Literasi Digital Cegah Kecanduan Internet dan Ancaman Negatif Lainnya

413
Literasi Digital Cegah Kecanduan Internet dan Ancaman Negatif Lainnya
Ilustrasi Literasi Digital Cegah Kecanduan Internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Literasi digital cegah kecanduan internet dapat hadir melalui kesadaran diri individu.

Dalam dunia yang penuh dengan teknologi baru sekarang ini, literasi digital menjadi salah satu komponen penting dalam lingkungan belajar.

Mengenal Literasi Digital Cegah Kecanduan Internet

Penerapan literasi digital sangat berguna untuk masyarakat agar dapat memanfaatkan teknologi internet dengan lebih bijak.

Teknologi digital memang sudah terbukti memberikan sejumlah manfaat untuk kehidupan manusia. Tetapi, ada juga tantangan yang menanti.

Maraknya penggunaan internet membuat beberapa orang menjadi kecanduan. Hal tersebut bisa sangat merugikan karena akan mempengaruhi aktivitas sosial.

Kecanduan internet ini dapat dicegah dengan beberapa, salah satunya melalui literasi digital.

Pengertian Literasi Digital

Literasi digital secara garis besar adalah kecakapan serta pengetahuan para pengguna dalam hal memanfaatkan media digital. Salah satu media tersebut adalah internet.

Kecakapan pengguna dalam literasi digital meliputi kemampuan untuk mengerjakan, mengevaluasi, dan memanfaatkan dengan cerdas internet sesuai kebutuhan.

Dengan menerapkan literasi digital, maka para pengguna internet diharapkan mampu memahami informasi dan memanfaatkan internet dengan hal positif.

Manfaat Literasi Digital

Manfaat dari literasi digital adalah untuk meningkatkan daya fokus, kemampuan membaca, wawasan individu, dan masih banyak lagi hal positif lainnya.

Selain itu, literasi digital cegah kecanduan internet juga menjadi manfaat yang tak kalah penting.

Tantangan Literasi Digital

Literasi digital memanglah memiliki banyak manfaat positif. Tetapi, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Berikut penjelasannya.

Konten Negatif

Internet merupakan sebuah dunia virtual yang luas dan tidak dapat terprediksi. Artinya, internet tidak hanya berisi konten yang mendidik, tetapi juga yang berpotensi merusak.

Saat ini banyak sekali konten negatif yang muncul di internet. Seperti hoax hingga pornografi. Konten negatif tersebut sangatlah berbahaya bagi mereka yang belum memiliki pemahaman baik.

Kelompok masyarakat yang rentan terkena dampak konten negatif adalah anak dan remaja.

Peran literasi digital di sini adalah untuk memberikan edukasi sehingga kamu bisa mengetahui mana konten bermanfaat dan yang tidak.

Arus Informasi yang Terus Bertambah

Tantangan selanjutnya dan yang paling kuat untuk literasi digital cegah kecanduan internet adalah arus informasi yang banyak.

Hal itu berarti masyarakat terlalu banyak menerima informasi secara bersamaan di internet. Literasi digital berperan untuk menemukan dan memilah informasi yang benar dan tepat.

Dampak Kecanduan Internet Jika Diabaikan

Internet sebagai sumber informasi terbesar abad ini tentunya memiliki banyak risiko. Internet layaknya dua belah mata pisau yang siap menghunus para penggunanya.

Kecanduan internet dapat memberikan dampak negatif, sebagai berikut.

  1. Kurangnya komunikasi langsung antar individu.
  2. Berkurangnya kreativitas karena terlalu lama menghabiskan waktu dengan sesuatu yang kurang berguna.
  3. Terganggunya kesehatan mental.
  4. Pekerjaan atau kegiatan belajar terabaikan.

Itu hanyalah beberapa dampak negatif dari kecanduan internet. Tentunya kamu masih bisa mengobatinya dengan memperbanyak literasi digital dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Penerapan Literasi Digital Dalam Kehidupan

Literasi digital dapat kamu lakukan di manapun dan kapanpun. Berikut contoh penerapannya dalam berbagai bidang.

  • Mengirim tugas menggunakan e-mail kepada guru.
  • Memanfaatkan internet untuk menambah referensi materi belajar.
  • Menggunakan untuk bertukar pikiran dengan teman di sekolah.
  • Menggunakan internet untuk mengasah bakat, seperti melihat tutorial memasak, menari dan lain-lain.
  • Menggalang dana untuk donasi lewat media sosial.
  • Berbagi informasi yang bermanfaat dan bukan hoax.

Literasi digital cegah kecanduan internet dapat kamu lakukan dengan kesadaran diri sendiri. Jangan menunggu hingga sudah parah dan menimbulkan berbagai dampak negatif. Tanamkan literasi digital sejak dini, sehingga mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.