Ciri Planet Venus, Planet Terdekat Bumi dengan Suhu yang Sangat Panas

0
330
Ciri Planet Venus
Ilustrasi Ciri Planet Venus. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Ciri planet Venus sangat menarik untuk anda pahami dan ketahui. Planet terdekat kedua dengan matahari setelah planet Merkurius ini mempunyai karakteristik khusus yang hampir sama dengan Bumi.

Setelah bulan, objek ini ialah objek alami tercerah yang terdapat di langit malam dengan magnitudo hingga 4,6 dan sangat cerah untuk menghasilkan bayangan.

Ada yang menyebutkan bahwa Venus merupakan saudara dari Bumi. Pasalnya, ciri-ciri keduanya hampir sama. Mulai dari gravitasi, ukuran, hingga dalam hal komposisi.

Venus adalah planet terdekat dari Bumi serta memiliki ukuran yang paling mendekati Bumi. Akan tetapi, dalam ciri serta karakteristik Venus yang lain, planet ini sangat berbeda dengan Bumi.

Mengetahui Ciri Planet Venus

Seperti yang disebutkan sebelumnya, planet Venus adalah benda angkasa tercerah kedua setelah bulan. Pada malam hari, anda dapat melihat planet Venus yang nampak cerah.

Akan tetapi, untuk melihat planet ini terdapat hitungan harinya. Kecerahan maksimal dari planet Venus dapat anda saksikan pada saat matahari belum terbit atau ketika matahari terbenam.

Dalam mitologi Romawi, nama Venus merupakan nama dari dewi cinta serta dewi kecantikan. Mengenai hal ini, tidak mengherankan, karena secara visual, Venus nampak terang dan cerah sehingga terlihat sangat indah pada saat dipandang

Baca:  Merkurius Memiliki Ekor Seperti Komet Dengan Cahaya Redup

Berikut ini ciri planet Venus yang penting untuk anda ketahui, antara lain:

Orbit Planet Venus

Orbit merupakan gerak suatu planet dalam mengelilingi matahari selang waktu tertentu. Dalam hal ini, semua planet akan kelilingi matahari dengan arah berlawanan dan dengan arah jarum jam, tidak terkecuali planet Venus.

Sehubungan dengan orbitnya, ciri planet Venus akan berotasi terhadap matahari dengan arah jarum jam dalam waktu 243 hari pada Bumi.

Hal ini merupakan orbit planet terlambat dalam tata surya. Planet Venus mempunyai periode orbit selama 224,65 hari dari planet Bumi.

Pada umumnya, planet yang mengelilingi matahari berbentuk elips, akan tetapi berbeda dengan bentuk orbit planet Venus terhadap matahari yang memiliki bentuk bulat. Pasalnya, eksentrisitas planet Venus lebih rendah dari 0,01.

Ukuran Serta Geografi Permukaan

Ciri planet Venus yang pertama adalah mengenai suhu serta geografis permukaan. Venus mempunyai panjang diameter 112,092km. Hal ini lebih kecil 650km dari planet Bumi.

Baca:  Penemuan Planet KOI-5Ab Menjadi Exoplanet Dengan 3 Bintang

Selain itu, masa planet Venus lebih kecil 81,5% dari masa yang dimiliki Bumi. Planet Venus terdiri dari 70% daerah daratan, 80% wilayah vulkanik, 20% dua benua daratan yang tinggi, serta 10% berupa daerah daratan yang halus dan berlekuk.

Penampakan vulkanik yang memiliki puncak rata, mempunyai lebar antara 20-50 km serta tinggi hingga 19 sampai 1000meter yang biasanya disebut dengan Farra.

Serangkaian rekahan radial yang berbentuk seperti bintang populer dengan sebutan Novae. Pada planet ini tidak terdapat hujan, meskipun asam sulfat turun ke atmosfer serta menguap pada ketinggian 25km dalam permukaan planet Venus.

Rotasi

Ciri planet Venus yang selanjutnya mengenai rotasinya. Venus berotasi pada matahari dari arah timur ke barat sangat lambat.

Garis khatulistiwanya yang terdapat pada Venus mempunyai kecepatan rotasi pada matahari yakni kurang lebih 65Km/h atau 40mph.

Hal tersebut semakin memperlambat 6,5 menit per hari Sideris Venus rotasi terhadap matahari. Hari Sideris dari Venus lebih lama 243 hari bumi dibandingkan dengan tahun Venus yakni 224,7 hari Bumi.

Baca:  Planet Mirip Bumi, Salah Satunya Planet Teegarden

Akibat dari rotasi Venus yang sangat lambat ini mengakibatkan panjang hari matahari pada Venus lebih pendek daripada Siderisnya yang sekitar 1167,75 hari Bumi.

Mengenai jangka waktu rotasi planet Venus juga lebih lama pada jangka waktu revolusinya. Hal ini karena planet Venus berotasi pada sumbu hampir 180 derajat.

Suhu Venus

Venus merupakan planet dengan suhu paling panas yang terdapat dalam Tata Surya. Temperatur rata-rata permukaan planet ini sebesar 7335 K atau sekitar 462 °C; 863 °F. Adanya peningkatan suhu tersebut karena adanya efek rumah kaca yang berketerusan pada permukaan planet Venus.

Pasalnya, planet ini tidak memiliki karbon yang memerangkap karbon pada permukaannya. Planet Venus diselubungi oleh awal tebal berbentuk butiran yang bersifat beracun serta dapat mengakibatkan kulit terbakar.

Selanjutnya awan setebal 25KM tersebut menyelubungi Venus. Dengan demikian, cahaya matahari tidak dapat menembusnya.

Asam sulfur pada awan tebal yang menutupi planet, mengakibatkan temperatur Venus sangat panas serta sangat terang. Maka tidak heran jika salah satu ciri planet Venus adalah memiliki suhu yang sangat panas.