Home Tutorial Cara Memperbaiki LCD HP Bergaris Vertikal Maupun Horizontal

Cara Memperbaiki LCD HP Bergaris Vertikal Maupun Horizontal

0
Cara Memperbaiki LCD Hp Bergaris
Ilustrasi Cara Memperbaiki LCD Hp Bergaris. Foto Ist/Net

Texno.ID – Cara memperbaiki LCD HP bergaris tak harus selalu dengan mengganti LCD yang rusak tersebut. Layar hp yang bergaris dengan warna-warni akan sangat mengganggu pandangan, bahkan kinerja hp itu sendiri.

Terlebih jika garis ini membentang vertikal atau horizontal, rasanya ingin sekali mengganti hp dengan yang baru. Sayangnya, untuk melakukan hal itu, anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Sebenarnya keluhan mengenai hp layar sentuh atau touchscreen tak hanya tentang LCD yang bergaris saja. Hp yang sering blank ataupun berwarna hitam kerap menjadi gangguan yang menjengkelkan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa hp dengan layar sentuh memang memiliki bagian-bagian yang sensitif.

Simak Cara Memperbaiki LCD HP Bergaris

Secanggih apapun suatu barang elektronik, seiring penggunaan yang berlangsung cukup lama, akan mengakibatkan beberapa kerusakan pada barang tersebut.

Tak terkecuali pada hp dengan layar sentuh. Hp ini justru riskan terhadap kerusakan pada layar. Misalnya saja, LCD hp yang tiba-tiba bergaris atau LCD yang terdapat warna hitam pada satu titik.

Beberapa masalah pada LCD umumnya sering terjadi pada hp keluaran lama. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hp anda menjadi bergaris, entah itu garis vertikal maupun horizontal.

Misalnya saja karena hp terjatuh, layar terkena benda berat, terkena air, atau bahkan sistem yang eror. Jika sudah seperti itu, apa yang harus kita lakukan? Ada beberapa cara memperbaiki LCD hp bergaris, simak penjelasan berikut.

Menggunakan Opsi Developer

Opsi pengembang ini merupakan sebuah halaman yang akan memudahkan anda untuk mengatur setting hp dengan cara lengkap. Pada halaman ini terdapat pilihan menu pengaturan Show Pointer Location yang bisa anda nonaktifkan, sehingga garis pada layar akan hilang. Berikut langkah yang bisa anda lakukan :

  1. Buka aplikasi Setting pada Android anda
  2. Kemudian pilih masuk ke Tentang HP
  3. Cari kolom Nomor Bentukan, klik beberapa kali sampai terdapat pesan “Anda telah menjadi pengembang”
  4. Ketuk tombol kembali dan buka menu opsi pengembang. Pada bagian Tampilkan Penunjuk, klik nonaktifkan
  5. Secara otomatis, garis pada layar anda akan hilang.

Menggunakan Aplikasi

Terdapat beberapa aplikasi sebagai cara memperbaiki LCD hp bergaris. Dari sekian banyak aplikasi, ada satu yang menjadi andalan untuk mengatasi kerusakan ini. Aplikasi Dead Pixel Detect and Fix dapat anda dapatkan melalui Play Store.

  1. Langkah pertama, unduh terlebih dahulu aplikasi Dead Pixel Detect and Fix pada smartphone anda
  2. Setelah terinstall, buka aplikasi dan pilih beberapa petunjuk
  3. Pilih opsi Check Dead Pixel, lalu lanjutkan dengan opsi Fix Dead Pixel.

Anda hanya perlu menunggu aplikasi ini bekerja. Aplikasi ini akan mendeteksi pixel yang rusak dan menghilangkan garis hingga hp anda menjadi normal.

Reset HP

Cara memperbaiki LCD hp bergaris selanjutnya dengan mencoba mereset hp anda. Anda bisa mengecek garis-garis itu ketika hp dalam keadaan booting.

Apabila muncul garis, dapat dipastikan kerusakan terjadi pada sistem operasi Androidnya. Hal ini dapat anda perbaiki dengan cara seperti berikut:

  1. Buka menu pengaturan pada Android anda
  2. Pilih menu Cadangkan dan Setel Ulang untuk memulainya
  3. Selanjutnya anda bisa memilih Kembalikan ke Setelan Pabrik untuk menyelesaikan prosesnya.

Sebelum mereset hp anda, pastikan anda telah mencadangkan semua file penting ke MicroSD. Hal ini untuk menghindari agar data anda tidak terhapus pada saat proses reset hp.

Nonaktifkan Fitur Smart Sidebar

Fungsi dari fitur Smart Sidebar adalah untuk memudahkan pengguna dengan sistem Android dalam melakukan multitasking aplikasi. Cara memperbaiki LCD hp bergaris dengan menonaktifkan fitur ini, dapat dilakukan secara mudah.

  1. Buka Pengaturan yang ada pada aplikasi tersebut, lalu cari menu Kepraktisan Pintar
  2. Klik pada opsi Smart Sidebar
  3. Hp akan secara otomatis melakukan nonaktif pada aplikasi.

Ganti LCD dengan yang Baru

Jika beberapa langkah di atas tidak dapat berfungsi pada hp anda, kemungkinan LCD anda harus diganti. Mengingat komponen LCD memang sangat riskan terhadap kerusakan, lebih baik anda mengganti dengan LCD ori.

Hal ini akan membuat LCD anda lebih aman dan yang pasti awet sesuai penggunaan. Sedikit mahal tapi berkualitas, tentunya juga sebagai cara memperbaiki LCD hp bergaris yang paling ampuh.

Exit mobile version