Jenis-jenis Jaringan Internet yang Perlu Anda Ketahui dan Pahami

0
266
Jenis-jenis Jaringan Internet yang Perlu Anda Ketahui dan Pahami
Ilustrasi Jenis-jenis jaringan internet. Foto: lfnetworking.org

Texno.ID – Jenis-jenis jaringan internet ada beberapa macam yang perlu anda ketahui. Jaringan internet merupakan jaringan yang terhubung dari dua atau lebih yang berguna untuk berbagi data. Maka dari itu, keberadaan jaringan ini sangat penting untuk kehidupan manusia, misalnya agar saling berkomunikasi.

Jenis-jenis Jaringan Internet yang Paling Umum

Untuk membuat sebuah jaringan, maka router dan switch harus menggunakan beberapa algoritma dan protokol untuk bisa bertukar informasi serta membawa data ke titik akhir. Jaringan juga dibuat dengan gabungan antara teknologi kabel dan wireless.

Ada beberapa macam jenis jaringan internet yang perlu anda ketahui lebih lanjut. Dengan begitu, maka anda bisa memahami satu per satu dari seluruh jenis jaringan, diantaranya sebagai berikut:

Personal Area Network (PAN)

Jaringan yang pertama adalah jenis PAN. Jaringan ini hanya bisa mencakup perorangan serta memiliki batas jangkauan yang sangat pendek. Memiliki batas jangkauan jaringan hanya sekitar 10 meter saja

Bentuk penggunaan jaringan PAN ini adalah pada jaringan bluetooth. Biasanya banyak digunakan untuk berbagai resources seperti printer dan internet.

Baca:  Perbedaan Internet dan Intranet yang Perlu Anda Ketahui

Home Area Network (HAN)

Jenis-jenis jaringan internet yang kedua adalah Home Area Network. Jaringan ini hanya bisa mencakup pada satu rumah saja. Hampir sama seperti PAN yaitu jarang sekali untuk digunakan.

Biasanya jaringan ini hanya terpakai ketika akan memasang televisi berlangganan dan lengkap dengan sebuah internet. Kemudian jaringan tersebut akan terhubung dengan jenis router yang berada dalam rumah.

Local Area Network (LAN)

Selanjutnya ada jenis jaringan komputer Local Area Network yang bisa mencakup wilayah kecil, namun ini lebih besar daripada PAN. Jaringan LAN mampu mencakup suatu wilayah sekitar satu kilometer persegi. Hanya banyak terpakai sebuah bangunan gedung saja.

Di dalam penggunaan hanya akan dipasang kabel teknologi IEEE 802.3 yaitu jenis kabel Ethernet yang bisa menghubungkan di setiap perangkat komputer di dalam jaringan.

Biasanya LAN banyak terpakai pada warung internet atau sering disebut dengan warnet. Lalu akan menghubungkan pada billing dan server (OP).

Selain hanya teknologi Ethernet, LAN juga bisa menggunakan teknologi 802.11b atau sering bernama dengan WiFi. Pada LAN dengan menggunakan WiFi sering penyebutannya dengan WLAN.

Baca:  My Telkomsel Error, Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Metropolitan Area Network (MAN)

Jenis-jenis jaringan internet selanjutnya adalah MAN, yaitu sebuah pengembangan dari jaringan Local Area Network dan dapat mencakup suatu wilayah yang lebih luas lagi. MAN bisa mencakup wilayah yang sangat luas yaitu sekitar 10 sampai 50 kilometer.

Jaringan ini dapat menghubungkan sebuah komputer yang ada di lain kabupaten atau kota, namun masih dalam satu provinsi atau berada pada radius kurang dari 50 kilometer. Dukungannya dengan kabel berkecepatan transfer data yang sangat tinggi dan dapat menerima informasi lebih cepat.

Jaringan ini adalah gabungan dari jenis beberapa LAN dan memiliki satu atau dua kabel serta tidak ada elemen switching dan akan membuat rancangan lebih simpel. Contohnya seperti jaringan pada sebuah departemen dan beberapa departemen lain yang kemudian terhubung.

Wide Area Network (WAN)

Jenis-jenis jaringan internet yang lain adalah MAN, yang merupakan jaringan paling luas. Mampu mencakup wilayah bahkan sampai satu negara. WAN hampir sama dengan MAN, yakni sama-sama saling menghubungkan dari beberapa LAN.

Baca:  Sinyal 4G Tapi Lemot, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Namun, pada jumlah LAN yang bisa menyambung dengan jaringan WAN akan lebih banyak lagi daripada yang hubungannya dari MAN.

Wired Network (Jaringan Berkabel)

Selanjutnya ada jenis jaringan berkabel, yaitu sebuah jaringan dengan menggunakan media berupa kabel untuk transmisi dan pengiriman data. Ada beberapa jenis kabel yang terpakai untuk jaringan ini. Biasanya jenis kabel fiber optik dan UTP yang paling banyak terpakai.

Wireless Network (Jaringan Nirkabel)

Jenis-jenis jaringan internet yang lain adalah Wireless Network. Jaringan ini tidak menggunakan kabel ketika pengiriman data oleh komputer satu ke komputer yang lainnya.

Hanya dengan menggunakan gelombang elektromagnetik yang berguna untuk mengirimkan sinyal di setiap komputer. Untuk itu, harus butuh alat yakni Wireless Adapter supaya dapat mengirim dan menerima sebuah data pada komputer lain.

Itulah beberapa jenis-jenis jaringan internet yang bisa anda ketahui. Dari beragam jenis tersebut, tentu juga akan ada pada suatu wilayah yang berbeda pula.