Internet Aman untuk Anak yang Baik, Orang Tua Wajib Tahu

0
216
Internet Aman untuk Anak yang Baik, Orang Tua Wajib Tahu
Ilustrasi Internet aman untuk anak. Foto: welivesecurity.com

Texno.ID – Internet aman untuk anak harus dilakukan oleh para orang tua supaya anak tidak bisa masuk ke dalam situs-situs negatif. Terlebih sekarang ini karena adanya wabah penyakit Covid-19, menyebabkan jarang keluar, terutama anak-anak. Tentunya mereka akan jenuh jika di rumah saja karena tidak bisa bermain di luar.

Maka salah satu cara untuk menghiburnya adalah dengan menggunakan internet. Di sana anak bisa menemukan berbagai macam hiburan di smartphone. Namun sebagai orang tua, harus pintar-pintar dalam mengawasi kegiatan anak selama menggunakan Android.

Tips Internet Aman untuk Anak Terbaik

Zaman seperti sekarang ini anak-anak sudah sangat pandai yang namanya bermain internet, mulai dari bermain game atau bahkan nonton YouTube di ponsel.

Namun, anak-anak juga harus tahu hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan selama menggunakan internet. Sebagai orang tua, maka anda harus bisa memberikan internet yang aman untuk anak.

Banyak beberapa tips yang bisa anda lakukan supaya anak bisa bermain internet dengan benar. Sehingga mereka tidak akan terjerumus ke hal-hal negatif. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Baca:  Google Nearby Share, Fitur Terbaru yang Memudahkan Berbagi File

Menggunakan Family Link

Langkah yang pertama internet aman untuk anak, anda bisa mengunduh aplikasi Family Link. Sehingga anda dapat memahami perilaku anak selama menjelajahi dunia internet. Selain itu, anak juga bisa menetapkan batasan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan fitur yang dapat mengawasi waktu penggunaan internet pada anak, aplikasi ini juga memantau lokasi atau tempat anak dengan menggunakan ponsel yang terhubung. Selain itu, juga bisa mengunci akses dari jarak jauh, sehingga aktivitas berinternet anak dapat terkendalikan.

Memblokir Situs Dewasa

Selanjutnya internet aman untuk anak adalah dengan memblokir situs-situs orang dewasa. Pasalnya, mesin pencarian internet pasti memiliki fitur SafeSearch. Fitur ini memiliki kontrol atau filter moderasi konten yang akan muncul ketika anda cari.

Maka dari itu, anda bisa memblokir akses konten tersebut yang berkaitan dengan hal negatif. Anda juga harus pandai untuk membantu melaporkan dan menandai konten itu kepada penyedia sebuah layanan.

Baca:  Balon Internet Google Loon dengan Berbagai Uji Coba di Indonesia

Mengunduh YouTube Kids

Biasanya anak-anak akan lebih sering untuk menonton video atau film dari YouTube. Maka dari itu, anda harus memberikan video dari YouTube tersebut dengan baik supaya tidak muncul konten dewasa. Misalkan saja dengan menginstal aplikasi YouTube Kids.

Aplikasi ini seluruh konten yang akan muncul pasti terfilter dengan sangat baik, sehingga yang muncul hanya konten untuk anak-anak saja. Selain itu, anda harus membuatkan profil khusus supaya bisa sesuai dengan usia si anak.

Menciptakan Tempat Nyaman untuk Keluarga di Google Play

Internet aman untuk anak selanjutnya adalah anda harus mampu membuat tempat yang paling nyaman untuk keluarga di Google Play. Dalam menentukan konten yang baik untuk anak, anda bisa membaca ulasan di ikon bintang keluarga pada sebuah aplikasi.

Ikon bintang tersebut telah menandakan bahwa konten ini sudah ada peninjauan dan game atau aplikasi itu khusus untuk anak-anak saja. Selain itu, ikon tersebut juga akan menampilkan rentang umur yang sesuai anjuran.

Baca:  Cara Mengatasi Limit Google Drive Dengan Memakai Akun Google

Google Assistant

Selanjutnya internet aman untuk anak adalah dengan menggunakan Google Assistant. Google akan menjamin konten yang sudah ada pada program tersebut ditinjau dan juga disetujui.

Dengan begitu, anda dapat mengkombinasikan dengan Family Link supaya anak tidak bisa mengakses pada aplikasi pihak ketiga.

Messenger Kids

Ternyata aplikasi Facebook telah mengeluarkan aplikasi khusus untuk anak, yakni Messenger Kids. Aplikasi ini bisa mengirim pesan lewat Facebook dan hanya untuk anak-anak saja. Maka dari itu, anda bisa mengunduhnya untuk anak anda.

Memanfaatkan Platform Khusus Anak-anak

Di internet banyak sekali jenis platform dan layanan khusus untuk anak-anak. Seperti pada YouTube khusus untuk anak, karena seluruh konten yang ada di sana hanya untuk anak-anak saja. Namun peran orang tua juga harus selalu mengawasi anaknya.

Nah, itulah beberapa jenis internet aman untuk anak. Sebagai orang tua yang baik dan peduli, anda harus selalu bisa menjaga dan mengawasi setiap kegiatan mengakses internet supaya mencegah dari hal-hal yang negatif.