Cara Memindai Kode QR dengan Smartphone Android

0
318
Cara Memindai Kode QR dengan Smartphone Android
Cara Memindai Kode QR. Foto: kaspersky

Cara memindai kode QR saat ini sudah sering kita jumpai di berbagai tempat. Bahkan kadang anda juga melihat QR Code yang muncul di layar televisi atau saat streaming Youtube. Atau mungkin anda melihat barcode di undangan pernikahan?

Melihat hal itu, mungkin anda bertanya-tanya. Bagaimana anda bisa melakukan pemindaian atau scan kode QR atau barcode menggunakan smartphone android yang anda miliki.

Anda tak perlu bingung dan khawatir. Sebab anda bisa melakukan semua itu sendiri. Ternyata ada berbagai macam metode yang bisa anda gunakan untuk meminda kode QR.

3 Cara Memindai Kode QR Paling Simpel

Mengapa QR code itu banyak digunakan? Salah satu alasannya adalah selain modern, cara ini juga terbilang lebih praktis jika dibandingkan saat anda memberikan informasi secara lisan atau teks.

Kode QR atau barcode akan lebih praktis dan cepat. Sebab anda tinggal memindainya dan bisa mengetahui informasi yang terdapat di dalamnya. Berikut ini adalah berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk memindai QR Code.

Menggunakan Google Lens

Apakah anda tahu apa itu Google Lens? Google Lens ini merupakan fitur bawaan yang dimiliki oleh HP Android yang bisa anda pakai untuk memindai QR Code atau barcode. Saat menggunakan Google Lens ini anda bisa memindainya dengan cepat dan mudah.

Dimana anda bisa menemukan Google Lens? Anda bisa menemukannya dalam fitur Google Assistant yang terdapat dalam smartphone Android anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda ikuti sebagai cara memindai kode QR menggunakan smartphone Android::

  1. Pertama anda bisa masuk ke Google Assistant dan menekan tombol home
  2. Berikutnya anda tap fitur Google Lens
  3. Langkah selanjutnya anda bisa mengarahkan kamera HP ke barcode atau kode QR
  4. Tap ikon berbentuk lingkarang yang muncul
  5. Selanjutnya anda bisa mengetahui informasi yang tersimpan dalam kode QR tersebut.

Jika anda sudah berhasil untuk memindai barcode di Hp Android milik anda. Tak cukup sampai disitu, ternyata anda juga bisa menyalin teks atau bisa juga mengunjungi link hasil scan kode QR tadi.

QR Code Reader

Selain menggunakan fitur bawaan HP Android milik anda, cara memindai kode QR juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi scan. Salah satu aplikasi yang bisa anda manfaatkan adalah QR Code Reader.

Anda bisa scan barcode dengan aplikasi ini. Selain itu, anda juga bisa membuat barcode sendiri dengan bantuan aplikasi ini dengan HP Android kepunyaan anda sendiri. Cukup menarik bukan?

Agar lebih jelas, anda bisa simak tutorial scan kode QR dengan HP android menggunakan bantuan QR Code Reader ini.

  • Terlebih dahulu anda bisa menginstal aplikasi QR Code Reader.
  • Bila aplikasi tersebut sudah berhasil terpasang, maka selanjutnya anda tinggal membuka aplikasinya.
  • Anda cukup mengarahkan kamera HP anda ke QR Code tersebut.
  • Selanjutnya akan muncul informasi hasil scan kode QR yang telah anda pindai.

Aplikasi QR COde Reader ini mempunyai fitur yang bisa anda manfaatkan untuk membuat QR code sendiri. Selain itu, anda juga bisa melihat riwayat scan yang telah anda lakukan selama ini. Bukan itu saja, anda juga bisa menerapkan cara memindai kode QR dengan cara mengambil gambar yang ada di galeri.

Scan Kode QR Tanpa Kamera

Cara yang satu ini tak butuh aplikasi yang harus anda unduh terlebih dahulu. Bahkan kamera HP sekalipun.  Anda bisa mengikuti berbagai langkah berikut ini:

  1. Anda bisa membuka browser seperti Opera atau Google Chrome
  2. Selanjutnya anda tinggal mengunjungi onlinebarcodereader.com
  3. Dari sana, anda bisa tekan Upload file kemudian memilih gambar kode QR anda.
  4. Lalu tekan tombol start dan tunggulah hingga proses tersebut selesai.
  5. Langkah terakhir, anda akan diarahkan ke hasil kode QR yang telah dipindai.

Disamping menggunakan galeri atau file penyimpanan gambar. Anda juga bisa mengambil QR Code agar bisa di scan dengan menggunakan link. Cara memindai kode QR seperti ini bisa anda lakukan dengan memasukkan link gambar barcode kemudian klik tombol start agar anda bisa memindainya.