Cara Mengatasi HP Restart Sendiri dengan Mudah

30
Cara Mengatasi HP Restart Sendiri dengan Mudah
Ilustrasi Cara Mengatasi HP Restart Sendiri. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengatasi HP restart sendiri bisa kamu lakukan dengan mudah. Bahkan, untuk mengatasi masalah HP tersebut bisa dengan cara yang sederhana. HP restart memang menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna.

Masalah ini tidak hanya terjadi pada HP dengan spesifikasi rendah saja. HP dengan spesifikasi tinggi pun tak luput dari masalah ini.

Namun, sejatinya HP yang tiba-tiba restart sendiri ini terjadi karena beberapa hal. Seperti halnya, aplikasi mempunyai bug, RAM, dan memori internal yang terlalu penuh, HP terlalu panas, hingga sistem rusak atau corrupt.

4 Cara Mengatasi HP Restart Sendiri

Terdapat beberapa cara mudah yang bisa kamu gunakan. Supaya semakin jelas, berikut ini adalah informasinya.

1. Mematikan HP Sementara Waktu

Cara mengatasi HP restart sendiri pertama kali yang bisa kamu gunakan yakni dengan mematikan HP tersebut untuk sementara waktu. Seperti yang kamu tahu, pada dasarnya HP mempunyai limitasi terhadap suhu komponen.

Ketika melewati limit suhu tersebut, maka HP kamu akan menjadi lebih panas. Hal inilah yang kemudian membuat sistem mengalami restart secara otomatis.

Hal ini merupakan upaya HP itu sendiri untuk menjaga supaya semua komponen tidak mengalami kerusakan. Dengan mematikan HP tersebut, suhu pada komponen HP dapat menjadi normal kembali.

2. Memperbarui Sistem Operasi Android

Memperbarui sistem operasi Android juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi HP restart sendiri. Untuk memperbarui sistem operasi Android ini, kamu bisa memeriksa menu pengaturan.

Setelah itu, segeralah untuk update jika terdapat notifikasi update. Dengan memperbaruinya, kamu bisa menikmati sistem operasi versi terbaru.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur-fitur terbaru. Selain mengatasi HP yang suka restart, cara ini juga bisa menangani bugs.

Pada dasarnya, memperbarui sistem operasi Android ini tidak hanya saat HP restart sendiri atau terjadi masalah lainnya. Akan tetapi, bisa kamu lakukan secara rutin sesuai kebutuhan.

Meskipun penting dan mudah, tidak semua pengguna melakukan update sistem operasi Android ini. Alasannya, tidak memiliki cukup kuota dan lain sebagainya.

3. Menghapus Aplikasi Tertentu

Cara berikutnya yakni dengan menghapus aplikasi tertentu. Aplikasi yang mesti kamu hapus adalah aplikasi dengan kualitas buruk dan mempunyai bug.

Aplikasi semacam ini bila tetap kamu gunakan maka dapat merusak komponen perangkat lunak dari HP tersebut. Sebagai contoh, aplikasi penghemat baterai.

Aplikasi ini akan terus berjalan meskipun HP milikmu dalam kondisi mati. Alhasil, beban RAM akan semakin bertambah. Akibat yang lebih buruk lagi, adalah dapat mengganggu kinerja HP lainnya.

4. Membersihkan Cache

Dengan membersihkan cache, juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi HP restart sendiri. seperti yang kamu tahu, cache merupakan sebuah penyimpanan bersifat sementara.

Cache ini memiliki tujuan untuk mempercepat akses menuju ke berbagai aplikasi. Selain itu, melalui cache ini juga memudahkan kamu untuk mengakses situs.

Jika aplikasi yang kamu gunakan memiliki ukuran yang semakin besar, maka penyimpanan yang terkuras oleh aplikasi tersebut semakin besar pula. Maka dari itulah, dengan kamu menghapus cache tersebut, kinerja HP akan semakin optimal.

Tentu saja, tidak akan sering-sering restart sendiri. Keempat cara tersebut sama baiknya.

Dengan kata lain, kamu bisa menggunakan cara mengatasi HP restart sendiri tersebut sesuai kebutuhan. Namun, pastikan jika kamu menggunakan cara yang paling mudah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.