Samsung Galaxy SmartTag+, Perangkat Untuk Melacak Benda Hilang

0
255
Samsung Galaxy SmartTag+, Perangkat Untuk Melacak Benda Hilang
Samsung Galaxy SmartTag+. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Samsung Galaxy SmartTag+ merupakan gadget mungil yang bisa anda gunakan untuk menemukan barang yang hilang. Galaxy SmartTag+ termasuk produk terbaru dari Samsung yang akan segera hadir dalam waktu dekat ini.

Perangkat mungil ini terhubung dengan aplikasi SmartThings yang memungkinkan barang mudah anda temukan secara tepat melalui smartphone. Meskipun barang itu bukanlah barang elektronik atau loT.

Setelah sebelumnya sukses dengan perangkat SmartTag, kini Samsung kembali mengeluarkan produk serupa, yaitu SmartTag+. Galaxy SmartTag menggunakan Bluetooth LE (Low Energy) untuk mencari barang yang hilang.

Kapan Samsung Galaxy SmartTag+ Akan Rilis?

Belum tahu secara pasti kapan Samsung akan meluncurkan produk barunya. Namun kabarnya SmartTag+ akan muncul untuk publik pada 16 April mendatang.

SmartTag+ akan memanfaatkan penggunaan teknologi Augmented Reality. Dengan AR Finder Tool pada smartphone Samsung, anda bisa menemukan item dengan cara baru dan berbeda. 

Perangkat Galaxy SmartTag menggunakan Bluetooth LE sebagai koneksi utamanya. Karena menggunakan bluetooth, perangkat ini bisa anda pasangkan dengan Galaxy S21 5G, S21+ 5G, dan S21 Ultra 5G.

Lain halnya Samsung Galaxy SmartTag+ yang menggunakan Ultra-Wideband (UWB). Sehingga perangkat ini hanya bisa terpasang dengan Galaxy S21+ dan Galaxy S21 Ultra. Karena hanya kedua ponsel itu yang mengusung Ultra-Wideband atau UWB.

Cara Menggunakan Perangkat Ini

Galaxy SmartTag+ harus anda pasangkan dengan aplikasi Samsung Smart Things. Setelah terpasang, anda bisa memeriksa lokasi tag dan perangkat akan mengeluarkan suara untuk membantu menemukannya.

Ketika benda berharga anda hilang, perangkat ini akan menemukan lokasi benda itu berada. Cukup tekan tombol sebanyak dua kali saja untuk mendapatkan suara dan mengetahui keberadaan ponsel.

Galaxy SmartTag bisa anda gantungkan pada barang apa saja, misalnya dompet, kunci mobil, tas, bahkan kalung peliharaan hewan. Semua barang tersebut langsung terhubung ke ponsel Galaxy cukup dengan tekan tombol pada SmartTag. Galaxy SmartTag ini otomatis akan aktif.

Lalu mengirim pesan Tag in Devices Connection pada aplikasi SmartThings. Perusahaan mengatakan SmartTag+ hanya bisa terkoneksi dengan sesama Galaxy dengan OS 10 ke atas. Sehingga selain dari Samsung, perangkat ini tidak akan bisa terhubung.

Kelebihan Galaxy SmartTag+

Samsung Galaxy SmartTag+ merupakan perangkat pintar yang berfungsi untuk mencari benda yang hilang atau hanya sekedar lupa menaruhnya.

Anda hanya perlu menggantungkan SmartTag pada benda yang anda anggap berharga. Untuk bisa menemukan lokasi benda yang ingin anda cari, perangkat ini memiliki radius hingga 120 meter.

Selain itu, pelacakan lokasi harus aktif melalui layanan SmartThings Find aplikasi. SmartTag+ hanya dapat bekerja dengan Galaxy berteknologi UWB.

Penampakan Galaxy SmartTag+

Perangkat hadir dengan desain ukuran kecil dan ringkas. Pada bagian atasnya terdapat lubang yang berfungsi untuk mengaitkan gantungan.

Selain itu, perangkat mungil ini juga bisa anda fungsikan sebagai remote control. Misalnya untuk menyalakan TV, robot penyedot debu Samsung, atau peralatan smart home Samsung lainnya.

Mampu Mengalahkan Apple

Setelah sebelumnya mengalahkan Apple ketika peluncuran SmartTag yang bersamaan dengan seri Galaxy S21, kini Samsung lagi-lagi berhasil menyalip Apple dengan mengeluarkan produk baru, yaitu Samsung Galaxy SmartTag+.

Pada saat itu Apple tengah mengerjakan produk serupa untuk pelacakan mereka sendiri dengan nama AirTags. Saat itu rumornya Apple menggunakan teknologi UWB untuk menjamin pelacakan yang lebih tepat.

Sedangkan Samsung Galaxy SmartTag masih mengusung teknologi Bluetooth Tile. Namun menjelang pengumuman Apple, Samsung kembali menyalip dengan mengeluarkan produk berteknologi serupa, yaitu UWB.

Harga Galaxy SmartTag+

Perangkat SmartTag beredar dengan kisaran harga Rp 399.000. Apabila anda telah melakukan pre order Galaxy S21 5G, anda akan mendapatkan bonus SmartTag secara gratis.

Namun untuk Galaxy SmartTag+ belum ada bocoran mengenai harga pada pasar Indonesia. Tapi harga perangkat ini sudah tersebar di Amerika, satu unit SmartTag+ dibanderol dengan harga sekitar 560 ribu jika dihitung rupiah.

Apabila anda membutuhkan perangkat untuk menemukan benda berharga anda, tidak ada salahnya anda memiliki perangkat ini. Karena selain sangat bermanfaat, Samsung Galaxy SmartTag+ ini juga hadir dengan harga terjangkau. Sangat canggih dan menarik bukan?