Cara Menghilangkan Virus di HP Android dan iOS yang Membahayakan

213
Cara Menghilangkan Virus di HP Android dan iOS yang Membahayakan
Ilustrasi Cara Menghilangkan Virus di HP. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menghilangkan virus di HP dapat Anda lakukan dengan mudah. Seringkali virus yang ada di HP membuat performanya menurun dan tak jarang dapat merusak total. Jangan khawatir, saat ini Anda dapat menghilangkan virus di HP dengan mudah.

Panduan Cara Menghilangkan Virus di HP Dengan Mudah

Virus atau malware di HP dapat menyelinap ke perangkat siapa saja. Sama halnya dengan virus dalam dunia nyata, virus di HP juga sangat merugikan.

Malware merupakan sebuah perangkat lunak berbahaya. Lalu yang termasuk malware adalah wom komputer, virus, trojan, spyware, dan lainnya.

Virus ini diciptakan oleh seorang ahli yang tidak bertanggung jawab. Dampak virus pun bermacam-macam, mulai dari ponsel yang menjadi lamban atau paling parah hingga pencurian data pribadi.

Cara Kerja Virus Memasuki HP

Virus dapat menyusup ke HP ataupun komputer tanpa persetujuan Anda. Nantinya, virus tersebut akan memasukkan kode baru yang sangat berbahaya.

Kode tersebut berbahaya karena dapat memanipulasi aktivitas online Anda. Virus komputer tradisional memang tidak dapat menginfeksi HP. Tetapi, ada beberapa jenis dari malware atau virus tersebut yang bisa melakukannya.

Malware tersebut dapat lolos melalui aplikasi bahkan web yang Anda kunjungi. Jika Anda mulai curiga dengan adanya virus di ponsel, segera lakukan beberapa cara menghilangkan virus di HP ini.

Menghilangkan Virus pada Android

Adapun beberapa cara untuk Anda pengguna ponsel Android.

Bersihkan Cache dan Riwayat Unduhan

Virus Android terdiri dari berbagai macam jenis. Salah satunya adalah adware. Virus adware dapat bersembunyi pada browser Anda.

Jika muncul banyak pop-up atau selalu teralihkan ke situs berbeda dari yang Anda ingin kunjungi, maka bisa jadi virus adware sudah ada di browser Anda. Segera hapus data dan cache di chrome untuk menghapus malware tersebut.

Jangan Mengunduh Sembarang Aplikasi

Cara menghilangkan virus di HP berikutnya adalah tidak mengunduh sembarang aplikasi. Di HP, virus lebih mudah masuk melalui sebuah aplikasi. Oleh karena itu, jangan asal mengunduh di tempat aplikasi yang tidak pasti.

Selalu download aplikasi melalui Google Play Store karena mereka akan selalu menghapus malware yang terdeteksi di aplikasinya. Jika sudah terlanjur terunduh, Anda dapat langsung menghapusnya.

Bersihkan Perangkat Android

Jika kedua langkah di atas belum juga berhasil menyingkirkan virus, berarti mungkin Anda perlu membersihkan perangkat Android yang terkontaminasi.

Anda dapat mencabut steker dan memulai dari awal. Caranya adalah dengan mengatur ulang HP agar kembali ke pengaturan default pabrik.

Hal ini sangat tidak disarankan karena dapat menghapus berbagai data di dalam HP. Oleh karena itu, cara ini menjadi pilihan terakhir yang dapat Anda lakukan.

Menghilangkan Virus pada iPhone

Cara menghilangkan virus di HP iPhone dapat dilakukan dengan lebih mudah. Hal itu karena biasanya malware atau virus tidak dapat memasuki iOS. Kemungkinan virus dapat masuk adalah hanya ketika Anda mengunduh aplikasi di situs yang kurang aman.

Restart iPhone

Cara yang pertama ini cukup mudah. Anda hanya perlu menekan tombol daya di iPhone lalu tunggu hingga muncul tanda Apple. Jika sudah, maka HP Anda secara otomatis melakukan restart.

Pulihkan Sebagai Perangkat Baru

Jika virus tidak juga menghilang, Anda bisa mencoba menghapus perangkat di HP dan kemudian membuat perangkat yang baru. Selain beberapa hal tersebut, Anda juga dapat mencegah masuknya virus dengan berbagai cara.

Seperti mengunduh aplikasi anti virus pada ponsel, tidak mengunduh sembarangan, dan lain sebagainya. Jika sudah terinfeksi pun jangan panik dan lakukan cara menghilangkan virus di HP seperti di atas.