Cara Membuat Kliping di HP dengan Aplikasi WPS Office

308
Cara Membuat Kliping di HP dengan Aplikasi WPS Office
Ilustrasi Cara Membuat Kliping di HP. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara membuat kliping di HP ternyata bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Membuat kliping, pada dasarnya merupakan tugas yang umum dilakukan, terutama bagi anak-anak sekolah. Kliping sendiri merupakan suatu bentuk kumpulan informasi dengan tema tertentu dan dari berbagai sumber.

Misalnya saja bersumber dari surat kabar, majalah, tabloid, maupun sumber lainnya. awalnya, membuat kliping dilakukan secara manuall, yakni dengan menggunting informasi sesuai tema.

Setelah itu, kamu susu guntingan atau potongan artikel/berita tersebut pada kertas HVS dengan cara mengelemnya. Namun, seiring dengan berkembangnya informasi, kini membuat kliping menjadi lebih mudah dan cepat. Kamu hanya perlu memanfaatkan aplikasi yang terdapat pada HP.

Cara Membuat Kliping di HP dengan Mudah

Kliping yang kamu buat melalui HP ini bisa disebut sebagai kliping digital. Meskipun begitu, caranya tidak berbeda jauh dengan kliping manual.

Sebelum kamu mengerjakannya, pertama kamu harus menentukan tema terlebih dahulu. Setelah itu, barulah mencari dan mengumpulkan berbagai informasi dari banyak sumber.

Perbedaan yang paling mendasar antara kliping digital dan manual adalah penggabungan potongan informasi atau berita ke dalam satu file. Kamu bisa menggunakan sebuah aplikasi bernama, WPS Office.

WPS Office

Cara membuat kliping di HP secara digital ini adalah dengan menggunakan aplikasi WPS Office. WPS Office merupakan aplikasi yang memiliki fungsi tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word.

Pada dasarnya, setiap HP baik itu Android maupun iPhone memiliki aplikasi tersebut. Bahkan, dalam beberapa merek HP, WPS Office menjadi salah satu aplikasi bawaan.

Namun, jika kamu belum memiliki aplikasi ini, bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui Google Playstore. Supaya proses pengunduhan dan install aplikasi ini berjalan lancar, kamu perlu menyiapkan ruang atau memori memadai.

Untuk mengunduh dan install aplikasi ini, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Pertama, silakan kamu buka Google Playstore terlebih dahulu (khusus untuk HP Android). Jika kamu menggunakan iPhone, bisa mengunduhnya melalui App Store.
  • Setelah kamu sudah berhasil membuka PlayStore, ketikkan nama aplikasi atau kata kunci “WPS Office” pada kotak atau kolom pencarian.
  • Kemudian, kamu akan melihat aplikasi tersebut dan silakan klik.
  • Jika halaman pengunduhannya sudah terbuka, kamu bisa klik install.

 Langkah-Langkah

Setelah berhasil mengunduh dan install aplikasi tersebut, kini saatnya kamu menerapkan cara membuat kliping di HP berikut ini.

  • Pertama, silakan kamu buka aplikasi “Browser”. Setelah itu, kamu searching materi melalui Browser tersebut. Kamu bisa menyesuaikannya melalui tema yang sudah ditentukan.
  • Setelah itu, screenshot jika kamu sudah mendapatkannya.
  • Bila kamu sudah mendapatkan semua materi melalui internet, langkah berikutnya, silakan kamu buka aplikasi WPS Office melalui Android milikmu.
  • Langkah berikutnya, tambahkan dokumen dengan cara klik “Opsi Tambah”.
  • Kemudian, klik “Dokumen” selanjutnya klik “Halaman Kosong”.
  • Lalu, masukkan gambar yang sudah kamu dapatkan sebelumnya atau screenshot tadi dengan cara klik menu “Tools”.
  • Kemudian, klik menu “Sisipkan” dan klik “icon gallery atau gambar”.
  • Carilah dan pilihlah gambar yang ingin kamu masukkan, setelah itu klik “gambar” kemudian klik “oke”.
  • Jika kamu sudah berhasil memasukkan gambar, kamu hanya perlu merapikan gambar tersebut dengan cara memotong atau pangkas gambar dengan klik “gambar” kemudian klik “pangkas”.
  • Masukkan semua gambar yang sudah kamu kumpulkan seperti cara di atas. Bila sudah, simpanlah file dalam format docx di HP milikmu, selesai.

Melalui cara membuat kliping di HP seperti di atas, kini klipingmu bisa selesai lebih cepat dengan hasil yang baik.