merekam suara di Google:

  1. Pertama, anda membuka Android Play Store terlebih dahulu melalui smartphone. Lalu anda bisa mencari aplikasi Voice Translator.
  2. Setelah tahapan tersebut sudah anda temukan, anda bisa mengunduhnya pada perangkat pintar anda.
  3. Jika proses mengunduh sudah selesai, bisa anda melanjutkan tahapan cara merekam suara Google dengan membuka aplikasi tersebut.
  4. Anda bisa mengizinkan bila ada permintaan akses ke ponsel pintar anda.
  5. Selanjutnya, anda bisa memilih bahasa apa yang akan anda gunakan.
  6. Sama seperti tahapan yang atas, anda bisa mengetikkan kalimat apa yang akan anda ubah menjadi file audio. Jika sudah selesai anda mengetiknya, anda bisa mengakhiri dengan tap tanda > yang berada dalam lingkaran (paling kanan).
  7. Apabila hasilnya sudah anda peroleh, anda bisa mengirim maupun menyimpannya melalui WA, email, atau ke PC anda. Bisa anda lakukan dengan memakai koneksi Bluetooth. Caranya dengan mengklik tombol Bagikan atau Share.
  8. Lalu, pilih Share Voice.
  9. Tahapan yang terakhir, anda bisa mengakhirinya dengan memilih metode pengiriman.

Terlihat mudah kan? Nah, itu tadi cara merekam suara Google. Anda bisa membuat suara dalam bentuk mp3 dari teks, lalu anda tuliskan pada Google Translate. Sangat cepat dan pastinya praktis. Anda tentu akan terbantu karenanya.

Saat ini konten kreator sering memakai metode ini untuk materi dari konten mereka. Anda bisa mempraktikkan cara merekam suara Google tersebut dengan PC atau smartphone yang anda miliki. Jangan ragu untuk mencoba dan buktikan sendiri kepraktisannya.