Fungsi Bandwidth pada WiFi Beserta Pengetian dan Jenis-Jenisnya

296
Fungsi Bandwidth pada WiFi Beserta Pengetian dan Jenis-Jenisnya
Ilustrasi Fungsi Bandwidth pada WiFi. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Fungsi bandwidth pada WiFi pada dasarnya untuk memaksimalkan transfer yang ada.

WiFi adalah salah satu benda yang berguna untuk menyambungkan perangkat elektronik ke jaringan internet. WiFi saat ini banyak orang pilih karena praktis dan kemampuan loadingnya yang lebih cepat.

Kata bandwidth sendiri sudah bukan menjadi istilah asing lagi pada dunia WiFi. Jenis bandwidth juga tentunya berbeda-beda.

Berikut Ini Fungsi Bandwidth pada WiFi

Internet saat ini menjadi suatu kebutuhan pokok. Semua hal saat ini berlangsung melalui internet.

Itulah kenapa, banyak terobosan baru mengenai internet, salah satunya alat WiFi. Alat tersebut memunginkan pemasangnya untuk dapat selalu terhubung ke internet.

Dalam dunia internet, terutama WiFi pasti tidak asing dengan istilah bandwidth. Istilah bandwidth sendiri biasanya digunakan untuk menyebut kapasitas kecepatan jaringan internet.

Bandwidth berkaitan erat dengan satuan bits per second (bps) pada jaringan internet. Contohnya ada Mbps atau Megabits per second, Kbps yang merupakan singkatan dari Kilobits per second dan lain sebagainya.

Satuan tersebut memungkinkan orang akhirnya mengartikan bandwidth sebagai kecepatan dari jaringan internet. Padahal, secara bahasa bandwidth memiliki arti kecepatan pita.

Bandwidth membantu mengukur besaran data yang akan ditransfer. Bandwidth ada pada kabel ethernet dan dapat trafik paket data lewati dengan maksimal tertentu.

Analogi yang paling cocok untuk menggambarkan cara kerja bandwidth adalah sebuah pipa air. Bandwidth menjadi jalur penghubung jaringan internet dari satu perangkat ke yang lainnya sehingga transfer data dapat terjadi.

Fungsi bandwidth pada WiFi atau modern ini memiliki arti sebagai jalur penghantar koneksi. Dengan adanya bandwidth juga WiFi dapat mendeteksi maksimal dari kecepatan transfer data.

Jika Anda ingin memasang WiFi, seringkali harus memilih paket Mbpsnya. Itu artinya, semua kegiatan berinternet Anda akan bergantung dari besaran kuota tersebut.

Di sanalah bandwidth berfungsi untuk mengontrol kecepatan yang pelanggan pilih. Selain untuk internet, bandwidth juga mengambil peran dalam TV kabel dan sambungan telepon rumah.

Bedanya adalah, jenis bandwidth pada TV kabel dan telepon rumah menggunakan sambungan fiber optic.

Contoh Bandwidth

Setelah mengetahui fungsi bandwidth pada WiFi, maka saatnya Anda tahu contoh atau jenisnya. Secara umum mungkin Anda sudah mendapat gambaran dari contoh bandwidth setelah mengetahui fungsi dan pengertiannya.

Bandwidth dalam contoh umumnya berada di layanan internet hingga penyedia server. Bandwidth 4G akan lebih besar dari 3G.

Ada juga bandwidth pada VPS atau Virtual Private Server. Contoh bandwidth pada VPS adalah paket pada layanan WiFi. Jika Anda memilih berapa besaran bandwidth yang akan berpengaruh terhadap kecepatan jaringan.

Misal Anda memilih bandwidth VPS 100 Mbps, tentu saja kecepatan jaringan yang akan didapatkan lebih kencang daripada paket 20 Mbps. Konsep ini sebenarnya sama saja dengan bandwidth 4G maupun 3G.

Bahkan saat ini bandwidth sudah upgrade ke 5G yang menduduki peringkat pertama paling cepat di jaringan nirkabel.

Sedangkan di komputer, terdapat dua jenis bandwidth, yaitu digital dan analog. Bandwidth digital artinya mengirimkan informasi secara digital, baik itu melalui saluran kabel maupun nirkabel atau tanpa kabel.

Sedangkan di sisi lain ada bandwidth analog yang berkebalikan. Satuan hitung pada bandwidth analog menggunakan Hertz.

Meski berbeda-beda, pada dasarnya fungsi bandwidth pada WiFi sama saja, yaitu untuk mengontrol kecepatan transfer data yang dalam hal ini melibatkan jaringan internet. Pilihlah bandwidth WiFi yang sesuai dengan pemakaian sehari-hari.