Cara Kerja Internet yang Lebih Singkat dan Kompleks untuk Diketahui

0
201
Cara Kerja Internet yang Lebih Singkat dan Kompleks untuk diketahui
Ilustrasi Cara kerja internet. Foto: ft

Texno.ID – Cara kerja internet yang paling umum adalah harus selalu terkoneksi dengan jaringan. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk digunakan.

Internet merupakan jaringan perangkat yang saling terhubung dengan perangkat yang lain. Dengan menggunakan IP/TCP untuk protokol pertukaran paket agar bisa melayani seluruh pengguna.

Memahami Cara Kerja Internet dan Sistemnya

Perlu anda ketahui bahwa internet diberikan oleh ISP (Internet Service Protocol). ISP adalah perusahaan yang menyediakan layanan dan bertugas memberikan koneksi internet. Mereka bertugas sebagai penyedia layanan, mulai dari hosting, pendaftaran domain, hubungan internet, dan masih banyak lagi.

Perusahaan yang bergerak sebagai ISP seperti Indosat, Telkomsel, Speedy, CBN, dan lain-lain. Jaringan ISP dapat terhubung dengan kabel fiber.

Cara Kerja

Cara kerja secara singkat adalah ISP nanti akan memberi alamat ke perangkat seperti komputer dan laptop. Selanjutnya ISP melakukan konfigurasi alamat tersebut supaya dapat tersambung dengan server ISP.

Dari router tersebut, maka para pengguna dapat melakukan konfigurasi sesuai kebutuhannya. Seperti pembatasan kecepatan, pembatasan sinyal, daftar blokir, dan masih banyak lagi.

Secara Kompleks

Dengan mengetahui cara kerja internet secara kompleks bahwa komputer memiliki IP Address. Selanjutnya mereka akan melakukan pengaturan di router supaya perangkat dapat terkoneksi.

Kemudian menggunakan www.google.com karena sudah memiliki DNS. Domain Name System (DNS) dapat memungkinkan pengguna untuk mengakses jenis-jenis domain yang sudah tersedia.

Menerima Permintaan Sinyal

Selanjutnya server ISP akan menerima permintaan sinyal dari browser. Sehingga para pengguna dapat membuka halaman tersebut untuk segala kebutuhannya.

Ketika server tidak mampu menampung seluruh permintaan dan informasi yang tersedia, maka sinyal akan langsung dialihkan menuju server lain, yaitu dinamakan host server.

Setiap situs-situs terkenal pasti juga akan memiliki yang namanya host server. Selain itu, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Maka internet tidak hanya terkoneksi dengan kabel saja, melainkan melalui gelombang radio (WiFi).

Pengertian WiFi

WiFi (Wireless Fidedelity) merupakan teknologi yang menggunakan sebuah gelombang radio dengan rentang 2,4 GHz hingga 5 GHz. Kemudian bisa menghubungkan ke beberapa perangkat seperti komputer, laptop, maupun smartphone supaya bisa mengakses internet.

Supaya bisa mendapatkan akses internet, maka perangkat harus berada di satu titik akses. Sehingga dapat terhubung dengan menggunakan WiFi.

Biasanya jaringan WiFi sendiri bisa menjangkau area hingga 20 meter. Entah di dalam maupun di luar ruangan. Cara kerja internet menggunakan WiFi awalnya hanya menggunakan LAN.

Kebutuhan Pokok

Semakin berkembangnya teknologi yang kian canggih seperti sekarang ini, maka WiFi adalah satu-satunya kebutuhan yang harus selalu ada. Karena berbagi data akan lebih mudah dan cepat melalui gelombang radio tersebut.

Agar data tersebut dapat terus terbaca, maka harus ada Wireless Adaptor yang terhubung ke WiFi. Karena gelombang radio yang terwujud akan dikirim ke router dan berfungsi memecahkan kode.

Setelah semuanya terbaca, kemudian data akan dikirim menuju jaringan internet. Pasalnya, koneksi dari WiFi akan bekerja dengan dua arah.

Sehingga setiap data yang sudah diterima, maka akan menjadi kode di setiap paket. Selanjutnya dikirim lagi ke dalam bentuk sinyal radio dari adaptor.

Data Bisa Mengambil Banyak Jalan

Jenis jaringan ini lebih kompleks dan menarik daripada apa yang sudah terlihat. Cara kerja internet dengan jaringan yang terhubung bersama. Karena jaringan bisa terhubung ke jaringan yang lain.

Ada beberapa koneksi yang tersebar ke seluruh dunia. Hal tersebut artinya bahwa paket bisa mengambil jalur lebih banyak untuk menuju ke tempat lain. Dengan kata lain, kemungkinan koneksi anda dengan situs web sedang turun.

Banyak Cara

Cara kerja internet dengan membuat jaringan supaya bisa saling terhubung tidaklah mudah. Jaringan yang bisa terhubung terdapat banyak cara yang berbeda. Kemudian bekerja supaya bisa menemukan jalur yang lebih optimal agar mengambil data.

Anda bisa melihat jalur ke alamat tujuan. Caranya dengan menggunakan perintah Traceroute. Karena akan memberitahu router yang dikirimkan paket supaya bisa melaporkan kembali.

Itulah beberapa cara kerja internet secara singkat maupun yang lebih kompleks lagi. Dengan begitu, maka wawasan anda akan semakin luas dan mengerti.