Penyebab RTO pada Jaringan Penting Anda Ketahui!

35
Penyebab RTO pada Jaringan Penting Anda Ketahui!
Ilustrasi Penyebab RTO pada Jaringan. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Penyebab RTO pada jaringan akibat berbagai macam hal. Masalah RTO ini memang merepotkan, terlebih bagi Anda yang sering menggunakan ping untuk koneksi internetnya. Request Timed Out (RTO) merupakan sebuah kondisi saat proses ping tidak dapat berjalan dengan lancar.

Hal ini justru berdampak pada komputer yang tidak mendapat respon ping sama sekali. Untuk mengatasi masalah ini, Anda juga harus dapat mengidentifikasi terlebih dahulu tentang penyebabnya.

Ketahui Penyebab RTO pada Jaringan

Pengguna internet penting sekali untuk mengetahui penyebab Request Time Out. Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka dapat dengan mudah mengatasinya. Berikut ini adalah penyebab terjadinya RTO pada koneksi internet. 

Peran Firewall pada Router

Salah satu penyebab Request Time Out yakni karena firewall. Kemungkinan firewall yang terdapat pada router tidak memberikan izin pada paket Ping untuk melewatinya. Masalah seperti ini seringkali terjadi pada komputer.

Bahkan, hal ini sering dilakukan dengan alasan tertentu, terlebih dengan alasan keamanan jaringan. Jika Request Time Out muncul pada layar saat pencarian pada berbagai browser, ada cara mudah mengatasinya. Caranya dengan mematikan fitur firewall pada router terlebih dahulu.

Kapasitas Bandwith Kecil

Kapasitas bandwidth kecil juga menjadi penyebab RTO pada jaringan. Oleh karena itu, saat melakukan ping, RTO bisa saja terjadi tanpa Anda duga. Layaknya penyimpanan pada umumnya, jika terlalu penuh juga mengakibatkan lemot atau RTO.

Sehingga, sebelum melakukan ping, akan lebih baik jika memastikan bandwidth memiliki cukup ruang. Pasalnya, jika memiliki data yang penuh, maka tidak bisa menerima dan menjalankan proses perintah. Meski nantinya akan berhasil, namun tetap membutuhkan waktu yang lama.

IP Address Tidak Aktif

IP address adalah salah satu hal penting yang terdapat pada jaringan komputer. Jika IP address ternyata tidak aktif, tentunya tidak bisa melakukan perintah pencarian pada Google. Perlu Anda ketahui bahwa IP Address yang tidak aktif juga mempengaruhi koneksi jaringan.

Pastikan sebelum melakukan pencarian, IP address tersebut dalam kondisi yang aktif. Untuk memastikannya juga cukup mudah yakni dengan pergi ke pengaturan network. Tersedia berbagai macam pilihan pengaturan, salah satunya pengaturan IP address.

Port Komputer Ditutup

Port pada komputer sudah ditutup juga menjadikan penyebab RTO pada jaringan. Sebelum melakukan ping, akan lebih baik jika memeriksa port pada network terlebih dahulu. Selain itu, juga perlu memastikan proxy dalam kondisi non-aktif.

Bahkan, Request Time Out juga bisa terjadi karena pengkrimpingan kabel yang tidak sempurna. Hak tersebut dapat mengakibatkan jaringan komputer bermasalah. Untuk memeriksanya, bisa Anda lakukan dengan LAN tester.

Terdapat Masalah LAN Card

Penyebab RTO yang lainnya yakni terjadi masalah pada LAN Card. Sebagai informasi, pintu utama masuknya jaringan pada komputer adalah LAN Card. Oleh karena itu, sebelum melakukan pencarian perlu memeriksa kondisinya terlebih dahulu.

Jika terjadi masalah pada bagian tersebut, maka akan tampil notifikasi lampu indikator yang menyala. Kemungkinan lainnya pada LAN Card tersebut ternyata belum terinstall. Meski sudah memperhatikan kondisi LAN Card, namun perlu memastikan drivernya juga.

Packet Ping Tidak Sampai Tujuan

Request Time Out juga bisa terjadi karena Packet Ping tidak sampai ke komputer pengirimnya. Tentu ada beberapa faktor yang menyebabkan paket balasan tidak sampai. Salah satunya yakni koneksi jaringan yang terputus. Selain itu, terjadi masalah pada switch yang mempengaruhi Request Time Out.

Sebenarnya ada banyak penyebab RTO pada jaringan, namun masalah di atas yang seringkali terjadi. Pastikan untuk mengetahui penyebabnya agar bisa segera mengatasi masalah tersebut.