Cara Menggunakan Camscanner untuk Scan Dokumen di Android

0
216
Cara Menggunakan Camscanner untuk Scan Dokumen di Android
Ilustrasi cara menggunakan camscanner Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menggunakan Camscanner memudahkan anda dalam scan dokumen yang berada di Android. Adanya perkembangan ponsel pintar yang semakin canggih sekarang ini, membuat berbagai macam aktivitas dapat anda kerjakan hanya melalui Android saja.

Biasanya scan dokumen anda lakukan di PC, tapi saat ini aktivitas tersebut dapat anda lakukan cukup dengan Android. Hanya dengan memanfaatkan fitur pada kamera yang terdapat pada setiap Android untuk sekarang ini.

Bukan hanya praktis saja yang akan anda dapatkan, melainkan cara ini bisa anda akses oleh semua perangkat lunak pintar tanpa terkecuali.

Intip Cara Menggunakan Camscanner pada Android untuk Scan Dokumen

Cara scan dokumen pada Android ini memakai fitur yang berada pada kamera ponsel. Pastinya apabila hanya memfoto dokumen saja, hal tersebut bukan scan namanya.

Untuk proses scan, anda membutuhkan aplikasi yang khusus scan dokumen pada Android. Salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan untuk scan dokumen pada Android, yakni anda bisa menggunakan Camscanner.

Camscanner merupakan sebuah aplikasi scan pada Android secara gratis yang mempunyai beberapa kelebihan serta fitur. Antara lain fiturnya yaitu anda dapat scan dokumen menjadi ke format PDF, mengkonversi Word ke dalam bentuk PDF.

Terlebih anda juga dapat melakukan cara membuat PDF pada fitur Camscanner ini. Kemudian simak berikut ini cara menggunakan Camscanner sebagai scan dokumen pada Android anda.

Tips Scan Dokumen dengan Menggunakan Camscanner

Cara menggunakan Camscanner sebagai scan dokumen yang ada pada Android, pastikan anda telah menginstal aplikasi Camscanner. Apabila belum, anda dapat mengunduh dan memasang terlebih dahulu yang telah tersedia di Playstore.

Setelah aplikasi tersebut terpasang, anda bisa membukanya. Bila anda membuka aplikasi Camscanner saat pertama kali, nantinya akan muncul permohonan izin supaya bisa mengakses foto, media, serta file yang ada pada perangkat anda. Lalu tap Izinkan.

Anda akan menjumpai pada tampilan Selamat Datang pada Camscanner. Nah, untuk tahap ini, anda dapat membuat ataupun masuk ke dalam akun aplikasi Camscanner.

Apabila tidak, pilih Gunakan Sekarang agar secara langsung meluncur ke halaman utama Camscanner tanpa anda login terlebih dahulu.

Jika anda sudah memulai proses scan, anda bisa tap Mulai Pemindaian pada ikon yang memiliki gambar kamera pada sebelah kanan bawah layar ponsel anda.

Lalu izinkan aplikasi tersebut untuk mengambil gambar dan juga merekam video. Setelah itu, anda bisa menyiapkan dokumen yang akan anda scan serta pilih tipe dokumen yang ada pada Camscanner.

Tipe Dokumen pada Camscanner

Camscanner sendiri telah menyediakan lima tipe dokumen yang dapat anda scan, yakni kartu ucapan, PPT, kartu ID, dokumen, serta QR code. Apabila anda rasa telah sempurna, anda dapat tap ikon bergambar kamera.

Supaya hasilnya lebih sempurna, anda bisa mengatur canvas dengan menggeser bulatan-bulatan kecil yang ada pada bingkai. Bila sudah, anda tinggal klik centang.

Jika dokumen yang akan anda scan lebih dari satu, anda dapat mengulang kembali langkah-langkah cara menggunakan Camscanner.

Pada tahapan ini, anda telah mengetahui cara menggunakan Camscanner dalam bentuk PDF. Nantinya hasil Camscanner ini yaitu berupa file yang formatnya PDF. Bahkan bisa anda temukan pada folder Camscanner di penyimpanan internal.

Akan tetapi, bisa menjadi masalah saat anda membuka file PDF hasil dari scan tadi. Anda akan menemukan sebuah watermark yang tertulis scanned by Camscanner.

Pastinya hal tersebut bisa membuat dokumen anda terlihat kurang enak dipandang. Untuk anda bisa menghilangkan watermark, anda tinggal mengupgrade menjadi aplikasi Camscanner berbasis premium.

Cara Menghilangkan Watermark pada Aplikasi Camscanner

Supaya bisa menghilangkan watermark tersebut, anda dapat menggunakan aplikasi yang kemungkinan sudah tidak tabu lagi pada telinga anda. Aplikasi tersebut yakni Microsoft Word.

Caranya cukup mudah, apabila telah berhasil anda pasang, buka aplikasi Microsoft. File yang sudah anda scan tadi bisa dibuka. Caranya dengan cara tab ikon Buka yang terdapat pada sebelah kanan Word.

Apabila anda telah mempraktekkan cara menggunakan Camscanner, jangan lupa outputnya. Cara ini mudah sehingga tak akan menyita waktu anda.